Google Pixel 4a, Smartphone Pertama dari Raja Search Engine dengan Layar Punch Hole

0
47
views

Seperti seri sebelumnya, Google akhirnya resmi akan meluncurkan Pixel 4a. Google Pixel 4a merupakan seri Pixel 4 yang lebih murah. Hal ini juga sudah dilakukan si raja search engine mulai pada Google Pixel 3 yang diluncurkan di tahun 2018 lalu.

Meskipun merupakan seri murah dari Pixel 4, Google Pixel 4a ini cukup menarik karena masih membawa cukup banyak ciri khas yang ada di Pixel 4 sendiri.

Selain itu, yang lebih menarik lagi, Google Pixel 4a ini akan menjadi smartphone pertama dari Google yang membawa layar dengan punch hole.

Lalu seperti apa spesifikasi dari Google Pixel 4a? Meskipun belum resmi diperkenalkan, namun untungnya sudah mulai banyak bocoran mengenai spesifikasi Google Pixel 4a.

Bagi anda yang mau mengintip bocoran spesifikasi dari Google Pixel 4a, anda bisa baca hal tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.

Smartphone Google Pertama Dengan Lubang di Layar

Seperti yang sudah disebutkan sekilas, hal yang paling menarik dari Google Pixel 4a ini terletak pada bagian layarnya.

Pasalnya, layar Google Pixel 4a nanti dikabarkan akan menggunakan desain punch hole atau lubang di layar untuk meletakkan kamera selfie. Hal ini jelas sangat berbeda dari semua smartphone yang pertama diluncurkan oleh Google.

Sedangkan untuk ukuran layarnya sendiri, Google Pixel 4a ini diprediksi akan membawa layar dengan ukuran antara 5.7 inci sampai maksimal 5.8 inci saja.

review fitur spek smartphone google pixel 4a » Google Pixel 4a, Smartphone Pertama dari Raja Search Engine dengan Layar Punch Hole

Untuk panelnya sendiri, kemungkinan besar hanya akan menggunakan panel IPS LCD. Namun panel yang akan disematkan di Google Pixel 4a sudah mendukung resolusi FHD+.

Selain itu, meskipun layar Google Pixel 4a akan menggunakan desain punch hole, Google masih akan menyematkan speaker di bagian atas layar.

Desain Bodi Ergonomis Seperti Pixel 4

Meskipun dijual dengan kisaran harga yang lebih murah, namun Google Pixel 4a tidak serta merta tampil sangat minim.

Bahkan bisa dikatakan dari segi tampilannya, Google Pixel 4a ini masih sangat serupa dengan Google Pixel 4 yang dijual dengan harga lebih mahal.

Hal tersebut diketahui dari bocoran yang bertebaran di dunia maya. Untuk urusan desain, Google Pixel 4a ini memang masih akan menggunakan desain yang serupa dengan Pixel 4.

Google Pixel 4a ini tetap akan membawa sensor pemindai sidik jari di bagian samping. Selain itu, di bagian bodi atas juga masih tersemat jack audio 3.5 mm. Dan di bodi bagian bawah sudah tersemat port USB tipe C.

Untuk cover bodi bagian belakang, Google Pixel 4a ini menggunakan bahan polycarbonate. Selain itu, terdapat modul kamera yang serupa bentuknya seperti modul Pixel 4 di bagian belakang.

Sayangnya, Google Pixel 4a ini terlihat dengan jelas hanya akan membawa satu buah kamera utama saja ditemani dengan LED flash. Menurut prediksinya, kamera yang akan dijadikan sebagai kamera primer Google Pixel 4a ini memiliki sensor 12.2 MP dan merupakan jenis kamera ultrawide.

Dapur Pacu Diduga Menggunakan Qualcomm Snapdragon

Untuk bagian dapur pacunya, Google Pixel 4a ini dipercaya akan menggunakan chipset besutan Qualcomm yaitu Snapdragon.

Masalah seri chipsetnya, masih ada banyak prediksi. Namun paling banyak yang memprediksi bahwa Google Pixel 4a nanti akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 730 atau 765.

Pasalnya, 2 seri chipset Qualcomm Snapdragon tersebut adalah seri chipset mid range yang paling tangguh saat ini.

Selain dipercaya akan membawa chipset besutan Qualcomm, Google Pixel 4a juga diyakini akan dibekali dengan RAM yang kapasitasnya cukup besar. Menurut prediksinya, Google Pixel 4a akan meluncur dengan RAM minimal 4 GB.

Namun sayangnya, belum bisa dipastikan berapakah kapasitas memori internal yang akan dibawa Google Pixel 4a nanti.

Bukan hanya itu saja, sampai saat ini juga belum ada yang bisa memprediksi tentang seberapa besar kapasitas baterai yang akan dibawa Google Pixel 4a nanti.

Hanya saja, yang pasti Google tidak hanya akan meluncurkan Pixel 4a saja. Google juga dipastikan akan meluncurkan Pixel 4a XL yang mana merupakan seri smartpone Pixel murah terbaru dengan ukuran yang lebih besar.

Lalu kapan Google Pixel 4a ini diprediksi akan meluncur di pasaran? Jika melihat kebiasaan Google, kemungkinan besar Google Pixel 4a ini baru akan meluncur sekitar bulan Mei tahun 2020 nanti.

Kemungkinan besar Google akan membawa Pixel 4a ini di acara MWC yang akan diselenggarakan di Barcelona pada bulan Februari 2020 akhir nanti.