Awas! Ini Ternyata Penyebab Smartphone Bisa Meledak

0
44
views

Meskipun sudah banyak teknologi yang digunakan untuk meningkatkan keamanan penggunaan pada smartphone, namun faktanya masih ada beberapa kasus smartphone yang meledak.

Dan yang menarik, smartphone yang meledak ketika digunakan oleh konsumen itu bukan hanya dari merek Samsung saja. Hampir semua merek smartphone yang dijual secara umum sudah pernah mengalami kasus yang sama.

Melihat fakta tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa bukan masalah mereknya ataupun serinya saja yang membuat sebuah smartphone lebih rentan meledak.

Ternyata memang ada banyak hal yang bisa jadi penyebab kenapa smartphone yang anda miliki dan gunakan saat ini juga bisa meledak.

Sayangnya, tidak banyak yang tau masalah tersebut sehingga kejadian smartphone yang meledak terus menerus terulang.

Lalu apa saja sebenarnya hal yang bisa jadi penyebab meledaknya smartphone ketika digunakan tersebut? Bagi anda yang mau tau mengenai hal tersebut, anda bisa pelajari selengkapnya di dalam artikel ini.

Penggunaan Baterai atau Charger Tidak Sesuai Standard Pada Smartphone

Selain memang adanya cacat produksi ataupun konsep seperti yang pernah terjadi pada salah satu merek smartphone besar, smartphone bisa meledak salah satunya karena pengguna menggunakan baterai ataupun charger yang tidak sesuai dengan standard.

Perlu anda ketahui, penggunaan baterai yang tidak sesuai standard atau bisa dikatakan baterai non original benar-benar meningkatkan risiko smartphone meledak.

waspadalah ini ternyata penyebab smartphone bisa meledak » Awas! Ini Ternyata Penyebab Smartphone Bisa Meledak

Pasalnya, baterai non original itu tidak dilengkapi dengan fitur keamanan seperti layaknya baterai original. Karena tidak dilengkapi dengan fitur keamanan sesuai dengan standard, maka baterai akan lebih mudah mengalami kerusakan dan menyebabkan ledakan.

Selain baterai, penggunaan charger non original juga menjadi pemicu smartphone meledak. Pasalnya, charger yang tidak standard biasanya mengeluarkan arus yang tidak stabil dan bisa saja melebihi batas toleransi yang bisa diterima baterai.

Ketika ada lonjakan arus yang terlalu tinggi, maka baterai di dalam smartphone akan mengalami kerusakan dan bahkan bisa meledak.

Memodifikasi Baterai Smartphone yang Sudah Tidak Layak Pakai

Selain karena charger ataupun baterai yang tidak sesuai standard, masalah smartphone meledak itu juga bisa terjadi karena baterai original smartphone sudah dimodifikasi.

Hal ini biasanya sering dilakukan oleh oknum nakal yang mau mencari keuntungan lebih besar. Baterai smartphone yang seharusnya sudah diganti bisa dimodifikasi dengan mengganti fuse atau sekring pemutus arusnya dengan yang baru.

Padahal, fuse atau sekring pemutus arus pada baterai original smartphone masa kini itu sebenarnya tidak disarankan untuk diganti. Pasalnya, sekring atau fuse tersebut dijadikan penanda bahwa baterai smartphone memang sudah dalam kondisi tidak layak pakai.

Ketika sekring atau fuse baterai diganti, maka potensi baterai tersebut untuk mengalami malfungsi dan akhirnya meledak akan makin besar.

Menggunakan Smartphone Sambil Melakukan Pengisian Daya Baterai

Hal lain yang juga bisa memicu meledaknya sebuah smartphone itu adalah karena smartphone digunakan sambil diisi daya baterainya.

Kebiasaan buruk tersebut bisa meningkatkan suhu baterai dan juga suhu smartphone. Ketika suhu baterai terus menerus meningkat, maka lama kelamaan baterai akan mengalami kerusakan dan bisa saja memicu ledakan.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tidak menggunakan smartphone sambil melakukan pengisian daya baterai. Dan hal ini sebenarnya juga berlaku untuk penggunaan power bank.

Meskipun melakukan pengisian baterai menggunakan power bank, sebenarnya smartphone tetap tidak disarankan untuk digunakan sambil diisi daya baterainya.

Menggunakan Smartphone Melebihi Batas Kemampuannya

Hal terakhir yang juga bisa meningkatkan risiko smartphone meledak adalah karena smartphone digunakan melebihi batas kemampuannya.

Kasus ini bisa dikatakan cukup sering terjadi, terutama setelah makin besarnya animo game mobile berkualitas AAA. Banyak sekali yang memaksakan smartphone untuk bermain game-game mobile berat tersebut.

Ketika smartphone sebenarnya tidak memiliki spesifikasi untuk menjalankan aplikasi yang berat namun dipaksa untuk menjalankan aplikasi tersebut, maka komponen smartphone akan mulai meningkat suhunya.

Dan ketika suhu komponen mulai meningkat, hal tersebut berpotensi menyebabkan kerusakan pada baterai. Jika baterai smartphone sudah mengalami kerusakan dan suhu smartphone terlalu tinggi, maka hal tersebut sangat berpotensi memicu ledakan.

Sekarang anda sudah paham bukan bahwa smartphone bisa meledak bukan hanya karena masalah cacat produksi saja bukan? Oleh sebab itu, hati-hatilah dalam menggunakan smartphone.

Sebisa mungkin gunakan dan perlakukan smartphone dengan benar. Dan yang pasti, jangan pernah gunakan baterai ataupun charger non original. Pasalnya, semua itu sudah dihitung keamanannya oleh pabrikan.