Ini Beragam Alasan Kenapa Smartphone Dengan Fitur NFC Begitu Diincar

    0
    8
    views

    Jika diperhatikan, makin lama memang makin banyak konsumen yang memilih smartphone dengan fitur NFC di dalamnya. Smartphone yang belum dilengkapi fitur NFC memang mulai kurang dilirik di beberapa tahun belakangan ini.

    Namun masalahnya, apa yang membuat kebanyakan orang sekarang lebih memilih menggunakan smartphone dengan fitur NFC?

    Ternyata memang ada cukup banyak alasan kenapa mayoritas pengguna smartphone sekarang ini lebih memilih memiliki smartphone dengan fitur NFC.

    alasan pembeli mengincar smartphone dengan fitur nfc » Ini Beragam Alasan Kenapa Smartphone Dengan Fitur NFC Begitu Diincar

    Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa smartphone dengan fitur NFC jauh lebih disukai dibandingkan dengan smartphone tanpa fitur NFC:

    1. Smartphone dengan fitur NFC bisa digunakan untuk pembayaran cashless

    Selama pandemi Covid19 masih terus berlangsung, smartphone dengan fitur NFC memang jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan smartphone biasa.

    Kenapa? Salah satu alasannya adalah karena smartphone dengan fitur NFC sudah mendukung sistem pembayaran cashless.

    Sistem pembayaran cashless adalah salah satu solusi untuk menekan penyebaran virus Covid19. Oleh sebab itu, tidak heran jika memasuki tahun 2020, pasar smartphone dengan fitur NFC makin banyak peminatnya.

    1. Smartphone dengan fitur NFC bisa dengan mudah mengakses NFC Tag

    Sekali lagi, dengan adanya pandemi Covid19, makin banyak toko maupun merchant yang menggunakan sistem pembayaran cashless.

    Oleh sebab itu, biasanya merchant atau toko akan menempelkan kode QR ataupun NFC Tag untuk bisa discan oleh smartphone konsumen.

    Jika smartphone yang anda miliki belum mendukung fitur NFC, maka mau tidak mau anda harus memasang terlebih dahulu aplikasi QR code untuk bisa membaca kode QR pembayaran merchant atau toko tersebut.

    Berbeda ceritanya jika smartphone yang anda miliki sudah mendukung fitur NFC. Yang anda perlu lakukan hanyalah menempelkan smartphone yang anda miliki pada NFC Tag merchant ataupun toko.

    Dengan begitu, secara otomatis anda sudah bisa melakukan pembayaran secara cashless di toko ataupun merchant.

    1. Smartphone dengan fitur NFC bisa digunakan untuk mengakses smart card

    Bukan hanya soal belanja dan pembayaran saja, smartphone dengan fitur NFC banyak diincar juga karena bisa dengan mudah digunakan untuk mengakses smart card.

    Penggunaan smart card memang makin marak di beberapa tahun terakhir. Selain kartu ATM dan juga eKTP, sekarang jalan tol juga mulai menggunakan smart card yang disebut dengan e-Toll.

    Jika anda memiliki smartphone dengan fitur NFC, maka anda bisa dengan mudah melakukan pengecekan pada smart card tersebut. Dan bukan hanya melakukan pengecekan saja, anda bahkan sudah bisa isi saldo e-Toll menggunakan smartphone melalui e-banking.

    Dengan begitu, anda sudah hampir tidak perlu lagi repot-repot harus melakukan pengisian saldo e-Toll melalui mini market ataupun melalui mesin ATM.

    1. Lebih mudah untuk share data antar smartphone

    Alasan lain kenapa banyak orang lebih memilih membeli smartphone dengan fitur NFC adalah karena mereka juga tidak perlu lagi repot-repot melakukan pairing Bluetooth jika mau transfer daya antar smartphone.

    Untuk melakukan transfer data antar smartphone, anda hanya perlu menempelkan 2 smartphone yang sama-sama mendukung fitur NFC. Dengan begitu, anda sudah bisa memindahkan file-file tertentu yang anda kehendaki dari satu smartphone ke smartphone yang lain.

    Namun memang, untuk masalah kecepatan transfer datanya, fitur NFC masih kalah cepat jika dibandingkan dengan fitur Bluetooth. Hanya saja, proses transfer data antar smartphone menggunakan NFC jauh lebih praktis.

    1. Smartphone dengan fitur NFC sudah bisa diaplikasi dengan fitur smart lock

    Yang terakhir, banyak orang mulai mengincar smartphone dengan fitur NFC juga disebabkan karena sekarang sudah banyak barang yang menggunakan fitur smart lock.

    Fitur NFC yang terdapat di dalam smartphone sudah bisa digunakan bersamaan dengan fitur-fitur smart lock di beberapa barang seperti kunci rumah, kunci mobil, dan masih banyak lagi.

    Bagaimana? Cukup wajar bukan jika semakin lama makin banyak orang yang mengincar smartphone dengan fitur NFC? Lalu bagaimana dengan anda? Apakah anda juga sudah menggunakan smartphone yang sudah dibekali dengan fitur NFC sekarang?