Ini Alasan Kenapa IPhone Tidak Butuh RAM Besar Seperti Smartphone Android

0
76
views

Kalau bicara soal smartphone Android dengan IPhone, memang ada banyak sekali hal yang bisa diperdebatkan.

Namun dari sekian banyak topik perdebatan antara IPhone dengan smartphone Android, yang paling sering adalah masalah RAM.

Banyak yang mengatakan bahwa IPhone adalah smartphone yang tidak membutuhkan RAM besar seperti halnya smartphone Android. Menurut informasinya, hal tersebut disebabkan karena IPhone memang punya komponen yang lebih baik dari smartphone Android.

Lalu apakah memang benar bahwa alasan kenapa IPhone tidak membutuhkan RAM besar seperti smartphone Android itu karena kualitas komponennya lebih baik? Ternyata, bukan hanya soal kualitas komponennya saja.

Bagi anda yang tertarik ingin tau apa alasannya IPhone tidak butuh RAM besar seperti smartphone Android, anda bisa pelajari hal tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.

Apple Memegang Semua Aspek yang Ada di Dalam IPhone

Alasan pertama kenapa IPhone tidak butuh RAM besar seperti halnya smartphone Android adalah karena Apple sebagai pemilik IPhone itu memegang seluruh aspek yang ada di dalam IPhone.

Apple bisa dengan mudah mengontrol mulai dari komponen hingga sistem operasi yang terpasang di dalam setiap IPhone. Sedangkan hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh Google sebagai pemilik Android.

sebab iphone tidak butuh ram sebesar smartphone android » Ini Alasan Kenapa IPhone Tidak Butuh RAM Besar Seperti Smartphone Android

Pasalnya, Android adalah sebuah sistem operasi mobile yang bisa digunakan oleh banyak vendor smartphone. Karena ada banyak sekali aspek yang tidak bisa dikontrol oleh Google, maka tidak heran jika performa smartphone Android itu kalah jauh dari IPhone meskipun hanya dibekali dengan RAM yang lebih kecil.

IPhone Juga Menggunakan Chipset yang Diriset Sendiri Oleh Apple

Bukan hanya masalah sistem operasinya saja yang bisa dikendalikan secara penuh oleh Apple, IPhone tidak membutuhkan RAM besar juga disebabkan karena chipset yang dibenamkan di dalamnya memang juga lebih optimal.

Hal ini disebabkan karena Apple juga punya kontrol penuh pada chipset yang dibenamkan di dalam IPhone. Yang lebih menarik lagi, chipset yang dibenamkan di dalam IPhone juga merupakan hasil riset Apple sendiri.

Berbeda halnya dengan smartphone Android. Chipset yang digunakan di smartphone Android adalah hasil riset dari perusahaan pihak ketiga yang fokus bergerak dalam produksi chipset saja.

Oleh karena banyaknya hal yang harus disinergikan, maka sudah pasti smartphone Android tidak akan bisa memiliki performa seperti halnya IPhone.

Basis yang Digunakan IOS dan Android Sangat Berbeda

Selain karena alasan sinergi dari sistem operasi hingga komponennya, alasan terkuat kenapa IPhone bisa memiliki performa lebih baik meskipun kapasitas RAM yang dibawanya lebih kecil dari smartphone Android adalah karena basis IOS dan Android itu berbeda.

Basis sistem operasi Android adalah java. Sedangkan basis IOS adalah objective C. 2 basis sistem operasi tersebut berbeda jauh.

Yang paling membedakan basis sistem operasi Java dan Objective C adalah sistem operasi yang dibuat menggunakan basis Java butuh menyimpan sampah file. Sedangkan sistem operasi yang dibuat menggunakan basis Objective C sama sekali tidak perlu menyimpan sampah file.

Oleh sebab itu, RAM yang kapasitasnya kecil sekalipun tidak akan berpengaruh pada performa IPhone. Sedangkan untuk smartphone Android, semakin banyak aplikasi dan fitur yang ada di dalamnya, maka smartphone Android butuh RAM yang makin besar.

UI Sistem Operasi Android dan IOS yang Juga Berbeda Jauh

Selain masalah basisnya yang berbeda, yang membuat IPhone bisa berjalan lancar tanpa perlu RAM yang besar seperti smartphone Android adalah karena UI pada sistem operasi Android dan IOS juga berbeda.

Jika dilihat dari UI atau sistem antarmukanya, IOS menggunakan UI yang sangat sederhana sehingga tidak mengkonsumsi RAM yang terlalu besar.

Sedangkan untuk smartphone Android, UI yang digunakan ada bermacam-macam tergantung dari vendor smartphonenya. Sekali lagi, karena tidak adanya sinergi secara langsung antara pemilik sistem operasi dengan vendor, maka sudah dapat dipastikan smartphone Android tidak bisa berjalan secara maksimal.

Oleh sebab itu, smartphone Android butuh lebih banyak RAM untuk bisa berjalan secara optimal. Tidak seperti IPhone yang bisa berjalan secara optimal dengan RAM maksimal 4 GB saja.

Namun demikian, hal ini bukan menjadi bukti bahwa IPhone lebih baik dari smartphone Android. Pasalnya, smartphone Android tetap punya beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh IPhone.