Berbagai Alasan Kenapa Jack Audio 3.5 mm Mulai Dihilangkan di Smartphone

    0
    57
    views

    Jika dilihat, memang mulai banyak hal yang dihilangkan di smartphone keluaran terbaru. Selain mulai ada beberapa smartphone yang menggunakan eSIM sehingga kedepannya mungkin slot SIM card akan dihilangkan, kemungkinan besar jack audio 3.5 mm juga akan dihilangkan di tahun 2020 nanti.

    Lalu sebenarnya kenapa akan banyak vendor smartphone yang akan melenyapkan jack audio 3.5 mm dari smartphone besutannya di tahun 2020 nanti?

    Bagi anda yang ingin tau apa yang jadi alasan mayoritas vendor smartphone akan menghilangkan jack audio 3.5 mm dari smartphone besutannya di tahun 2020 nanti, anda bisa pelajari alasannya di dalam artikel ini.

    Ini 5 Alasan Kuat Kenapa Banyak Vendor Smartphone Tidak Menggunakan Jack Audio 3.5 mm Lagi

    Memang benar, semakin lama memang makin banyak vendor smartphone yang menghilangkan jack audio 3.5 mm dari smartphone besutannya, terutama seri smartphone flagship.

    macam alasan kenapa jack audio 3 5 mm mulai dihilangkan di smartphone » Berbagai Alasan Kenapa Jack Audio 3.5 mm Mulai Dihilangkan di Smartphone

    Ternyata, hal tersebut dilakukan memang karena ada beberapa alasan yang cukup kuat. Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat vendor smartphone harus menghilangkan port jack audio 3.5 mm dari smartphone besutannya:

    1. Karena kualitas audio yang dihasilkan dari jack 3.5 mm sudah kalah jauh

    Port jack audio 3.5 mm bisa dikatakan adalah sebuah teknologi yang sudah cukup tua. Oleh sebab itu, tidak heran jika kualitas suara yang bisa dihasilkan menggunakan port tersebut juga tidak terlalu bagus lagi di masa kini.

    Sudah mulai banyak vendor smartphone yang membuktikan bahwa perangkat audio yang menggunakan jack audio 3.5 mm memiliki kualitas suara yang kurang jika dibandingkan yang menggunakan teknologi Bluetooth dan juga port USB tipe C.

    Oleh sebab itu, karena kualitasnya jauh lebih rendah, maka banyak vendor smartphone yang memilih menghilangkan port jack audio 3.5 mm dan menggunakan Bluetooth ataupun port USB tipe C sebagai konektor untuk perangkat audio tambahan.

    1. Makin banyak earphone dengan teknologi Bluetooth

    Bukan hanya karena kualitasnya yang sudah kalah jauh saja. jack audio 3.5 mm juga mulai dihilangkan dari smartphone flagship karena saat ini sudah ada banyak sekali earphone dengan teknologi Bluetooth.

    Dengan makin banyaknya earphone yang sudah menggunakan teknologi Bluetooth, sudah pasti jack audio 3.5 mm tidak akan pernah lagi digunakan.

    Daripada hanya buang-buang dana, maka vendor smartphonepun mulai memutuskan untuk tidak melengkapnya seri smartphone flagshipnya dengan jack audio 3.5 mm lagi.

    1. Supaya vendor bisa membuat smartphonenya jadi makin tipis

    Selain karena masalah kualitas suara yang sudah tidak begitu bagus, port jack audio 3.5 mm juga sebenarnya membuat vendor smartphone tidak bisa menciptakan smartphone yang dimensinya lebih tipis lagi.

    Oleh sebab itu, banyak vendor yang memilih membuang port jack audio 3.5 mm tersebut untuk bisa menipiskan lagi dimensi smartphone besutannya. Pasalnya, makin tipis sebuah smartphone, maka akan semakin menarik tampilannya.

    1. Punya ruangan yang lebih besar untuk menambahkan kapasitas baterai

    Port audio jack 3.5 mm sudah tidak menjadi prioritas di smartphone masa kini. Daripada memasang port audio jack 3.5 mm yang saat ini mulai jarang digunakan, banyak vendor yang lebih memilih menambahkan kapasitas baterainya.

    Oleh sebab itu, smartphone flagship yang sudah tidak memiliki port audio jack 3.5 mm bisa memiliki baterai yang kapasitasnya jauh lebih besar dari smartphone lainnya.

    Pasalnya, dengan hilangnya port jack audio 3.5 mm, maka akan ada lebih banyak ruang kosong di dalam bodi smartphone yang bisa diisi dengan baterai.

    1. Karena Apple sudah melakukannya terlebih dahulu

    Alasan selanjutnya kenapa mulai banyak vendor smartphone yang berani menghilangkan port jack audio 3.5 mm adalah karena Apple sudah terlebih dahulu melakukannya.

    Ketika Apple sudah melakukan sesuatu, biasanya memang akan banyak vendor smartphone lain yang mengikutinya. Hal ini disebabkan karena Apple memang jadi panutan atau trendsetter bagi mayoritas vendor smartphone.

    Hal ini juga sama halnya ketika Apple memilih menggunakan notch di IPhone X. saat itu, semua vendor langsung menggunakan desain notch yang serupa.

    Bagaimana menurut anda? Apakah anda setuju jika semua vendor smartphone nanti di tahun 2020 tidak lagi menggunakan port jack audio 3.5 mm di semua seri smartphone besutannya?