Aplikasi Kamera Smartphone Android Tidak Bisa Dibuka? Ini Cara Mengatasinya

0
3
views

Kamera sudah jadi bagian penting pada smartphone Android. Mayoritas orang sudah cukup sering menggunakan kamera smartphone Android untuk mengabadikan foto maupun video sebagai bahan unggahan di akun media sosial.

Karena sering digunakan, maka tidak heran jika kamera smartphone Android itu juga cukup rawan mengalami masalah. Salah satu masalah yang cukup sering terjadi pada kamera smartphone Android adalah kamera tidak bisa dibuka atau crash saat membuka aplikasi kamera.

Jika hal tersebut terjadi, jangan panik terlebih dahulu. Pasalnya masalah tersebut sebenarnya masih bisa diatasi dengan cukup mudah.

Lalu bagaimana caranya mengatasi masalah kamera smartphone yang tidak bisa dibuka atau selalu crash setiap kali dibuka? Untuk mengetahui cara mengatasi masalah tersebut, anda bisa baca penjelasan selengkapnya di artikel ini.

Faktor yang Sering Jadi Penyebab Kamera Smartphone Android Tidak Bisa Dibuka

Sebelum membahas mengenai bagaimana caranya mengatasi masalah kamera smartphone Android yang tidak bisa dibuka atau crash setiap kali dibuka, anda perlu tau terlebih dahulu mengenai apa saja faktor yang sering jadi penyebab masalah tersebut.

solusi aplikasi kamera smartphone android tidak bisa dibuka » Aplikasi Kamera Smartphone Android Tidak Bisa Dibuka? Ini Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah beberapa hal yang paling sering jadi faktor penyebab kamera smartphone Android tidak bisa dibuka:

  • Memori internal smartphone Android sudah terlalu penuh

Ketika kamera smartphone Android selalu gagal dibuka atau crash saat dibuka, maka hal pertama yang bisa jadi faktor penyebabnya adalah memori internal smartphone Android tersebut terlalu penuh.

Ketika kapasitas penyimpanan memori internal smartphone Android sudah terlalu penuh, secara otomatis sistem Android memang akan menutup aplikasi kamera sesaat setelah dibuka.

Dan biasanya, pengguna akan melihat adanya peringatan yang menunjukkan bahwa aplikasi kamera atau kamera Android tidak bisa digunakan karena memori internal sudah terlalu penuh.

  • Crash antara aplikasi kamera dengan sistem operasi Android

Jika kapasitas memori internal smartphone Android belum penuh namun kamera tidak bisa dibuka, maka hal tersebut bisa juga disebabkan karena faktor aplikasi kamera mengalami crash.

Hal ini cukup sering dialami oleh pengguna smartphone Android yang menggunakan beberapa macam jenis aplikasi kamera baik yang merupakan bawaan smartphone ataupun aplikasi dari pihak ketiga.

Langkah-Langkah Mengatasi Masalah Kamera Smartphone Android yang Tidak Bisa Dibuka

Jika kamera smartphone Android yang anda miliki tiba-tiba tidak bisa digunakan atau tidak bisa dibuka, maka anda bisa coba atasi hal tersebut dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Restart smartphone Android yang anda miliki

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah kamera smartphone Android yang tidak bisa dibuka adalah dengan restart smartphone Android anda terlebih dahulu.

Melakukan restart smartphone Android terkadang sudah bisa memperbaiki masalah crash pada aplikasi kamera yang digunakan di smartphone Android anda.

  1. Hapus cache yang tersimpan di aplikasi kamera smartphone Android

Jika melakukan restart smartphone Android masih belum bisa mengatasi masalah kamera smartphone Android yang tidak bisa dibuka, maka langkah kedua yang bisa anda lakukan adalah menghapus cache.

Anda bisa menghapus cache yang tersimpan di dalam memori smartphone Android anda. Namun selain itu, pastikan juga untuk menghapus cache di aplikasi kamera smartphone Android anda.

Jika sudah dihapus, coba buka kembali aplikasi kamera yang terpasang di smartphone Android anda.

  1. Coba gunakan aplikasi kamera lain

Bila setelah menghapus cache aplikasi kamerapun anda belum bisa menggunakan kamera smartphone Android yang anda miliki, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mencoba menggunakan aplikasi kamera lain.

Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah yang mengalami kerusakan adalah aplikasi kamera yang anda gunakan atau memang hardware kamera yang terpasang di smartphone Android anda.

Jika yang mengalami kerusakan adalah hardware kamera smartphone Android anda, maka biasanya anda juga tetap tidak bisa menggunakan aplikasi kamera lain.

  1. Lakukan factory reset pada smartphone Android

Langkah terakhir yang bisa anda coba lakukan jika kamera smartphone Android tidak bisa dibuka atau crash setiap kali dibuka adalah melakukan factory reset.

Dengan melakukan factory reset pada sistem smartphone Android, maka kemungkinan besar aplikasi kamera yang mengalami crash setiap kali dibuka akan bisa berfungsi normal kembali.

Kenapa? Karena setelah melakukan factory reset, semua aplikasi yang terpasang di dalam smartphone Android akan kembali seperti waktu pertama kali digunakan.

Lalu bagaimana jika ternyata yang menyebabkan kamera smartphone Android tidak bisa dibuka adalah karena kerusakan hardware? Jika memang penyebabnya adalah kerusakan hardware, maka mau tidak mau anda harus membawa smartphone Android ke service center resmi untuk diperbaiki.