Beragam Hal yang Mempengaruhi Daya Tahan Baterai Smartphone Anda

0
37
views

Banyak orang beranggapan bahwa membeli smartphone yang punya baterai dengan kapasitas besar itu bisa memberikan usage time yang lebih lama.

Padahal, daya tahan baterai smartphone itu tidak hanya ditentukan dari besarnya kapasitas baterai itu sendiri.

Ada banyak sekali hal yang sangat mempengaruhi seberapa lama sebuah baterai bisa memberikan suplai daya ke sebuah smartphone.

Lalu apa saja sebenarnya hal-hal yang juga bisa mempengaruhi seberapa lama sebuah smartphone bisa digunakan dengan melakukan satu kali pengisian daya baterai saja?

Bagi anda yang mau tau mengenai hal tersebut, anda bisa pelajari apa saja hal-hal yang mempengaruhi daya tahan baterai smartphone di dalam artikel ini.

Ini 3 Hal yang Mempengaruhi Seberapa Lama Sebuah Smartphone Bisa Digunakan Hanya Dengan Satu Kali Pengisian Daya Baterai

Seperti yang sudah disebutkan, memang kapasitas baterai itu mempengaruhi durasi penggunaan smartphone. Semakin besar kapasitasnya, maka seharusnya sebuah smartphone memang bisa digunakan lebih lama karena suplai dayanya lebih besar.

Namun sayangnya, durasi penggunaan smartphone dalam satu kali pengisian daya itu sebenarnya bukan hanya dilihat dari besarnya kapasitas baterai.

faktor yang mempengaruhi daya tahan baterai smartphone » Beragam Hal yang Mempengaruhi Daya Tahan Baterai Smartphone Anda

Selain kapasitas baterai yang digendong, seberapa lama sebuah smartphone bisa digunakan hanya dengan satu kali pengisian daya itu juga ditentukan dari beberapa hal berikut ini:

  1. Konfigurasi chipset yang digunakan sebuah smartphone

Hal pertama yang sudah pasti akan jadi penentu seberapa lama sebuah smartphone bisa digunakan hanya dalam satu kali pengisian daya adalah dari konfigurasi chipset yang ada di dalamnya.

Jika diperhatikan, terdapat 2 macam jenis konfigurasi chipset yang digunakan pada smartphone. Konfigurasi yang pertama adalah dengan menggunakan 2 CPU quad core. Sedangan yang kedua adalah dengan menggunakan 1 jenis CPU quad core dan 2 jenis CPU dual core.

Jika dilihat dari 2 jenis konfigurasi chipset smartphone tersebut, yang dikatakan paling efektif dalam memperpanjang durasi pakai smartphone adalah yang menggunakan konfigurasi 1 jenis CPU quad core dan 2 jenis CPU dual core.

Kenapa? Karena dengan memiliki 3 jenis CPU di dalam satu chipset,maka smartphone tidak perlu mengaktifkan semua core. Core CPU yang diaktikan hanya yang benar-benar dibutuhkan saja.

Dengan begitu, konsumsi daya baterai smartphone jelas akan lebih irit dan membuat smartphone bisa digunakan lebih lama hanya dalam satu kali pengisian daya.

  1. Aplikasi apa saja yang sering digunakan

Selain masalah jenis chipset yang dibenamkan di dalamnya, lamanya durasi pakai sebuah smartphone hanya dalam satu kali pengisian daya baterai itu juga ditentukan dari aplikasi apa saja yang sering digunakan.

Masing-masing aplikasi yang dijalankan di dalam sebuah smartphone itu membutuhkan kinerja komponen yang berbeda-beda. Makin banyak komponen dan juga fitur yang bekerja, maka aplikasi tersebut akan menyedot lebih banyak daya baterai.

Oleh sebab itu, smartphone yang sering digunakan untuk bermain game itu punya waktu penggunaan yang lebih singkat meskipun kapasitas baterainya sudah sangat besar.

Pasalnya, saat smartphone digunakan untuk bermain game, hampir semua komponen smartphone berjalan secara maksimal dan mengkonsumsi daya baterai secara maksimal juga.

  1. Dari kualitas jaringan yang anda gunakan

Banyak yang mengatakan bahwa menggunakan jaringan Wifi itu lebih boros baterai di smartphone. Namun faktanya, penggunaan jaringan GSM yang buruk kualitasnya itu justru yang paling menguras daya baterai.

Ketika jaringan GSM yang anda gunakan sangat buruk, maka secara otomatis smartphone akan dipaksa bekerja keras untuk mencari dan menangkap sinyal dari provider yang anda gunakan.

Ketika melakukan pencarian sinyal tersebut, komponen smartphone akan bekerja secara maksimal dan tentu saja menguras lebih banyak daya baterai.

Berbeda halnya dengan WiFi, ketika smartphone menggunakan jaringan WiFi, komponen smartphone tidak perlu bekerja keras untuk terus menerus mencari sinyal provider yang lemah.

Jadi meskipun smartphone yang anda miliki punya kapasitas baterai yang sangat besar, hal tersebut belum jaminan smartphone anda bisa digunakan seharian penuh tanpa melakukan pengisian daya.

Faktanya, banyak sekali smartphone dengan baterai berkapasitas besar yang justru harus melakukan pengisian daya berulang kali dalam satu hari. Pasalnya, daya tahan baterai smartphone itu memang banyak faktor yang bisa mempengaruhinya.