Ini Bedanya Launcher Dengan Theme di Smartphone Android

0
5
views

Jika berbicara soal modifikasi tampilan smartphone Android, banyak orang menggunakan bantuan launcher ataupun theme.

Menurut sebagian besar orang awam, launcher itu sama dengan theme. Pasalnya, keduanya memang biasa digunakan untuk merubah tampilan sistem yang digunakan di dalam sebuah smartphone Android.

Namun ternyata, launcher itu tidak sama dengan theme. Dan bahkan bisa dikatakan jika launcher itu sangat berbeda jauh dengan theme smartphone Android.

Lalu apa perbedaan antara launcher dengan theme di smartphone Android? Untuk tau lebih detail mengenai apa yang membedakan antara theme dan juga launcher di smartphone Android, anda bisa baca hal tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.

2 Hal yang Membedakan Antara Theme dan Launcher di Smartphone Android

Sekilas memang launcher dan theme di smartphone Android itu terlihat sama. Namun sebenarnya, 2 hal tersebut berbeda jauh.

beda launcher dengan theme di smartphone android » Ini Bedanya Launcher Dengan Theme di Smartphone Android

Berikut ini adalah perbedaan antara launcher dengan theme di smartphone Android:

  • Dari fungsinya

Hal pertama yang membedakan antara launcher dengan theme di smartphone Android adalah dari segi fungsinya.

Theme hanya berfungsi untuk mengubah tampilan sistem di smartphone Android saja. Tampilan yang bisa dirubah dari theme adalah seperti icon dan juga font.

Sedangkan launcher tidak hanya berfungsi untuk mengubah tampilan sistem di smartphone Android saja. Launcher juga sekaligus mengubah keseluruhan UI yang ada di dalam sebuah smartphone Android.

Jika dilihat dari fungsinya, sebenarnya theme justru adalah bagian kecil dari launcher di smartphone Android. Pasalnya, launcher juga mengatur secara langsung penggunaan theme di smartphone Android.

  • Dari cara menggunakannya

Selain dari fungsinya, theme dan juga launcher di smartphone Android itu juga bisa dibedakan dari bagaimana cara menggunakannya.

Cara untuk menggunakan theme di smartphone Android bisa dikatakan jauh lebih mudah dibandingkan dengan launcher.

Untuk menggunakan theme, pengguna hanya perlu mengunduh theme dan menerapkannya di smartphone Android.

Sedangkan untuk launcher, pengguna smartphone Android harus memasang terlebih dahulu aplikasi launcher kemudian menggantikan default launcher yang dijalankan di smartphone Android.

Macam-Macam Pilihan Launcher Terbaik di Smartphone Android

Setelah mengetahui apa perbedaan dari launcher dengan theme, selanjutnya anda juga perlu tau apa saja jenis launcher yang dikategorikan terbaik untuk smartphone Android.

Berikut ini adalah beberapa pilihan launcher pihak ketiga yang bisa dikatakan punya banyak kelebihan untuk digunakan di smartphone Android:

  1. Rootless Launcher

Launcher pihak ketiga pertama yang bisa anda coba pasang di smartphone Android adalah Rootless Launcher. Rootless Launcher ini bisa diunduh secara gratis langsung dari Playstore.

Kelebihan Rootless Launcher:

  • Ukuran file kecil yaitu hanya 1.6 MB.
  • Memilik fitur yang sangat mirip dengan launcher yang digunakan Google Pixel.
  • Salah satu launcher smartphone Android paling ringan.

Di dalam Rootless Launcher ini sudah dilengkapi juga dengan fitur seperti icon pack, search bar, dan juga adaptive icon pack.

  1. Evie Launcher

Selain Rootless Launcher, anda juga bisa mencoba menggunakan Evie Launcher untuk menggantikan launcher bawaan dari vendor smartphone Android yang anda miliki.

Seperti halnya Rootless Launcher, Evie Launcher ini juga bisa diunduh secara gratis dari Playstore.

Kelebihan Evie Launcher:

  • Memiliki cukup banyak pilihan home screen yang indah.
  • Sangat mudah mengakses semua aplikasi dengan cara swipe up layar saja.
  • Memiliki performa yang sangat cepat.

Dan yang pasti, Evie Launcher ini juga memiliki ukuran file yang tidak terlalu besar. Evie Launcher hanya memiliki file berukuran 8.8 MB saja.

  1. Niagara Launcher

Bagi anda yang lebih suka tampilan sederhana di smartphone Android, Niagara Launcher mungkin adalah launcher pihak ketiga yang cocok untuk anda gunakan.

Kelebihan Niagara Launcher:

  • Tampilan jauh lebih bersih dan sederhana.
  • Ada fitur khusus untuk menampilkan notifikasi penting di home screen.
  • Mudah dalam mengakses semua aplikasi yang terpasang dengan satu kali tap.

Dan seperti halnya Evie Launcher dan juga Rootless Launcher, Niagara Launcher ini juga memiliki ukuran file yang cukup kecil yaitu hanya 2.9 MB saja.

Jadi bagaimana? Sekarang sudah paham dengan perbedaan launcher dan theme di smartphone Android?