Black Shark 2 Pro Atau Asus ROG Phone 2, Mana yang Lebih Layak Dibeli?

0
59
views

Persaingan sengit antar vendor smartphone besar akhirnya justru berhasil menciptakan genre smartphone tambahan yaitu smartphone gaming.

Pasar smartphone gaming memang masih bisa dikatakan sebagai blue ocean karena pemainnya belum begitu banyak. Jika berbicara soal smartphone gaming, dapat dipastikan hanya ada 2 brand besar yang diingat yaitu Black Shark dan juga Asus.

2 brand smartphone gaming tersebut juga meluncurkan produk baru di tahun 2019 ini dan keduanya sudah resmi masuk ke pasar Indonesia.

Karena Black Shark 2 Pro dan juga Asus ROG Phone 2 sudah sama-sama resmi masuk ke pasar Indonesia, lalu manakah yang layak untuk dibeli buat anda yang suka bermain game mobile?

Bagi anda yang ingin tau mana yang lebih layak untuk dibeli, anda bisa baca komparasi Black Shark 2 Pro dengan Asus ROG Phone 2 tersebut di dalam artikel ini.

Perbandingan Spesifikasi dan Fitur Black Shark 2 Pro Dengan Asus ROG Phone 2

Jika dilihat dari spesifikasi intinya yaitu dari chipset, baik Black Shark 2 Pro dan Asus ROG Phone 2 ini sudah sama-sama menggunakan chipset Qualcomm seri tertinggi yang sudah dijual di pasaran saat ini yaitu Snapdragon 855 Plus.

perbandingan hp gaming blackshark 2 pro dengan asus rog phone 2 » Black Shark 2 Pro Atau Asus ROG Phone 2, Mana yang Lebih Layak Dibeli?

Jadi untuk urusan CPUnya, keduanya sama-sama sudah membawa CPU octa core dengan kecepatan 2.96 Ghz. Oleh sebab itu, keduanya sudah bisa diadu karena secara spesifikasi intinya sudah setara.

Karena bagian chipsetnya sudah setara, maka yang dijadikan acuan untuk perbandingannya adalah beberapa hal lain seperti:

  1. Teknologi pendingin yang digunakan di dalamnya

Sebaik apapun chipset yang digunakan di dalam sebuah smartphone itu tetap akan mengalami penurunan performa ketika suhu chipsetnya terlalu tinggi.

Oleh sebab itu, selain memperhatikan masalah seri chipset yang digunakan, smartphone gaming seperti Black Shark 2 Pro dan Asus ROG Phone 2 ini juga harus dibandingkan soal teknologi pendingin yang dibawanya.

Untuk urusan pendinginan, Blackshark 2 Pro masih menggunakan teknologi heat pipe yang juga digunakan di Blackshark pertama.

Sedangkan pada Asus ROG Phone 2 menggunakan teknologi 3D Vapor Chamber yang terdiri dari 4 lapis lempengan tembaga yang di dalamnya terdapat liquid cooling.

Jika dilihat dari teknologi pendinginnya, sudah dapat dipastikan bahwa Asus ROG Phone 2 adalah yang lebih mumpuni untuk menjaga kestabilan suhu chipsetnya.

Dan bukan hanya itu saja, Asus ROG Phone 2 juga menyediakan aksesoris pendingin eksternal tambahan jika pengguna benar-benar ingin memaksimalkan performanya.

  1. Ukuran dan teknologi layar

Setelah urusan pendingin, smartphone gaming juga membutuhkan layar yang khusus. Jika berbicara soal layar, Blackshark 2 Pro membawa layar berukuran 6.39 inci.

Sedangkan Asus ROG Phone 2 membawa layar yang ukurannya jauh lebih besar yaitu 6.59 inci. Dan keduanya mempunyai resolusi yang sama besar yakni 1080 x 2340 piksel serta sudah menggunakan desain layar full view sehingga sangat nyaman digunakan untuk bermain game.

Selain ukurannya, teknologi layar yang dibawa smartphone gaming juga perlu diperhatikan. Salah satu teknologi layar yang penting untuk smartphone gaming itu adalah refresh rate dan display response time.

Untuk urusan refresh rate layar, Asus ROG Phone 2 dan Blackshark 2 Pro dijelaskan membawa layar dengan refresh rate sama besarnya yaitu 120 Hz. Yang membedakan keduanya adalah dari display response time yang mana Blackshark 2 Pro diklaim mempunyai waktu respon hanya 34,7 ms dibanding Asus ROG Phone 2 yang membutuhkan waktu yang lebih lama yakni 49milisecond.

Jadi jika dilihat dari salah satu fitur layarnya yakni display response time, sudah pasti Black Shark 2 Pro lebih unggul dibandingkan dengan Asus ROG Phone 2.

  1. Kapasitas Baterai dan Fitur Pengisian Daya

Yang terakhir, smartphone gaming juga dipastikan membutuhkan baterai yang kapasitasnya besar. Makin besar kapasitas baterainya, makin lama bisa digunakan untuk bermain game mobile.

Untuk urusan kapasitas baterai ini, Asus ROG Phone 2 memiliki baterai yang kapasitas 6.000 mAh. Sedangkan Blackshark 2 Pro hanya membawa baterai 4.000 mAh saja.

Bukan hanya itu saja, fitur pengisian daya Asus ROG Phone 2 juga sudah sangat lengkap seperti fast charging 30W (charger 30W dijual terpisah) dan juga reverse charging 10W.

Sedangkan Blackshark 2 Pro hanya memiliki fitur fast charging 27 Watt saja tanpa adanya fitur reverse charging.

Dan yang terakhir, port USB tipe C untuk pengisian daya pada Asus ROG Phone 2 ada 2 yaitu di bagian bawah dan juga di bagian samping kiri. Sedangkan Blackshark 2 Pro hanya memiliki 1 port USB tipe C saja.

Selain 3 hal tersebut, sebenarnya untuk memilih smarpthone gaming yang terbaik itu juga perlu memperhatikan masalah aksesorisnya juga.

Kalau sudah berbicara aksesoris, Blackshark 2 Pro akan makin ketinggalan dengan Asus ROG Phone 2. Pasalnya, Asus sudah menyiapkan berbagai macam aksesoris resmi khusus untuk ROG Phone 2. Bahkan terdapat aksesoris dock khusus yang bisa membuat ROG Phone 2 dihubungkan dengan monitor, keyboard, dan juga mouse.

Namun demikian, Asus ROG Phone 2 memang tidak bisa mengalahkan harga yang ditawarkan Blackshark 2 Pro. Untuk Asus ROG Phone 2 yang termurah saja masih dijual di kisaran 8,5 Juta Rupiah.

Sedangkan Black Shark 2 Pro seri tertinggi yang punya RAM 12GB dan memori internal 256GB hanya dijual dengan kisaran harga 8,2 jutaan Rupiah saja.

Jadi jika anda memang ingin memiliki smartphone gaming dengan spesifikasi RAM paling tinggi dengan harga murah, anda bisa memilih Black Shark 2 Pro.

Namun jika anda ingin benar-benar merasakan sensasi bermain game mobile menggunakan smartphone gaming sesungguhnya, maka mau tidak mau anda harus rela mengeluarkan dana sedikit lebih besar untuk meminang Asus ROG Phone 2 beserta dengan beberapa aksesoris resminya.