Begini Caranya Mengganti Region Playstore di Smartphone Android

0
5
views

Karena semakin banyaknya developer dan juga jenis aplikasi, Playstore memang mulai membagi aplikasi yang tersimpan di dalamnya dalam beberapa kategori.

Selain kategori jenis aplikasinya, Playstore juga mulai membagi aplikasi dalam region tertentu. Karena adanya pembagian region tersebut, maka akan ada cukup banyak aplikasi yang tidak bisa diunduh oleh mereka yang berada di luar region.

Namun untungnya, ada cara untuk bisa mengganti region Playstore di smartphone Android yang anda miliki. Dan yang lebih serunya lagi, cara untuk mengganti region Playstore di smartphone Android anda tersebut cukup mudah.

Mau tau seperti apa cara mengganti region Playstore di smartphone Android tersebut? Bagi anda yang mau tau caranya, anda bisa baca langkah-langkahnya di dalam artikel ini.

Apa Fungsi Mengganti Region Playstore di Smartphone Android Anda?

Sebelum membahas langkah-langkah untuk mengganti region Playstore yang terpasang di smartphone Android yang anda miliki, pertama-tama anda harus tau terlebih dahulu mengenai apa fungsinya mengganti region Playstore di smartphone Android tersebut.

cara mengganti region playstore smartphone android » Begini Caranya Mengganti Region Playstore di Smartphone Android

Berikut ini adalah beberapa fungsi mengganti region Playstore yang terpasang di smartphone Android anda:

  • Bisa menjalankan aplikasi yang diluar region anda

Fungsi pertama mengganti region Playstore yang terpasang di smartphone Android adalah anda bisa menjalankan aplikasi yang sebelumnya tidak bisa anda unduh karena berada di luar region tempat tinggal anda.

Aplikasi yang paling sering dibatasi dengan region ini adalah aplikasi game yang baru launching di satu negara saja.

Jika anda bisa mengganti region Playstore di smartphone Android yang anda miliki, maka anda bisa mencoba memainkan game-game yang sebelumnya tidak bisa anda mainkan karena alasan region.

  • Bisa menemukan aplikasi yang sebelumnya tidak pernah ada

Selain bisa mengunduh aplikasi yang sebelumnya tidak bisa diunduh karena dibatasi region, mengganti region Playstore yang terpasang di smartphone Android juga membuat anda bisa menemukan lebih banyak pilihan aplikasi lagi.

Kenapa? Karena biasanya memang ada cukup banyak jenis aplikasi yang tidak diperlihatkan di region-region tertentu.

Dengan mengganti region Playstore di smartphone Android anda ke region negara besar, sudah dapat dipastikan anda akan mendapatkan lebih banyak pilihan aplikasi untuk di pasang di smartphone anda.

2 Cara Mudah Mengganti Region Playstore di Smartphone Android

Lalu bagaimana caranya mengganti region Playstore yang terpasang di smartphone Android? Ada 2 cara yang bisa anda gunakan untuk mengganti region aplikasi Playstore yang terpasang di dalam smartphone Android anda.

Berikut ini adalah 2 cara untuk mengganti region Playstore tersebut:

  1. Menggantinya langsung dari pengaturan Playstore

Cara yang pertama untuk mengubah region akun Playstore yang anda miliki di smartphone Android adalah langsung dari pengaturan aplikasi Playstore.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Playstore.
  • Akses menu opsi dengan icon 3 garis horizontal.
  • Cari dan masuk kedalam menu akun.
  • Pilih negara dan profil.
  • Setelah itu, pilih region negara mana yang mau anda gunakan.

Secara garis besarnya, cara pertama ini memang cara yang paling aman dan juga resmi. Namun cara pertama ini punya satu kelemahan yaitu anda hanya bisa mengganti region Playstore sebanyak 1 kali saja per tahun.

Jadi jika anda sudah mengganti region Playstore langsung dari pengaturan aplikasi Playstore, maka anda harus menunggu 1 tahun lagi untuk menggantinya ke region yang lain.

  1. Mengganti region Playstore menggunakan bantuan VPN

Jika anda mau bisa sering-sering mengganti region Playstore di smartphone Android anda, maka cara pertama jelas bukan untuk anda.

Selain menggantinya langsung dari pengaturan aplikasi Playstore, anda bisa juga mengganti region Playstore dengan bantuan aplikasi VPN atau Virtual Private Network.

Jika anda mengganti region Playstore dengan bantuan VPN, anda bisa mengubah pengaturannya kembali kapanpun anda mau.

Berikut ini adalah langkah-langkah mengganti region Playstore dengan bantuan aplikasi VPN:

  • Buka dan aktifkan aplikasi VPN yang sudah anda pasangan di smartphone Android.
  • Pilih negara VPN sesuai dengan region yang mau anda gunakan di Playstore.
  • Buka pengaturan smartphone Android.
  • Masuk kedalam pengaturan aplikasi.
  • Cari aplikasi Playstore.
  • Bersihkan semua cache yang tersimpan di dalam aplikasi Playstore.
  • Setelah itu, buka aplikasi Playstore yang terpasang di smartphone Android anda.

Jika anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, maka aplikasi Playstore yang ada di smartphone Android sudah berganti region sesuai dengan region VPN.

Namun untuk bisa terus menggunakan aplikasi yang berada di luar region anda, maka mau tidak mau anda harus terus menerus terhubung dengan VPN.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara untuk mengganti region di aplikasi Playstore smartphone Android anda?