Benarkah Smartphone Android Dengan UI Bawaan Itu Lebih Baik?

    0
    52
    views

    Dengan makin banyaknya vendor smartphone yang menggunakan Android sebagai basis sistem operasinya, maka makin banyak pula variasi UI (User Interface} atau sistem antarmuka yang digunakan.

    Sistem antarmuka atau UI memang hal pertama yang digunakan oleh vendor smartphone untuk memberikan perbedaan dan nilai tambah pada smartphone yang diluncurkannya ke pasaran.

    Pasalnya, hampir semua vendor smartphone sekarang menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Oleh sebab itu, dibutuhkan satu hal yang membedakan antara satu smartphone dengan smartphone yang lain.

    Namun setelah berjalan selama beberapa tahun, mulai ada beberapa vendor smartphone yang berani meluncurkan seri smartphone Android yang benar-benar menggunakan UI bawaan.

    Lalu apakah smartphone Android yang hanya menggunakan UI bawaan itu memang lebih baik dari smartphone lain yang menggunakan UI khusus?

    Bagi anda yang mau tau soal penggunaan UI bawaan pada smartphone Android tersebut, anda bisa pelajari penjelasannya lebih lanjut di dalam artikel ini.

    Apa yang Dimaksud Dengan Smartphone Android Dengan UI Bawaan?

    Sebelum membahas apakah benar bahwa smartphone Android dengan UI bawaan itu lebih baik, anda perlu tau terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan smartphone Android dengan UI bawaan.

    Yang dimaksud dengan smartphone Android yang menggunakan UI bawaan itu adalah smartphone yang di dalamnya sama sekali tidak dilengkapi dengan sistem antarmuka khusus dari vendornya.

    apakah benar smartphone android dengan ui bawaan adalah lebih baik » Benarkah Smartphone Android Dengan UI Bawaan Itu Lebih Baik?

    Jadi sistem antarmuka atau UI yang digunakan di dalam smartphone tersebut benar-benar sistem antarmuka bawaan sistem operasi Android sendiri.

    Kalau berbicara mengenai baik buruknya, sudah pasti smartphone Android dengan UI bawaan itu sebenarnya tidak hanya tergolong baik saja. Sebenarnya smartphone Android dengan UI bawaan itu juga tetap ada buruknya.

    Ini 4 Hal yang Membuat Smartphone Android Dengan UI Bawaan Jadi Lebih Baik

    Seperti yang sudah dijelaskan, memang benar smartphone Android dengan UI bawaan itu lebih baik dari yang menggunakan UI khusus dari vendornya.

    Berikut ini adalah 4 hal yang membuat smartphone Android dengan UI bawaan jadi lebih baik:

    1. Sistem operasi Android jauh lebih ringan

    Karena benar-benar tidak memiliki UI khusus, secara otomatis performa sistem operasi Android akan jauh lebih ringan.

    Hal tersebut sedikit banyak juga akan mempengaruhi performa smartphone sendiri. Dan lagi, smartphone Android dengan UI bawaan juga tidak begitu membutuhkan RAM besar dan juga CPU dengan spesifikasi tinggi lagi.

    1. Tidak memiliki aplikasi pre-loaded dari vendor

    Ketika sebuah smartphone Android sama sekali tidak menggunakan UI khusus dari vendor, maka secara otomatis hal tersebut juga berarti smartphone Android tersebut benar-benar tidak memiliki aplikasi pre-loaded.

    Yang dimaksud dengan aplikasi pre-loaded ini adalah aplikasi selain milik Google yang sejak awal smartphone dihidupkan sudah terpasang.

    Biasanya, vendor memang bekerjasama dengan beberapa developer aplikasi untuk memasukkan aplikasi tertentu sebagai aplikasi pre-loaded di sebuah smartphone.

    Namun hal tersebut tidak akan anda temukan jika smartphone Android yang anda miliki sama sekali tidak menggunakan sistem UI khusus dari vendornya.

    1. Kemungkinan besar bisa terus mendapatkan pembaruan sistem

    Smartphone Android yang menggunakan UI bawaan juga jadi lebih baik karena smartphone tersebut kemungkinan bisa mendapatkan pembaruan sistem terus menerus.

    Kenapa? Karena sistem smartphone Android tanpa UI biasanya langsung terhubung dengan Google bukan dengan vendor. Jadi setiap kali Google meluncurkan pembaruan pada sistemnya, smartphone Android yang tidak menggunakan UI khusus dari vendor akan selalu bisa mendapatkan pembaruan tersebut.

    Berbeda halnya dengan smartphone Android dengan UI khusus dari vendor. Smartphone tersebut biasanya hanya akan mendapatkan pembaruan maksimal selama 3 tahun saja dari vendor.

    1. Sistem Android jauh lebih aman tanpa UI khusus

    Karena bisa mendapatkan pembaruan sistem lebih cepat, smartphone Android yang tidak menggunakan UI khusus dari vendor sudah dipastikan akan jauh lebih aman.

    Kenapa? Karena virus maupun malware akan lebih sulit menembus sistem Android di dalam smartphone karena lebih sering diperbarui.

    Namun sekali lagi, meskipun memang smartphone Android dengan UI bawaan itu memang lebih baik, tetap ada sedikit kekurangannya.

    Salah satu kekurangannya adalah tampilan sistem di dalam smartphonenya akan terasa begitu hambar. Dan lagi, tidak ada fitur-fitur khusus di dalam sistemnya karena tidak ada yang dirubah oleh vendor.

    Kalau anda sendiri, apakah anda lebih memilih smartphone Android dengan UI bawaan atau dengan UI khusus dari vendornya?