Ini Alasan Kenapa iPhone Lebih Baik dari Smartphone Android dari Segi Sistem Keamanannya

0
34
views

Perseteruan antara IPhone dengan smartphone Android memang tampaknya tidak akan pernah berakhir. Meskipun berhasil mengalahkan IPhone dalam beberapa aspek, namun ternyata smartphone Android tetap belum bisa mengalahkan IPhone dari segi sistem keamanannya.

Jika berbicara mengenai keamanan data personal yang tersimpan di dalam perangkat smartphone, sudah pasti IPhone adalah yang jadi juara jika harus ditandingkan dengan smartphone Android.

Sebenarnya kenapa IPhone tetap jadi juara dalam hal sistem keamanannya? Apakah sistem keamanan smartphone Android memang lebih buruk dari yang dimiliki IPhone?

Bagi anda yang mau tau apa alasannya sehingga IPhone masih belum bisa dikalahkan dari segi sistem keamanannya, anda bisa pelajari alasannya lebih lengkap di dalam artikel ini.

Ini 5 Alasan Kuat Kenapa IPhone Punya Sistem Keamanan Lebih Baik dari Smartphone Android

Jika berbicara soal keamanan data personal, memang smartphone Android merek apapun harus bertekuk lutut dengan IPhone.

alasan iphone lebih baik dari smartphone android dari segi sistem keamanannya » Ini Alasan Kenapa iPhone Lebih Baik dari Smartphone Android dari Segi Sistem Keamanannya

Ternyata, sistem keamanan IPhone bisa jauh lebih baik dari smartphone Android karena beberapa alasan berikut ini:

  1. Market share smartphone Android yang jauh lebih besar dari IPhone

Alasan pertama kenapa smartphone Android itu kalah dalam urusan sistem keamanan dari IPhone sebenarnya bukan karena sistem operasinya lebih buruk.

Lebih rentannya kebocoran data karena virus ataupun malware di smartphone Android dibandingkan dengan IPhone itu sebenarnya karena market share smartphone Android memang lebih besar.

Menurut data, smartphone Android menguasai 85% smartphone yang digunakan di seluruh dunia. Karena banyak yang menggunakan, secara otomatis akan lebih banyak hacker maupun pembuat virus yang menyasar smartphone Android.

Pasalnya, mereka bisa menyasar lebih banyak orang dibandingkan ketika mereka memilih menyasar IPhone yang tidak terlalu banyak penggunanya.

  1. Dari bagaimana IOS dan Android memberikan ijin aplikasi untuk berjalan di atas OSnya

Selain karena alasan market share yang lebih besar, smartphone Android juga harus bertekuk lutut dengan IPhone pada bagian sistem keamanan karena memang OS yang digunakan IPhone dan smartphone Android itu berjalan dengan aturan yang berbeda.

Pada IOS yang digunakan IPhone, aplikasi yang terpasang di dalamnya bisa berjalan dengan sistem yang disebut dengan sandboxing. Sistem tersebut hanya mengijinkan aplikasi berjalan di atas sistem operasi tanpa bisa berkomunikasi dengan aplikasi lain ataupun sistem operasi sendiri.

Sedangkan pada Android, berbagai macam aplikasi yang terpasang di dalamnya benar-benar diijinkan untuk berkomunikasi satu sama lain dan bahkan hal tersebut juga bisa dilakukan pada sistem operasi Android sendiri.

Oleh sebab itu, tidak heran jika data-data penting di dalam smartphone Android itu lebih mudah bocor dibandingkan dengan di dalam IPhone.

  1. Dari jenis sistem operasi yang digunakan

Berikutnya, smartphone Android benar-benar harus bertekuk lutut masalah sistem keamanan dengan IPhone juga disebabkan karena jenis OS yang digunakan.

Sistem operasi Android adalah jenis sistem operasi open source yang bisa digunakan oleh siapa saja. Selain bisa digunakan oleh siapa saja, sistem operasi Android juga bisa dioprek oleh siapa saja.

Sedangkan IOS bukanlah sistem operasi yang bisa didapatkan dan digunakan oleh siapa saja. Oleh sebab itu, tidak heran jika IPhone yang menggunakan IOS jauh lebih aman dibandingkan dengan smartphone Android.

  1. Dari proses review aplikasi di marketplace aplikasi resmi

Alasan berikutnya yang membuat IPhone jauh lebih baik sistem keamanannya dibandingkan dengan smartphone Android adalah dari proses review aplikasi yang bisa diunduh dari marketplace resmi seperti App Store dan Playstore.

Untuk bisa memasukkan aplikasi kedalam App Store, developer perlu bersabar selama 2 minggu untuk menunggu hasil review dari Apple. Sedangkan untuk bisa masuk kedalam Playstore, developer hanya perlu menunggu proses review selama 2 jam atau paling lama beberapa hari saja.

Dari lamanya proses review aplikasi tersebut, sudah bisa dilihat bahwa Apple jauh lebih selektif dan lebih berhati-hati dalam mengijinkan developer memasukkan aplikasi kedalam marketplace aplikasi yang dimilikinya.

  1. Dari tingkat kesulitan pembobolan sistem operasinya

Alasan terakhir kenapa IPhone memiliki sistem keamanan yang jauh lebih baik dari smartphone Android adalah karena sistem operasi yang digunakan di dalam IPhone itu jauh lebih sulit dibobol.

Berbeda halnya dengan smartphone Android, pengguna bisa dengan mudah melakukan root untuk mendapatkan akses sepenuhnya kedalam sistem operasinya.

Jadi bagaimana? Apakah anda juga setuju jika sistem keamanan IPhone itu jauh lebih baik dari smartphone Android setelah membaca alasannya?