Begini Caranya Keluar dari Safe Mode di Smartphone Android

0
5
views

Safe mode memang adalah fitur yang paling membantu dalam membedakan antara kerusakan sistem dan hardware pada smartphone Android.

Namun sayangnya, banyak orang yang bingung bagaimana caranya keluar dari safe mode setelah mengetahui apa penyebab kerusakan smartphone Androidnya.

Lalu sebenarnya bagaimana caranya keluar dari safe mode di smartphone Android itu? Apakah cara keluar dari safe mode smartphone Android itu lebih sulit dari cara masuk kedalam mode tersebut?

Bagi anda yang mau tau soal cara keluar dari safe mode di smartphone Android, anda bisa pelajari macam-macam caranya di dalam artikel ini.

5 Macam Cara Keluar dari Safe Mode Smartphone Android

Masuk kedalam safe mode di smartphone Android memang terbilang cukup mudah. Namun sayangnya, terkadang untuk keluar dari safe mode tersebut jauh lebih membingungkan.

cara keluar dari safe mode smartphone android » Begini Caranya Keluar dari Safe Mode di Smartphone Android

Ternyata, ada beberapa macam cara yang bisa anda gunakan untuk keluar dari safe mode smartphone Android. Berikut ini adalah beberapa caranya:

  1. Dengan restart smartphone Android

Cara pertama yang paling mudah untuk keluar dari safe mode smartphone Android adalah dengan restart smartphone anda.

Di beberapa merek smartphone Android, melakukan restart secara otomatis akan mengeluarkan smartphone Android dari safe mode.

  1. Dengan mematikan safe mode dari panel notifikasi

Jika setelah melakukan restart, smartphone Android tetap masih berada di safe mode, anda bisa coba cek panel notifikasi di smartphone Android anda.

Kenapa? Karena terkadang ada beberapa smartphone Android yang bisa keluar dari safe mode hanya dengan memilih menu di panel notifikasi.

Scroll kebawah panel notifikasi di bagian atas smartphone Android anda. Cari apakah ada notifikasi soal safe mode.

Jika memang ada notifikasi soal safe mode, masuk kedalam menu tersebut dan matikan safe mode. Setelah memilih mematikan safe mode, biasanya smartphone Android akan restart dengan sendirinya.

  1. Dengan menggunakan kombinasi tombol hardware

Jika di smartphone Android anda tidak ditemukan notifikasi apapun soal safe mode, maka anda bisa mencoba keluar dari safe mode dengan menggunakan kombinasi tombol hardware.

Yang dimaksud dengan kombinasi tombol hardware ini adalah tombol power dan juga tombol volume.

Coba matikan terlebih dahulu smartphone Android anda. Setelah itu, hidupkan kembali smartphone Android dengan menggunakan kombinasi tombol power dengan volume bawah ataupun volume atas.

Jika smartphone Android sudah menyala dan menampilkan logo, lepaskan tombol power.

  1. Bersihkan cache di dalam smartphone Android

jika 3 cara sebelumnya sudah anda coba namun smartphone Android tetap masih berada di safe mode, maka anda bisa mencoba menghapus cache yang tersimpan di dalam smartphone Android.

Kenapa? Karena terkadang terdapat cache aplikasi yang memaksa sistem Android untuk masuk kedalam safe mode terus menerus.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk menghapus cache yang tersimpan di dalam smartphone Android jika sudah mencoba 3 cara sebelumnya namun smartphone Android masih masuk kedalam safe mode.

Setelah berhasil menghapus cache yang tersimpan di dalam smartphone Android, coba kembali satu per satu cara keluar dari safe mode smartphone Android sebelumnya.

  1. Lakukan factory reset

Lalu bagaimana jika setelah menghapus cache, smartphone Android anda juga masih belum bisa keluar dari safe mode?

Jika setelah menghapus cache juga belum bisa membuat smartphone Android anda keluar dari safe mode, maka solusi terakhir adalah dengan melakukan factory reset.

Sebelum melakukan factory reset, pastikan untuk melakukan backup data terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan factory reset.

Cara termudah untuk melakukan factory reset pada smartphone Android adalah dengan masuk kedalam menu pengaturan.

Note:

Dengan melakukan factory reset ini, smartphone Android dipastikan akan keluar dari safe mode. Namun aplikasi serta semua data yang tersimpan di dalam smartphone Android akan hilang.

Jadi bagaimana? Dari 5 macam cara keluar dari safe mode di smartphone Android yang sudah dijabarkan di dalam artikel ini, cara nomor berapa yang berhasil membantu mengeluarkan smartphone Android anda dari safe mode?