Begini Sebab Update OS Android tidak Merata di Semua Merek dan Seri Smartphone

    0
    37
    views

    Jika diperhatikan, setiap tahun Android pasti meluncurkan sistem operasi seri terbaru. Setelah resmi diluncurkan, biasanya mulai ada beberapa smartphone yang mendapatkan update sistem.

    Namun selama proses update OS Android tersebut, ternyata tidak semua smartphone yang menggunakan sistem operasi Android mendapatkan update.

    Oleh sebab itu, terlihat dengan jelas bahwa update sistem operasi Android itu tampak tidak merata. Berbeda halnya dengan Apple. Ketika Apple resmi meluncurkan update sistem operasi IOS, semua perangkatnya langsung bisa melakukan update.

    Lalu sebenarnya apa yang menjadi penyebab update sistem operasi Android itu terlihat tidak merata dan bisa dikatakan banyak smartphone yang bahkan tidak mendapatkan update OS Android baru?

    Jika anda ingin tau apa sebabnya tidak semua smartphone dengan sistem operasi Android itu mendapatkan update sistem operasi Android terbaru, anda bisa baca penjelasannya di dalam artikel ini.

    Ini 4 Hal yang Membuat Tidak Semua Smartphone Dengan Sistem Operasi Android Mendapatkan Update OS Baru

    Seperti yang sudah dijelaskan, memang jika dibandingkan dengan IOS dari Apple, update sistem operasi Android itu memang terasa tidak merata.

    ini alasan kenapa update os android tidak merata di semua merek dan seri smartphone » Begini Sebab Update OS Android tidak Merata di Semua Merek dan Seri Smartphone

    Ada smartphone yang mendapatkan update dan ada yang tidak. Dan bukan hanya itu saja, proses mendapatkan update sistem operasi Android terbarupun tidak serentak seperti halnya pada IOS.

    Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa update sistem operasi Android terasa tidak rata dan tidak serentak:

    1. Android tidak memiliki merek smartphone secara langsung seperti halnya Apple

    Alasan pertama kenapa update sistem Android itu terlihat tidak rata dan juga tersendat-sendat tidak seperti Apple adalah karena Android bukan sekaligus berperan sebagai pemilik dari semua smartphone yang dijual di pasaran saat ini.

    Berbeda halnya dengan Apple yang menjadi pemilik resmi dari IOS dan juga IPhone. Karena memiliki baik sistem operasinya dan juga perangkatnya, sudah pasti Apple bisa mendistribusikan update IOS dengan lebih cepat dan juga merata.

    Jika mau dibandingkan, sebenarnya IOS dari Apple bisa dibandingkan head to head dengan Android di smartphone Google Pixel dan juga smartphone dengan merek Essential.

    Dua merek smartphone berbasis sistem operasi Android tersebut selalu mendapatkan update OS Android langsung setelah versi OS Android terbaru resmi diluncurkan ke pasaran.

    Hal tersebut karena Google Pixel dan Essential memang merupakan smartphone yang pemiliknya juga menjadi pemilik sistem operasi Android.

    1. Variasi merek komponen hardware yang digunakan di dalam smartphone Android itu ada banyak

    Alasan selanjutnya kenapa update sistem operasi Android itu tidak bisa langsung didapatkan di semua smartphone yang menggunakan sistem operasi Android adalah karena smartphone Android itu variasi merek komponennya ada banyak.

    Dari bagian chipset saja, smartphone Android itu bisa menggunakan chipset Mediatek, Qualcomm, Unisoc, dan masih banyak lagi.

    Karena variasi merek komponen hardware pada smartphone Android itu lebih banyak, maka mau tidak mau update sistem operasinya harus dipastikan terlebih dahulu cocok dengan setiap merek komponen tersebut sebelum disebarluaskan.

    1. Banyaknya vendor smartphone yang menggunakan UI khusus

    Karena banyaknya vendor smartphone yang menggunakan sistem operasi Android sebagai sistem operasi di dalam smartphone yang dijualnya, maka mayoritas vendor tersebut melakukan modifikasi pada UI OS Android.

    Hal tersebut dilakukan untuk membedakan antara merek smartphone satu vendor tertentu dengan yang lain.

    Namun sebagai konseksuensi dari penggunaan UI khusus tersebut, maka update OS Androidpun jadi tidak bisa langsung didapatkan oleh penggunanya.

    Pasalnya, mau tidak mau pengguna smartphone harus menunggu vendor untuk melakukan modifikasi UI terlebih dahulu pada OS Android versi terbaru. Setelah proses modifikasi UI selesai dilakukan, barulah vendor mendistribusikan pembaruan OS Android versi terbarunya.

    1. Vendor smartphone Android biasanya hanya memberikan dukungan update OS selama 3 tahun saja

    Alasan terakhir kenapa banyak smartphone Android itu tidak bisa mendapatkan update OS terbaru adalah karena vendor smartphone Android memang hanya memberikan dukungan update OS selama 3 tahun saja.

    Semua itu dilakukan vendor smartphone Android karena memang mereka sama sekali tidak mendapatkan keuntungan apapun dalam memberikan dukungan update OS Android versi terbaru.

    Oleh sebab itu, vendor smartphone ternama biasanya hanya memberikan dukungan tersebut hanya selama 3 tahun saja. Setelah itu, mau tidak mau anda harus puas menggunakan smartphone Android tanpa ada update OS ataupun sistem keamanan lagi.

    Jadi untuk masalah update OS, Android memang tidak mungkin bisa menang dari IOS. Pasalnya, Android adalah jenis sistem operasi open source atau bisa digunakan oleh siapa saja secara gratis.

    Karena sifatnya yang open source, maka akan ada banyak yang menggunakannya sehingga pemilik OS pun tidak bisa memberikan aturan apapun, termasuk aturan untuk distribusi update OS terbarunya.