Begini Cara Gampang Downgrade Versi IOS di iPhone

0
3
views

IOS memang dapat dikatakan sebagai sistem operasi yang lebih baik dari Android. Namun meskipun dinilai sebagai sistem operasi yang lebih baik, banyak pengguna IPhone yang masih merasa kurang puas dengan IOS versi terbaru.

Ketika merasakan kurang puas dengan IOS versi terbaru, biasanya kebanyakan pengguna IPhone ingin mengembalikan IOS ke versi sebelumnya.

Namun masalahnya, banyak pengguna IPhone yang tidak mengetahui bagaimana caranya melakukan downgrade versi IOS.

Apakah anda saat ini juga sangat ingin melakukan downgrade versi IOS di IPhone yang anda miliki juga? Bagi anda yang ingin melakukan downgrade versi IOS namun belum tau bagaimana caranya, anda bisa ikuti langkah-langkah melakukan downgrade IOS di dalam artikel ini.

Alasan Pengguna IPhone Ingin Melakukan Downgrade Versi IOS

Sebelum membahas lebih detail mengenai langkah-langkah melakukan downgrade IOS di IPhone, anda perlu tau terlebih dahulu beberapa alasan kenapa banyak pengguna IPhone yang justru ingin kembali menggunakan versio IOS lama.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa pengguna IPhone sering ingin melakukan downgrade versi IOS:

  • Versi IOS terbaru masih belum stabil sehingga sering membuat IPhone anda menjadi terasa lebih lambat.
  • Masih ada banyak bug di versi IOS terbaru sehingga membuat IPhone sering crash ketika menjalankan aplikasi tertentu.
  • Terlalu banyak fitur baru yang memang dirasa tidak begitu dibutuhkan.
  • Sudah terlanjur nyaman dan terbiasa dengan tampilan dan juga fitur yang ada di IOS versi lama.

Langkah-Langkah Melakukan Downgrade Versi IOS di IPhone

Melakukan downgrade versi IOS di IPhone memang sekilas terlihat begitu rumit. Namun sebenarnya hal tersebut masih bisa dilakukan sendiri tanpa perlu meminta bantuan dari service center ataupun teknisi smartphone.

panduan cara downgrade versi ios iphone » Begini Cara Gampang Downgrade Versi IOS di iPhone

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan downgrade versi IOS di IPhone:

  1. Lakukan backup data terlebih dahulu

Sebelum melakukan downgrade versi IOS yang terpasang di IPhone, pertama-tama anda disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Untuk IPhone yang sudah menggunakan IOS versi 11 keatas, anda disarankan untuk menggunakan fitur backup iCloud ataupun iTunes. Pasalnya, proses backup dengan menggunakan fitur tersebut akan jauh lebih cepat dan juga lebih maksimal.

Namun jika IPhone yang anda miliki menggunakan IOS versi 11 kebawah, maka mau tidak mau anda harus melakukan backup data secara manual.

  1. Pasang aplikasi iTunes versi paling baru di komputer ataupun laptop

Setelah melakukan backup data di dalam IPhone, selanjutnya pasang aplikasi iTunes versi terbaru di komputer ataupun laptop.

Pastikan untuk memasang aplikasi iTunes versi terbaru di komputer ataupun laptop yang mau anda gunakan untuk proses downgrade versi IOS. Hal tersebut disebabkan karena terkadang IPhone tidak mau terdeteksi ketika anda menghubungkannya dengan iTunes versi lama.

  1. Unduh file IPSW IOS versi yang anda ingin gunakan

Setelah memastikan aplikasi iTunes yang terpasang di laptop ataupun komputer anda adalah versi terbaru, selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mengunduh file IPSW IOS versi yang ingin anda gunakan.

File IPSW IOS tersebut bisa anda unduh langsung melalui website resmi IPSW (IPSW.me). Pastikan juga file IPSW IOS yang anda unduh sudah sesuai dengan tipe IPhone yang mau anda downgrade versi IOSnya.

  1. Masuk kedalam mode recovery IPhone

Jika semua sudah anda lakukan, maka anda bisa mulai memasukkan IPhone kedalam mode recovery.

Cara untuk memasukkan IPhone kedalam mode recovery berbeda-beda sesuai dengan tipe IPhone yang anda miliki.

Untuk IPhone 6 kebawah, cara untuk masuk kedalam mode recovery adalah dengan mematikan IPhone, kemudian tekan tombol power bersamaan dengan tombol home.

Tahan tombol home hingga layar IPhone menyala dan menunjukkan logo kabel lighting dengan logo iTunes.

Sedangkan cara untuk masuk kedalam mode recovery di IPhone 7 keatas adalah dengan menekan tombol power dan volume bawah hingga layar menampilkan gambar kabel lighting dengan logo iTunes.

  1. Hubungkan IPhone dengan aplikasi iTunes di komputer ataupun laptop

Setelah IPhone berhasil masuk kedalam mode recovery, hubungkan IPhone dengan laptop ataupun komputer yang sudah terpasang aplikasi iTunes.

Jika aplikasi iTunes sudah mendeteksi IPhone yang anda miliki, selanjutnya tekan tombol restore sambil menahan tombol shift untuk pengguna OS Windows dan tombol option untuk pengguna OS Mac.

Setelah itu, pilih file IPSW IOS yang sudah anda unduh sebelumnya. Proses downgrade versi IOS IPhone akan berlangsung setelah itu dan prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama (kurang lebih 1 jam).

Jika proses downgrade versi IOS di IPhone anda sudah berhasil, maka IPhone yang anda miliki akan kembali seperti pertama kali lagi. Jika anda mengaktifkan ID Apple, maka anda juga harus memasukkan kembali ID Apple anda setelah melakukan downgrade versi IOS. Bagaimana? cukup mudah bukan cara downgrade versi IOS yang digunakan IPhone itu?