Fairphone 3, Smartphone yang Paling Mudah Dibongkar dan Dipasang Kembali

0
49
views

Dengan semakin banyak dan cepatnya vendor smartphone meluncurkan produk baru, secara otomatis akan ada banyak smartphone lama yang dicampakkan oleh pemiliknya.

Jika hal tersebut terus terjadi, sudah dapat dipastikan akan ada sangat banyak sekali sampah elektronik. Oleh sebab itu, Fairphone datang dengan konsep yang berbeda.

Ketika semua vendor smartphone hanya fokus membuat dan menjual smartphone baru, perusahaan yang berkantor pusat di Amsterdam, Belanda ini lebih fokus kepada menggunakan kembali bagian-bagian smartphone lama yang anda miliki untuk digunakan kembali di smartphone baru.

Oleh sebab itu, Sejak pertama meluncurkan Fairphone yang pertama, Fairphone menjadi merek smartphone yang cukup berbeda dengan merek lainnya. Dan saat ini, Fairphone sudah meluncurkan varian Fairphone yang ketiga.

Seperti apakah spesifikasi inti dari Fairphone 3 tersebut? Jika anda tertarik untuk mengetahui detail spesifikasi dari Fairphone 3 tersebut, anda bisa baca selengkapnya di dalam artikel ini.

Layar Punya Poni Cukup Tebal di Bagian Atas dan Bawah

Karena fokus utama dari Fairphone bukanlah untuk mengikuti tren bentuk smartphone masa kini, maka tidak heran jika layar yang dibawa Fairphone 3 ini masih sama seperti seri sebelumnya.

Layarnya masih memiliki bezel yang cukup tebal baik di bagian atas maupun bawah. Namun penggunaan bezel yang tebal pada layar Fairphone 3 ini dimaksudkan untuk mempermudah konsumen dalam membongkar Fairphone ketika mengalami kerusakan nanti.

review fitur harga spek hp android fairphone 3 » Fairphone 3, Smartphone yang Paling Mudah Dibongkar dan Dipasang Kembali

Jika menggunakan layar full view seperti halnya smartphone masa kini, dapat dipastikan akan sangat sulit membongkar bagian layarnya sendiri.

Meskipun memang masih membawa desain layar yang terlihat kuno, layar Fairphone 3 ini sudah sedikit lebih besar ukurannya. Ukuran layarnya sendiri adalah 5.65 inci.

Dan lagi, layar Fairphone 3 inipun sudah mendukung resolusi FHD+ dengan aspek rasio 18:9 sehingga masih sangat nyaman digenggam di tangan.

Dilengkapi Dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 632

Untuk bagian dapur pacu, Fairphone 3 ini sayangnya memang tidak dibekali dengan chipset yang cukup tinggi.

Namun meskipun belum menggunakan chipset seri tinggi, setidaknya smartphone yang mudah dibongkar pasang ini masih dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 632.

Dan bukan hanya itu saja, smartphone seri ketiga dari Fairphone ini juga sudah membawa RAM berkapasitas 4GB dan juga memori internal berkapasitas 64GB.

Jika kapasitas memori internalnya masih dirasa kurang, maka Fairphone 3 ini masih bisa ditambahkan dengan memori eksternal. Sayangnya, tidak dijelaskan mengenai berapa kapasitas microSD yang bisa disematkan di dalam Fairphone 3 ini.

Pakai Sistem Operasi Android 9 Murni

Sesuai dengan tujuan utamanya, Fairphone inipun juga tidak melakukan modifikasi pada sistem operasi yang digunakan di setiap unitnya.

Untuk Fairphone 3 ini akan menjalankan sistem operasi 9 atau Android Pie secara murni tanpa adanya tambahan UI khusus.

Dengan menjalankan sistem operasi Android murni, secara otomatis performa Fairphone 3 ini bisa lebih maksimal. Apalagi jeroannya juga masih cukup lumayan untuk masa kini.

Spesifikasi Kamera Sederhana

Sama seperti halnya spesifikasi intinya, spesifikasi kamera Fairphone 3 inipun juga bisa dikatakan sangat sederhana. Fairphone seri ketiga ini hanya membawa konfigurasi single kamera saja baik di bagian depan maupun di bagian belakang.

Spesifikasi kamera utama atau kamera di bagian belakangnya memiliki resolusi kamera 12 MP dengan teknologi Dual Pixel PDAF dengan bukaan f/1.8.

Sedangkan untuk bagian depannya, Fairphone seri ketiga ini dibenamkan dengan kamera 8 MP sebagai kamera selfie. Kamera selfie Fairphone 3 ini memiliki bukaan f/2.0.

Baterai Bisa Dilepas Dengan Mudah

Karena mengusung konsep smartphone yang mudah dibongkar pasang, sudah pasti bagian baterainya juga sangat mudah untuk dilepas.

Namun sayangnya, Fairphone 3 ini hanya membawa baterai Li-Po dengan kapasitas 3.000 mAh saja. Hanya saja jika dilihat dari chipset dan juga komponen lainnya, kemungkinan besar memang Fairphone 3 ini sudah bisa digunakan seharian penuh hanya dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Untungnya, meskipun kapasitas baterainya belum bisa dikatakan besar, Fairphone 3 ini sudah didukung dengan port pengisian daya baterai USB tipe C.

Fitur Lain yang Ada di Fairphone 3

Dan selain semua komponen inti tersebut, Fairphone 3 ini juga memiliki beberapa kelebihan dari segi fiturnya. Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa dinikmati di dalam Fairphone 3:

  • NFC
  • 4 Ghz dan 5 Ghz WiFi
  • Bluetooth 5
  • Sensor pemindai sidik jari
  • Jack audio 3.5 mm

Fairphone 3 ini hanya tersedia dalam 1 pilihan warna saja yaitu warna gelap yang tembus pandang. Jadi komponen yang ada di dalam casing Fairphone 3 ini bisa terlihat samar-samar dari depan.

Smartphone yang berhasil mendapatkan nilai sempurna dari website IFix ini sudah bisa dibeli dengan harga 450 Euro atau 6,9 juta Rupiah.