Ini Fitur Menarik yang Disematkan pada OS Android 11 Versi Developer

    0
    5
    views

    Meskipun belum semua smartphone Android bisa mencicipi sistem operasi Android 10 yang diluncurkan di tahun 2019 lalu, Google sudah memulai proses pembuatan sistem operasi Android 11.

    Dan bukan hanya sekedar memulai proses pembuatannya saja, ternyata sistem operasi Android 11 sudah masuk kedalam tahap uji coba versi developer.

    Beberapa hari lalu, Android 11 versi developer sudah bisa dicicipi oleh beberapa developer. Meskipun belum final, ada cukup banyak fitur menarik yang benar-benar membuat sistem operasi Android 11 versi developer ini berbeda dari versi sebelumnya.

    Penasaran dengan apa saja fitur baru yang ada di dalam sistem operasi Android 11 nanti? Mau tau apa saja fitur menarik yang ada di dalam sistem operasi Android 11 versi developer tersebut?

    Bagi anda yang mau tau soal fitur menarik yang ada di sistem operasi Android 11 versi developer tersebut, anda bisa baca selengkapnya di artikel ini.

    5 Macam Fitur yang Diusung Sistem Operasi Android 11 Versi Developer

    Meskipun masih dalam versi developer, namun ada kemungkinan beberapa fitur baru di OS Android 11 versi developer akan bisa dinikmati di OS Android 11 versi stable nanti.

    fitur os android 11 versi developer » Ini Fitur Menarik yang Disematkan pada OS Android 11 Versi Developer

    Lalu apa saja fitur-fitur menarik yang ada di dalam OS Android 11 versi developer tersebut? Berikut ini adalah beberapa fiturnya:

    1. Native screen recording

    Native screen recording adalah fitur pertama yang langsung memikat banyak developer yang diberikan kesempatan untuk mencicipi OS Android 11 versi developer.

    Dengan adanya fitur tersebut, pengguna sudah tidak perlu lagi memasang aplikasi pihak ketiga jika mau merekam semua hal yang ditampilkan di layar smartphone Android.

    Selain bisa lebih menghemat ruang penyimpanan, adanya fitur native screen recording ini nanti juga pasti akan mengurangi beban chipset smartphone selama proses merekam layar.

    Kenapa? Karena native screen recording jelas jauh lebih optimal dijalankan di dalam sistem operasi Android 11 dibandingkan dengan aplikasi pihak ketiga. Pasalnya, fitur tersebut tertanam langsung di dalam sistem operasinya.

    1. Scrolling screenshot

    Cukup banyak pengguna smartphone Android yang sering melakukan screenshot panjang. Selama ini, pengguna memang memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk bisa melakukan screenshot panjang tersebut.

    Namun terlihat dengan jelas bahwa Google berusaha untuk menghadirkan fitur scrolling screenshot di dalam sistem operasi Android 11 nanti.

    Dengan adanya fitur scrolling screenshot tersebut, pengguna smartphone Android jelas tidak lagi membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk bisa membuat screenshot halaman yang panjang secara utuh.

    1. Airplane mode tidak berhubungan dengan Bluetooth

    Selain fitur native screen recording dan juga scrolling screenshot, Google juga membenahi satu fitur yang memang sejak dulu terlihat cukup aneh.

    Fitur yang dibenahi pada sistem operasi Android 11 versi developer adalah fitur airplane mode dengan Bluetooth. Kedua fitur tersebut tidak akan berhubungan.

    Jadi ketika pengguna smartphone mengaktifkan fitur airplane mode, koneksi Bluetooth tidak akan terkena efek apapun. Dengan begitu,

    1. Peningkatan pada dark mode

    Bukan hanya airplane mode saja yang dibenahi, pada sistem operasi Android 11 versi developer juga mengalami peningkatan pada dark mode.

    Di sistem operasi Android 11 versi developer, fitur dark mode akan jauh lebih mudah dikustomisasi oleh pengguna.

    Menurut kabarnya, fitur dark mode di sistem operasi Android 11 versi developer bisa diaktifkan dan dinonaktifkan berdasarkan jam yang ditentukan oleh pengguna. Hal ini serupa dengan fitur do not disturb yang juga sudah bisa dinikmati di sistem operasi Android.

    1. Scoped storage

    Bukan hanya fitur untuk meningkatkan kenyamanan pengguna saja yang akan ada di sistem operasi Android 11 versi developer. Google juga menghadirkan fitur tambahan yang bisa membantu meningkatkan keamanan data pengguna. Fitur tersebut adalah scoped storage.

    Dengan adanya fitur scoped storage tersebut, aplikasi yang terpasang di dalam smartphone Android 11 hanya bisa mengakses file-file tertentu saja. Dengan begitu, maka data personal pengguna smartphone akan jauh lebih aman.

    Namun untuk bisa mengimplementasikan fitur ini, banyak developer aplikasi yang memang harus melakukan pembaruan pada sistem aplikasinya agar bisa berjalan secara optimal di sistem operasi Android 11 nanti.

    Bagaimana? Dari 5 macam fitur yang akan ada di sistem operasi Android 11 versi developer tersebut, manakah fitur yang paling anda sukai?