Ini Keunggulan dan Kerugian Teknologi Wireless Charging yang Disematkan pada Smartphone Masa Kini

    0
    5
    views

    Kalau bicara soal teknologi, smartphone masa kini memang bisa dikatakan dibekali dengan cukup banyak teknologi baru. Selain banyak smartphone yang mendukung teknologi jaringan 5G, saat ini juga sudah mulai banyak yang mendukung teknologi pengisian daya nirkabel atau lebih dikenal dengan sebutan wireless charging.

    Secara sekilas, memang ada banyak sekali keunggulan yang dimiliki sebuah smartphone yang sudah didukung dengan teknologi wireless charging tersebut. Namun ternyata selain punya banyak keunggulan, smartphone yang dilengkapi dengan teknologi wireless charging juga memiliki beberapa kerugian.

    Lalu apa saja keunggulan serta kerugian sebuah smartphone yang sudah dilengkapi dengan teknologi wireless charging tersebut? Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

    4 Keunggulan Smartphone Masa Kini yang Sudah Dilengkapi Dengan Teknologi Wireless Charging

    Seperti yang sudah disebutkan, memang ada cukup banyak keunggulan yang bisa dirasakan ketika anda memiliki smartphone yang sudah mendukung teknologi wireless charging.

    keunggula kerugian fitur wireless charging pada smartphone » Ini Keunggulan dan Kerugian Teknologi Wireless Charging yang Disematkan pada Smartphone Masa Kini

    Berikut ini merupakan beberapa keunggulan smartphone yang sudah dilengkapi dengan teknologi wireless charging:

    1. Bisa melakukan pengisian daya baterai secara bersamaan

    Keunggulan pertama dari teknologi wireless charging adalah anda bisa melakukan pengisian daya baterai dari beberapa smartphone hanya menggunakan 1 perangkat pengisian daya baterai nirkabel saja.

    Selama smartphone memiliki fitur wireless charging dan daya pengisian baterai yang sama, anda bisa melakukan pengisian 2 smartphone tersebut secara bersamaan.

    1. Pengisian baterai smartphone menggunakan wireless charging lebih praktis

    Selain bisa melakukan pengisian lebih dari satu baterai smartphone secara bersamaan, smartphone yang sudah dilengkapi dengan teknologi wireless charging juga membuat proses pengisian daya baterainya jauh lebih praktis.

    Kenapa? Karena anda sudah tidak perlu repot-repot lagi menghubungkan charger dengan port yang ada di dalam smartphone. Yang perlu anda lakukan hanyalah meletakkan smartphone di atas charging pad saja untuk melakukan pengisian daya baterainya.

    1. Tidak perlu khawatir dengan masalah kerusakan pada port charging

    Karena sudah tidak perlu menghubungkan charger dengan port di dalam smartphone, secara otomatis andapun sudah tidak perlu lagi khawatir dengan adanya kerusakan pada port charging smartphone.

    Pasalnya, selama ini memang port charging menjadi komponen yang cukup sering mengalami kerusakan di dalam sebuah smartphone. Hal tersebut disebabkan karena terlalu seringnya port dihubungkan dengan charger.

    1. Mengurangi kemungkinan over charged

    Keunggulan terakhir dari teknologi wireless charging yang saat ini dimiliki di hampir semua flagship smartphone adalah bisa mengurangi kemungkinan adanya over charged.

    Jadi dengan adanya teknologi wireless charging ini, andapun bisa lebih aman melakukan pengisian daya baterai smartphone. Dan bahkan wireless charging ini juga dikatakan jauh lebih aman digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone selama semalaman penuh.

    3 Kerugian Menggunakan Wireless Charging Untuk Melakukan Pengisian Daya Baterai Smartphone

    Seperti yang sudah disebutkan, meskipun punya beberapa keunggulan, melakukan pengisian daya baterai smartphone menggunakan teknologi wireless charging itu juga masih ada beberapa kerugiannya.

    Berikut ini adalah beberapa kerugian melakukan pengisian daya baterai smartphone menggunakan teknologi wireless charging:

    1. Jauh lebih boros listrik

    Jika dibandingkan dengan teknologi wire charging, proses pengisian baterai smartphone menggunakan teknologi wireless charging itu memang dikatakan lebih boros listrik.

    Hal tersebut disebabkan karena teknologi wireless charging memang masih dalam tahap penyempurnaan. Jadi meskipun sudah bisa digunakan secara aman, proses pengisian daya baterai smartphone menggunakan teknologi wireless charging masih belum efisien.

    1. Proses pengisian daya baterai smartphone butuh waktu lebih lama

    Meskipun lebih boros listrik, pengisian daya baterai smartphone menggunakan teknologi wireless charging justru membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan wire charging.

    Kenapa? Karena memang sampai saat ini fitur fast charging untuk nirkabel ini masih lebih rendah jika dibandingkan dengan fitur fast charging menggunakan charger berkabel.

    Oleh sebab itu, proses pengisian daya baterai smartphone menggunakan teknologi wireless charging butuh waktu lebih lama.

    1. Smartphone benar-benar tidak bisa digunakan selama pengisian daya baterai

    Kerugian terakhir dari melakukan pengisian daya baterai smartphone menggunakan teknologi wireless charging adalah smartphone benar-benar tidak bisa digunakan selama pengisian daya baterai.

    Kenapa? Karena untuk bisa melakukan pengisian daya baterai menggunakan wireless charger, smartphone harus benar-benar menempel dengan charger pad.

    Hal ini jelas sangat merugikan terutama bagi anda yang cukup sering tetap menggunakan smartphone ketika dalam kondisi pengisian daya baterai.

    Setelah mengetahui baik keunggulan serta kerugian dari wireless charging, apakah anda masih memilih melakukan pengisian daya baterai smartphone menggunakan teknologi tersebut?