Cubot Kingkong Mini, Smartphone yang Kecil Penampangnya Tapi Besar Performanya

0
42
views

Tahun 2019 ini, memang kebanyakan vendor smartphone itu lebih fokus meluncurkan smartphone dengan layar berukuran besar.

Hal tersebut bahkan juga dilakukan oleh vendor-vendor smartphone outdoor atau biasa disebut dengan smartphone tahan banting.

Padahal, smartphone tahan banting atau outdoor itu justru akan sangat merepotkan jika memiliki layar yang terlalu besar.

Untungnya, Cubot menyadari hal tersebut dan meluncurkan smartphone tahan banting dengan penampang kecil yang disebut dengan Kingkong Mini.

Namun meskipun penampangnya lebih kecil dari smartphone keluaran tahun 2019, performa Cubot Kingkong Mini ini tidak bisa diremehkan begitu saja.

Seperti apa performanya? Untuk mengetahui sehebat apakah performa Cubot Kingkong Mini, anda perlu tau spesifikasinya terlebih dahulu. Baca spesifikasi lengkap dari smartphone besutan Cubot tersebut di dalam artikel ini.

Cuma Membawa Layar Berukuran 4 Inci Saja

Seperti yang sudah disebutkan, salah satu kelebihan dari Cubot Kingkong Mini ini memang adalah pada penampangnya yang mungil.

Layar Cubot Kingkong Mini ini sendiri hanyalah berukuran 4 inci saja. Dengan penampang yang kecil, secara otomatis Kingkong Mini menjadi smartphone tahan banting yang paling ergonomis ketika dibawa berpetualang di alam bebas.

review fitur harga spek smartphone android cubot kingkong mini » Cubot Kingkong Mini, Smartphone yang Kecil Penampangnya Tapi Besar Performanya

Namun meskipun penampangnya kecil dan hanya mampu membawa layar berukuran 4 inci saja, Cubot Kingkong Mini ini tetap bisa memberikan performa yang luar biasa.

Pasalnya, panel QHD yang digunakan sudah mendukung resolusi 1080 X 540 piksel dengan kerapatan piksel sebesar 302 ppi. Selain itu, panelnya juga sudah memiliki high contrast 1300:1 yang membuatnya sangat nyaman dilihat meskipun di bawah terik matahari.

Bodi Tahan Banting, Air, dan Juga Debu

Untuk masalah ketahanannya, Cubot Kingkong Mini ini sudah terbukti memang dibuat untuk menemani petualang sejati. Pasalnya, desain bodi Cubot Kingkong Mini ini dibuat menggunakan material zinc alloy dengan tingkat kekerasan paling tinggi.

Sedangkan pada bagian ujungnya, Cubot Kingkong Mini ini dilindungi dengan bahan plastik lentur yang tahan dengan benturan.Dan bukan hanya itu saja, desain bodi Cubot Kingkong Mini ini juga sudah diakui 99% tahan dengan debu dan juga cairan.

Performa Luar Biasa Namun Tetap Hemat Daya

Selain untuk memastikan kenyamanan ketika dibawa berpetualang di alam bebas, ukuran Cubot Kingkong Mini juga dimaksudkan untuk bisa menghemat daya lebih banyak lagi.

Namun menariknya, meskipun memiliki penampang yang cukup mungil dan juga hemat daya, Cubot Kingkong Mini ini justru memiliki performa yang bisa dikatakan sangat luar biasa sebagai smartphone outdoor.

Performanya yang luar biasa tersebut disebabkan karena di dalamnya dibenamkan chipset Mediatek seri MT6761 yang difabrikasi menggunakan teknologi 12 nm. Di dalam chipset tersebut sudah ditanamkan CPU quad core dengan kecepatan maksimal 2.0 Ghz.

Dan untuk menjamin performanya benar-benar lancar, Cubot Kingkong Mini ini juga dibekali dengan RAM berkapasitas besar yaitu 3 GB dan juga memori internal berkapasitas 32 GB. Selain itu, Cubot Kingkong Mini ini juga masih memiliki slot memori eksternal yang bisa menampung microSD dengan kapasitas maksimal 128 GB.

Selain dari segi komponennya, Cubot Kingkong Mini ini juga memiliki performa yang luar biasa karena sistem operasi yang digunakannya adalah sistem operasi Android 9 tanpa tambahan UI apapun.

Hanya Membawa Single Kamera

Pada bagian kamera, Cubot Kingkong Mini ini memang tidak dibekali dengan kamera sebanyak smartphone keluaran tahun 2019.

Namun meskipun hanya membawa konfigurasi single kamera di bagian depan dan di bagian belakang, kualitas kameranya masih cukup memuaskan.

Untuk kamera utamanya yang disematkan di bagian belakang memiliki spesifikasi 13 MP dengan aperture f/ 2.2 dan juga sudah dilengkapi dengan LED flash.

Sedangkan untuk bagian depan, Cubot Kingkong Mini ini dilengkapi dengan kamera 8 MP fixed fokus dengan lensa 4P.

Dilengkapi Baterai Berkapasitas Kecil Namun Sangat Irit

Karena penampangnya kecil dan memiliki chipset yang cukup irit dalam konsumsi daya, Cubot Kingkong Mini ini juga tidak dibekali dengan baterai yang kapasitasnya terlalu besar.

Kingkong Mini hanya membawa baterai berkapasitas 2.000 mAh saja. Namun meskipun kapasitasnya kecil, baterainya diklaim bisa memberikan daya Cubot Kingkong Mini selama seharian penuh.

Selain itu, Cubot Kingkong Mini ini juga masih dilengkapi dengan fitur penting bagi petualang lain seperti:

  • Gyroscope
  • Geomagnetic
  • Compass

Cubot Kingkong Mini ini tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu kombinasi hitam kuning dan hitam merah. Kingkong Mini ini dijual dengan kisaran harga yang cukup murah yaitu 90 Dolar atau 1,2 juta Rupiah di e-commerce Gearbest.