Hisense R11, Smartphone 5G Dengan Dukungan Chipset UNISOC

0
5
views

Hisense, salah satu vendor smartphone yang cukup populer dengan layar jenis e-ink dikabarkan akan meluncurkan seri smartphone 5G keduanya. Smartphone 5G kedua besutannya tersebut diberi nama Hisense R11.

Meskipun smartphone 5G pertamanya mendapatkan tanggapan yang cukup baik dari pasar, namun Hisense R11 yang merupakan smartphone 5G keduanya ini terlihat kurang begitu mendapatkan tanggapan positif dari pasar.

Lalu apa yang membuat Hisense R11 kurang begitu disukai dan mendapatkan tanggapan positif? Untuk mengetahui alasannya, anda bisa cermati terlebih dahulu spesifikasi Hisense R11 di dalam artikel ini.

Ukuran dan Jenis Layar Masih Dirahasiakan

Pada bagian layar, Hisense R11 memang masih belum dibocorkan akan menggunakan layar jenis apa serta memiliki ukuran seberapa besar.

Namun sampai saat ini, sudah ada bocoran yang mengatakan bahwa Hisense R11 nanti akan mengusung layar yang memiliki notch berbentuk waterdrop atau tetesan air.

Hanya saja, bocorannya baru sebatas desain layarnya saja. Belum ada bocoran lebih lanjut seperti jenis layar yang digunakan serta ukuran layarnya.

Ditenagai Chipset UNISOC Terbaru yang Sudah Dibekali Modem 5G

Meluncur sebagai smartphone 5G kedua dari Hisense, R11 tidak dibekali dengan chipset dari vendor ternama seperti Mediatek ataupun Qualcomm.

hp android hisense r11 » Hisense R11, Smartphone 5G Dengan Dukungan Chipset UNISOC

Hisense lebih memilih membenamkan chipset buatan UNISOC sebagai inti dari Hisense R11. Chipset UNISOC yang dibenamkan di dalam Hisense R11 adalah seri Tiger T7510. Chipset tersebut sudah dilengkapi dengan modem 5G.

Dengan mengusung chipset UNISOC Tiger T7510 tersebut, Hisense R11 sudah bisa mendukung jaringan 5G dual mode yaitu NSA maupun SA.

Namun meskipun sudah dilengkapi dengan modem 5G, sayangnya chipset yang dibenamkan di dalam Hisense R11 masih difabrikasi menggunakan teknologi lama yaitu 12 nm. Hal tersebut jelas membuat performa chipset kurang maksimal.

Padahal, mayoritas chipset 5G masa kini sudah dibuat dengan menggunakan teknologi fabrikasi 7 nm.

Sedangkan untuk bagian RAM, Hisense R11 sebenarnya dibekali dengan RAM yang kapasitasnya cukup besar yaitu 6 GB. Selain itu, kapasitas memori internal Hisense R11 juga bisa dikatakan sudah cukup luas yaitu 128 GB.

Dan menurut bocorannya, Hisense R11 juga masih bisa ditambahkan dengan memori eksternal menggunakan microSD.

Dan untuk sistem operasinya, kemungkinan besar Hisense R11 juga sudah langsung menjalankan sistem operasi Android versi 10 dari pabrikan. Dan kemungkinan besar Hisense R11 juga dilengkapi dengan UI khusus besutan Hisense.

Spesifikasi Kamera Juga Masih Dirahasiakan

Pada bagian kamera, sayangnya Hisense R11 masih dirahasiakan. Sampai saat ini belum ada bocoran sedikitpun mengenai seperti apa spesifikasi kamera yang akan dibenamkan di dalam Hisense R11.

Namun dari foto produk yang sudah tersebar di dunia maya, Hisense R11 terlihat memiliki modul kamera berjajar secara vertikal di bagian belakang. Itu tandanya Hisense R11 akan dibekali dengan lebih dari satu sensor kamera. Hisense R11 bisa saja hadir dengan konfigurasi triple kamera ataupun quad kamera.

Selain itu, cover bagian belakang Hisense R11 juga terlihat sudah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari. Sensor pemindai sidik jari tersebut diletakkan tepat di bagian tengah cover belakang.

Kapasitas Baterai Lebih Besar

Masuk pada bagian catu daya, baterai yang diusung Hisense R11 bisa dikatakan lebih besar dari mayoritas smartphone masa kini.

Hisense R11 dibekali dengan baterai berkapasitas 5.010 mAh. Dan bukan hanya itu saja, Hisense R11 juga sudah dibekali dengan fitur fast charging dengan daya maksimal sebesar 18W.

Dan kemungkinan besar port pengisian daya baterai yang digunakan di dalam Hisense R11 ini juga sudah jenis USB tipe C.

Kenapa Hisense R11 Mendapatkan Tanggapan Negatif?

Lalu kenapa Hisense R11 mendapatkan tanggapan negatif sebelum diluncurkan? Sekilas memang spesifikasi inti dari Hisense R11 tidak terlihat bermasalah.

Yang membuat Hisense R11 mendapatkan banyak tanggapan negatif adalah karena Hisense R11 dikabarkan akan dijual dengan kisaran harga 4.999 Yuan.

Dengan harga tersebut, jelas Hisense R11 terasa sangat mahal. Pasalnya masih ada banyak smartphone lain yang dijual dengan harga lebih murah dan memiliki spesifikasi lebih baik daripada spesifikasi Hisense R11 ini.