Hobi Pakai Aplikasi Mod di Smartphone Android? Awas, Ini Risiko yang Siap Anda Tanggung

0
4
views

Pengguna smartphone Android memang bisa dikatakan sangat dimanjakan dengan jutaan aplikasi gratis di Playstore. Namun memang, diantara jutaan aplikasi gratis yang bisa diunduh di Playstore, ada sebagian yang merupakan aplikasi berbayar.

Untuk bisa menggunakan aplikasi berbayar tersebut, memang mau tidak mau pengguna harus rela mengeluarkan sedikit uang. Namun sayangnya, lebih banyak pengguna smartphone Android yang lebih memilih menggunakan aplikasi mod daripada membelinya langsung dari Playstore.

Jika dilihat, memang menggunakan aplikasi mod itu adalah jalan paling mudah dan murah untuk tetap bisa menggunakan aplikasi berbayar tanpa perlu keluar uang sama sekali.

Namun taukah anda bahwa menggunakan aplikasi mod di smartphone Android primer itu ada banyak sekali risikonya? Belum tau apa saja risiko yang harus siap anda tanggung jika menggunakan aplikasi mod atau bisa juga disebut dengan aplikasi crack di smartphone Android primer?

Bagi anda yang belum tau apa saja risikonya menggunakan aplikasi mod atau aplikasi crack di smartphone Android, anda bisa baca informasi tersebut di dalam artikel ini.

4 Bahaya Terselubung dari Menggunakan Aplikasi Mod atau Aplikasi Crack di Smartphone Android

Seperti yang sudah disebutkan, menggunakan aplikasi mod atau aplikasi crack di smartphone Android memang sekilas terlihat sangat menguntungkan.

Namun jika mau diperhatikan lebih dalam lagi, ternyata menggunakan aplikasi crack, mod, atau bajakan itu justu lebih banyak kerugiannya, terutama jika aplikasi tersebut dipasang di smartphone Android yang setiap hari anda gunakan.

resiko pakai aplikasi mod di smartphone android » Hobi Pakai Aplikasi Mod di Smartphone Android? Awas, Ini Risiko yang Siap Anda Tanggung

Berikut ini adalah bahaya terselubung dari penggunaan aplikasi mod atau aplikasi bajakan di smartphone Android:

  1. Banyak malware ads yang menyusup dengan mudah di dalam smartphone Android

Ketika mau memasang aplikasi mod atau crack di smartphone Android, mau tidak mau anda harus mengijinkan smartphone untuk memasang aplikasi dari sumber yang tidak dikenal atau diketahui.

Dengan mengijinkan smartphone Android memasang aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, secara otomatis anda juga mengijinkan pihak ketiga untuk memasang malware ads di dalam smartphone anda.

Banyak sekali aplikasi mod atau crack yang didalamnya disusupi dengan malware ads. Dan biasanya ads yang ditampilkan bukan lagi di dalam aplikasi namun sudah langsung di bagian home smartphone.

  1. Diam-diam data penting di dalam smartphone Android dicuri orang tidak bertanggung jawab

Selain smartphone Android bisa disusupi dengan malware ads, memasang aplikasi mod ataupun crack di dalam smartphone Android juga bisa membuat data-data penting yang anda simpan di dalam smartphone dicuri oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Ketika anda memutuskan untuk mengijinkan sistem smartphone Android memasang aplikasi dari sumber yang tidak diketahui, saat itu juga akan memberikan akses file-file malware pencuri data masuk kedalam sistem Android di dalam smartphone anda.

  1. Aplikasi mod atau crack biasanya tidak stabil

Karena memang bukan merupakan aplikasi resmi, biasanya aplikasi mod ataupun crack itu sudah diotak atik oleh pihak ketiga.

Ketika dimodifikasi, secara otomatis kinerja aplikasi yang awalnya sudah sangat optimal bisa mengalami penurunan.

Dengan memasang aplikasi yang bisa dikatakan jalannya tidak stabil, maka secara tidak langsung anda akan membuat smartphone Android yang anda miliki juga menjadi tidak bisa berfungsi dengan optimal.

Jika hal ini dibiarkan, maka lama kelamaan komponen utama smartphone Android andapun bisa mengalami kerusakan karena berjalan tidak stabil karena aplikasi mod yang anda pasang di dalamnya.

  1. Sama sekali tidak ada dukungan teknis dari developer aplikasi

Salah satu keunggulan dari membeli dan menggunakan aplikasi berbayar langsung dari Playstore untuk smartphone Android adalah jika terjadi masalah pada aplikasi tersebut, maka anda bisa dengan mudah dan cepat meminta dukungan teknis dari developer aplikasinya sendiri.

Namun jika anda memilih menggunakan aplikasi mod, crack, ataupun bajakan untuk dipasang di dalam smartphone Android yang anda miliki, maka sudah pasti anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan dukungan teknis dari developer aplikasinya.

Jadi jika terjadi crash terus menerus, maka mau tidak mau anda sendiri yang harus memperbaiki masalah tersebut.

Jadi bagaimana? Setelah mengetahui apa saja risikonya menggunakan aplikasi mod atau bajakan, kira-kira masih beranikah anda memasang aplikasi mod tersebut di smartphone Android yang anda miliki?