Ini Fungsi dan Cara Menggunakan Safe Mode di Smartphone Android

0
4
views

Sistem Android yang paling banyak digunakan di smartphone masa kini itu memang bisa dikatakan sebagai sistem operasi perangkat mobile yang punya banyak fitur menarik.

Salah satu fitur yang cukup menarik yang bisa digunakan di dalam smartphone Android adalah fitur safe mode.

Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui apa itu fitur safe mode. Dan bahkan tidak banyak juga yang mengetahui apa saja fungsi dari fitur safe mode di dalam smartphone Android tersebut.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah mengetahui tentang apa itu fitur safe mode di dalam smartphone Android? Jika anda belum mengetahui tentang hal tersebut, anda bisa pelajari mengenai fitur safe mode smartphone Android tersebut di dalam artikel ini.

3 Fungsi Penting Fitur Safe Mode di Smartphone Android

safe mode smartphone android » Ini Fungsi dan Cara Menggunakan Safe Mode di Smartphone Android

Seperti yang sudah sekilas disebutkan di awal, fitur safe mode memang banyak sekali fungsinya. Berikut ini adalah beberapa fungsi penting dari fitur safe mode di smartphone Android:

  1. Memudahkan dalam menentukan apakah smartphone Android mengalami kerusakan pada sistem atau pada hardware

Fungsi pertama dari fitur safe mode di smartphone Android adalah bisa digunakan untuk menentukan kerusakan.

Jika smartphone Android mengalami malfungsi, maka anda hanya perlu masuk kedalam safe mode untuk mengetahui apakah malfungsi tersebut disebabkan karena sistem atau karena hardware.

Pasalnya, ketika smartphone Android sudah masuk kedalam safe mode, maka mayoritas fitur yang ada di dalam sistemnya akan berhenti bekerja. Jika dalam kondisi safe mode masih ditemukan malfungsi, maka itu artinya yang mengalami kerusakan adalah hardware dari smartphone Android.

  1. Memudahkan pengguna smartphone Android untuk mendeteksi aplikasi pihak ketiga yang membuat sistem sering mengalami crash

Karena banyaknya jenis aplikasi yang bisa digunakan di smartphone Android, maka tidak heran jika smartphone Android menjadi mudah mengalami crash, terutama setelah dipasangi aplikasi pihak ketiga.

Jika hal tersebut terjadi, anda tidak perlu bingung lagi. Pasalnya, anda hanya perlu masuk kedalam safe mode untuk menemukan aplikasi pihak ketiga mana yang membuat smartphone Android yang anda miliki mengalami crash.

  1. Membantu mengatasi masalah smartphone Android yang susah booting

Safe mode pada sistem operasi Android juga bisa membantu mengatasi masalah gagal booting pada smartphone Android.

Jika smartphone masih bisa mengakses safe mode, maka kemungkinan besar smartphone Android yang susah booting masih bisa diselamatkan. Pasalnya, itu berarti kerusakan memang bukan pada hardware namun pada bagian sistem operasinya saja.

Cara Mengakses Fitur Safe Mode di Smartphone Android

Meskipun sudah mengetahui apa fungsi dari fitur safe mode di smartphone Android, masih banyak orang yang belum tau bagaimana cara menggunakan fitur tersebut.

Pasalnya, memang tidak begitu dijelaskan mengenai bagaimana caranya mengakses fitur safe mode dari smartphone Android.

Namun sebenarnya, cara untuk mengakses fitur safe mode di smartphone Android itu tidak sesulit yang anda bayangkan. Bagi anda yang mau tau bagaimana caranya mengakses fitur safe mode di smartphone Android, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama, tekan dan tahan tombol power seperti ketika anda mau mematikan smartphone Android.
  2. Setelah itu, tekan dan tahan menu power off yang muncul di layar smartphone Android. Tahan menu power off tersebut selama kurang lebih 1 sampai 2 detik.
  3. Jika benar, maka akan muncul menu safe mode di bagian layar. Setelah itu, tekan menu safe mode dan tekan OK.
  4. Selanjutnya, anda hanya perlu menunggu smartphone Android yang anda miliki reboot atau restart.

Jika anda sudah mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, seharusnya setelah reboot ataupun restart, smartphone Android akan booting dan masuk kedalam menu utama. Jika berhasil, anda bisa melihat tulisan safe mode di pojok kanan atau kiri bawah layar smartphone anda.

Selain itu, ciri-cirinya jika anda sudah berhasil masuk kedalam safe mode smartphone Android adalah semua icon aplikasi pihak ketiga yang terpasang di dalamnya akan berubah warna menjadi abu-abu.

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara untuk mengakses safe mode di smartphone Android itu? Jika nanti smartphone Android yang anda miliki mengalami malfungsi, coba cek terlebih dahulu ya dengan masuk kedalam safe mode.