Chipset Mediatek Helio G80 Diperkenalkan, Seperti Ini Detail Teknologi yang Dibawa

0
5
views

Setelah memperkenalkan chipset seri Helio G90 dan juga G70, akhirnya Mediatek juga memperkenalkan varian chipset barunya yang disebut dengan Helio G80.

Jika dilihat dari namanya, Helio G80 sudah dapat dipastikan akan diposisikan di tengah-tengah seri Helio G90 dan juga G70.

Jadi bisa diprediksi performa Helio G80 akan lebih baik dari Helio G70 namun konsumsi daya Helio G80 tidak akan seboros Helio G90.

Penasaran dengan detail teknologi yang disematkan di dalam chipset seri terbaru dari Mediatek tersebut? Jika anda ingin tau seperti apa saja detail teknologi yang ada di dalam chipset Mediatek G80, anda bisa simak penjelasan selengkapnya melalui artikel ini.

Konfigurasi CPU Octa Core di Dalam Chipset Mediatek Helio G80

Teknologi pertama yang disematkan di dalam chipset Mediatek Helio G80 ini adalah CPU octa core.

Konfigurasi CPU octa core yang dimiliki chipset Mediatek Helio G80 ini terdiri dari kombinasi CPU Cortex A75 dengan 2 inti dan CPU Cortex A55 dengan 6 inti.

fitur teknologi chipset mobile mediatek helio g80 » Chipset Mediatek Helio G80 Diperkenalkan, Seperti Ini Detail Teknologi yang Dibawa

Dari kombinasi 2 CPU tersebut sudah bisa dilihat dengan jelas bahwa chipset Mediatek Helio G80 lebih condong pada efisiensi daripada performa. Pasalnya, CPU Cortex A55 yang digunakan memiliki core lebih banyak dari jenis CPU lainnya.

Untuk kecepatan CPUnya sendiri, CPU Cortex A75 yang dibenamkan di dalam chipset Mediatek Helio G80 ini memiliki kecepatan maksimal 2.0 Ghz. Sedangkan untuk CPU Cortex A55nya memiliki kecepatan maksimal 1.8 Ghz.

Dilengkapi Dengan GPU dan RAM Teknologi Terbaru

Selain membawa konfigurasi CPU yang lebih kearah efisiensi, chipset Mediatek Helio G80 juga dibekali dengan GPU yang cukup lumayan yaitu Mali G52 MC2. GPU yang dibenamkan di dalam chipset Mediatek Helio G80 ini sudah memiliki kecepatan 950 Mhz.

Dan bukan hanya itu saja, chipset Mediatek Helio G80 ini juga sudah mendukung penggunaan teknologi RAM LPDDR4X dengan kecepatan maksimal 1.800 Mhz. Sedangkan untuk kapasitas maksimal RAM yang bisa digunakan bersandingan dengan chipset Mediatek Helio G80 ini adalah 8 GB.

Namun sayangnya, chipset Mediatek Helio G80 ini belum mendukung penggunaan memori internal jenis UFS. Chipset Mediatek Helio G80 ini hanya bisa dijejali dengan memori internal tipe eMMC 5.1 yang memang masih kalah cepat jika dibandingkan dengan tipe UFS.

Dukungan Kamera dan Layar

Pada bagian kamera, chipset Mediatek Helio G80 ini bisa dikatakan tidak mampu mendukung penggunaan kamera yang terlalu ekstrim.

Chipset Mediatek Helio G80 ini hanya bisa mendukung penggunaan kamera dengan sensor 48 MP tunggal dengan 17 FPS saja. Selain itu, chipset ini juga bisa mendukung penggunaan kamera ganda dengan sensor 16 MP dan 30 FPS saja.

Sedangkan pada bagian layar, chipset Mediatek seri Helio G80 ini sudah mendukung resolusi FHD+ yang memang jadi standard wajib smartphone masa kini. Namun sayangnya, frame rate layar yang didukung chipset Mediatek Helio G80 ini maksimal hanya sebesar 60 FPS saja.

Sudah Bisa Mendukung Penggunaan Fitur HyperEngine Game Technology

Meskipun masuk kategori chipset yang lebih mengutamakan efisiensi, menariknya chipset Mediatek Helio G80 ini sudah bisa mendukung fitur HyperEngine Game Technology.

Dengan mampu mendukung fitur tersebut, ini berarti smartphone yang menggunakan chipset Mediatek Helio G80 nanti sudah bisa digunakan untuk bermain game mobile dengan sangat lancar.

Selain itu, kemungkinan besar smartphone yang menggunakan chipset Mediatek Helio G80 nanti juga bisa dibekali dengan berbagai fitur penunjang ketika smartphone digunakan untuk bermain game mobile.

Kurang di Bagian Teknologi AI

Namun terlepas dari semua teknologi yang disematkan di dalam chipset Mediatek seri terbaru yaitu Helio G80, ada satu teknologi yang memang dirasa kurang. Teknologi yang dirasa kurang di chipset Mediatek Helio G80 ini adalah teknologi AI.

Hanya saja, kabarnya pihak Mediatek memastikan bahwa kekurangan di ranah teknologi AI tersebut masih bisa dilengkapi dengan teknologi chip ISP yang dibenamkan di dalamnya.

Namun untuk memastikannya, perlu ditunggu terlebih dahulu sampai ada smartphone yang menggunakan chipset Mediatek seri Helio G80 ini. Sayangnya, belum ada informasi mengenai vendor smartphone mana yang akan jadi yang pertama menggunakan chipset terbaru dari Mediatek ini.