Begini Cara Membedakan Smartphone Original Dengan Supercopy

0
51
views

Makin banyaknya vendor yang meluncurkan smartphone baru itu tidak hanya disambut gembira oleh konsumen. Hal tersebut juga disambut gembira oleh banyak produsen smartphone abal-abal.

Jika diperhatikan, smartphone abal-abal atau yang lebih dikenal dengan istilah supercopy itu makin lama juga makin banyak beredar di pasaran.

Kalau berbicara masalah smartphone supercopy ini, memang biasanya marketnya memang berbeda dengan smartphone yang original. Namun sayangnya, mulai banyak penjual nakal yang menjual smartphone supercopy ini sebagai smartphone original dari brand-brand besar.

Hal tersebut jelas akan sangat merugikan bagi konsumen yang benar-benar tidak mengetahui jika smartphone yang dibelinya ternyata bukan smartphone original.

Lalu bagaimana caranya membedakan antara smartphone original dengan smartphone yang supercopy? Bagi anda yang ingin tau seperti apa bedanya smartphone original dengan supercopy, anda bisa pelajari hal tersebut di dalam artikel ini.

Ini 4 Hal yang Bisa Dengan Mudah Digunakan Untuk Membedakan Antara Smartphone Original Dengan Smartphone Supercopy

Meskipun memang fisiknya sangat mirip, sebenarnya ada banyak hal yang bisa digunakan untuk membedakan mana smartphone original dan mana smartphone yang supercopy.

tips membedakan smartphone original dengan supercopy » Begini Cara Membedakan Smartphone Original Dengan Supercopy

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa digunakan untuk membedakan mana smartphone supercopy dan mana yang original:

  1. Dari spesifikasi smartphonenya

Hal pertama yang sudah pasti bisa digunakan untuk membedakan antara smartphone original dan smartphone supercopy adalah spesifikasinya.

Cek spesifikasi yang ada di dalam smartphone tersebut dengan spesifikasi yang dikeluarkan oleh vendor smartphonenya.

Jika spesifikasinya berbeda, sudah bisa dipastikan bahwa smartphone tersebut termasuk smartphone supercopy.

Lalu bagaimana cara melakukan pengecekan pada spesifikasi smartphonenya? Untuk mengetahui detail spesifikasinya bisa menggunakan berbagai macam aplikasi seperti CPUZ, AIDA64, Smart System Info, dan masih banyak lagi.

Dan disarankan untuk melakukan pengecekan spesifikasi smartphone menggunakan lebih dari 2 aplikasi. Pasalnya, ada beberapa produsen smartphone supercopy yang sudah bisa mengelabui sistem deteksi aplikasi cek spesifikasi smartphone tersebut. Oleh sebab itu, dibutuhkan lebih dari 2 aplikasi untuk membandingkan hasilnya.

  1. Dari fitur unggulan smartphone

Selain bisa dilakukan pengecekan langsung pada spesifikasinya, membedakan smartphone supercopy dengan yang smartphone original itu juga bisa dilakukan dengan menguji fitur unggulannya.

Misalkan saja fitur unggulan smartphone original yang mau anda beli terletak pada kameranya, maka ujilah apakah fitur tersebut memang benar-benar seperti yang diberitakan.

Hal ini juga tidak mungkin bisa ditiru oleh produsen smartphone supercopy. Kenapa? Karena yang membuat sebuah smartphone original itu laku dijual di pasaran adalah karena fitur-fitur unggulannya.

Dan lagi, fitur-fitur unggulan smartphone original itu tidak mungkin bisa dimiliki smartphone supercopy yang biasanya hanya menggunakan komponen asal-asalan.

  1. Dari performa smartphonenya

Jika berbicara soal smartphone, seri yang paling banyak supercopynya adalah smartphone kelas mid range hingga flagship. Hampir tidak ada smartphone supercopy yang entry level.

Hal tersebut bisa juga dijadikan cara untuk membedakan mana smartphone supercopy dan mana smartphone yang original.

Smartphone yang benar-benar original biasanya memiliki performa yang luar biasa. Kenapa? Karena spesifikasinya memang benar-benar bagus.

Sedangkan smartphone supercopy itu biasanya hanya memiliki model seperti smartphone original namun tidak memiliki performa yang serupa.

  1. Dari kualitas materialnya

Bukan hanya dari performanya saja, smartphone supercopy sebenarnya juga bisa dibedakan dari smartphone original dengan mudah hanya melihat kualitas materialnya saja.

Smartphone original itu dipastikan terbuat dari material yang terbaik. Sedangkan smartphone supercopy biasanya dibuat dengan material yang punya tampilan mirip smartphone original saja tanpa memikirkan kualitasnya.

Jadi jika smartphone yang mau anda beli terasa kasar atau terasa begitu ringkih ketika digenggam di tangan, coba cek hal-hal lainnya. Bisa jadi smartphone tersebut bukan smartphone original.

Yang terakhir, smartphone supercopy itu biasanya dijual dengan harga yang sangat menggiurkan. Pasalnya, smartphone supercopy itu memang sebenarnya murah sekali. Karena smartphone supercopy itu hanya punya tampilan eksterior yang serupa smartphone flagship saja namun komponen di dalamnya benar-benar komponen ala kadarnya.

Bagaimana? Mudah sekali bukan untuk membedakan mana smartphone yang original dan mana smartphone yang supercopy itu?