Gemini PDA, Smartphone Android Dengan Cita Rasa Ala Nokia Communicator

0
43
views

Ketika banyak vendor smartphone Android berperang di pasar smartphone layar lipat, Planet Computers, vendor smartphone dengan kantor pusat di London, Inggris justru meluncurkan smartphone dengan keyboard fisik.

Gemini PDA adalah nama dari smartphone Android besutan Planet Computers yang memiliki keyboard fisik internal tersebut.

Karena memiliki keyboard fisik internal, maka Gemini PDA ini terasa seperti laptop. Dan jika dilihat dari segi tampilan eksteriornya, Gemini PDA ini begitu terasa seperti Nokia Communicator yang dulu pernah jadi smartphone legendaris.

Lalu apakah spesifikasi Gemini PDA ini juga sama okenya dengan tampilan eksteriornya? Apakah smartphone unik dari Planet Computers ini benar-benar bisa digunakan untuk melibas semua pekerjaan kantor?

Bagi anda yang mau tau lebih banyak mengenai Gemini PDA dari Planet Computers, anda bisa simak penjelasan lebih lengkapnya di dalam artikel ini.

Display Berukuran Besar Dengan Bezel Tebal

Karena memang fokusnya bukan sebagai smartphone kekinian, maka Gemini PDA ini tidak dibuat dengan tampilan hampir tanpa bezel.

Jika dilihat, Gemini PDA ini memang masih punya bezel yang cukup tebal, terutama di bagian atas dan juga bawah.

Namun meskipun masih memiliki bezel yang cukup tebal, Gemini PDA ini sudah dibekali dengan layar yang ukurannya cukup besar yaitu 5.99 inci.

review fitur harga spek smartphone gemini pda » Gemini PDA, Smartphone Android Dengan Cita Rasa Ala Nokia Communicator

Selain itu, layarnyapun masih menggunakan aspek rasio lama yaitu 18:9. Dan lagi, layarnya juga sudah mendukung resolusi 2160 X 1080. Dan panelnyapun memiliki kerapatan piksel sebesar 403 ppi.

Ditenagai Chipset Mediatek Deca Core

Karena dibuat untuk menunjang pekerjaan kantor, Gemini PDA ini sudah pasti tidak akan membawa chipset sembarangan.

Chipset yang dibenamkan di dalam Gemini PDA ini adalah chipset besutan Mediatek khusus yang memiliki 10 inti CPU atau lebih dikenal dengan istilah deca core.

Seri chipset Mediatek yang dibenamkan di dalam Gemini PDA ini adalah Mediatek MT6797X Helio X27. Di dalam chipset tersebut sudah terdapat CPU 10 inti dengan konfigurasi 3 cluster dengan kecepatan core tertingginya adalah 2.6 Ghz.

Untuk pengolah grafisnya, chipset yang dibenamkan di dalam Gemini PDA ini sudah menggunakan GPU quad core Mali T880 MP4.

Kapasitas Memori Sudah Sangat Memadai

Masuk pada bagian memorinya, Gemini PDA ini memang tidak dibekali dengan memori yang over seperti halnya smartphone masa kini.

Gemini PDA ini dibekali dengan memori yang kapasitasnya dipastikan mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi kantoran.

Untuk urusan RAM, Gemini PDA ini dilengkapi dengan RAM berkapasitas 4 GB. Dan untuk memori internalnya, Gemini PDA ini membawa memori internal berkapasitas 64 GB.

Dan lagi, Gemini PDA ini masih bisa ditambahkan kapasitas memorinya dengan menggunakan microSD. Gemini PDA ini bisa mendeteksi microSD dengan kapasitas maksimal 512 GB.

Sistem Operasi Dual Boot

Karena dibuat untuk mengerjakan berbagai tugas kantor, Gemini PDA ini sudah pasti dilengkapi dengan mode dual boot untuk sistem operasinya.

Sebagai sistem operasi bawaan, Gemini PDA ini dilengkapi dengan sistem operasi Android versi 7.11. Sistem operasi bawaannya bisa diperbarui hingga Android versi 8.1.

Selain sistem operasi Android, Gemini PDA ini bisa dipasang dengan sistem operasi lain seperti Sailfish, Linux Debian, dan juga Linux Kali sebagai opsi dual boot sistemnya.

Cuma Bawa 1 Buah Kamera Selfie

Karena memang bukan menyasar kelas smartphone masa kini, Gemini PDA ini juga tidak memiliki kamera yang sebanyak smartphone masa kini.

Planet Computers hanya membekali Gemini PDA ini dengan 1 buah kamera selfie saja yang terletak di pojok kiri atas layarnya. Selain itu, tidak ada kamera lagi di bagian belakang Gemini PDA.

Kamera selfie yang disematkan di dalam Gemini PDA ini juga terbilang sangat minim. Spesifikasi kamera selfienya hanya menggunakan kamera 5 MP saja.

Namun karena memang fungsinya bukan sebagai smartphone kekinian, kamera memang tidak begitu penting bagi pengguna Gemini PDA.

Baterai Standard Smartphone Masa Kini

Untuk urusan catu dayanya, Gemini PDA besutan Planet Computers ini dibekali dengan baterai yang kapasitasnya sudah sesuai dengan standard baterai smartphone masa kini yaitu 4.220 mAh.

Namun meskipun sudah membawa baterai yang sesuai standard smartphone masa kini, tampaknya baterai tersebut tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Jadi kemungkinan besar pengguna perlu melakukan pengisian daya satu kali untuk bisa menggunakan Gemini PDA ini untuk bekerja selama seharian penuh.

Untuk urusan pengisian daya, Gemini PDA ini sama sekali tidak dibekali dengan fitur fast charging apapun. Hanya saja, port pengisian dayanya sudah menggunakan USB tipe C yang juga sudah mendukung fitur OTG.

Lalu berapakah harga Gemini PDA tersebut? Untuk bisa memiliki smartphone Android dengan fitur keyboard fisik mechanical dual boot sistem ini, anda harus mengeluarkan dana sebesar 661 Dolar atau 9 jutaan Rupiah.