Ini Keuntungan Melakukan Tweaking Pada Smartphone Android Anda

0
32
views

Smartphone Android memang punya kelebihan dalam hal aksesibilitasnya. Bisa dikatakan penggunanya benar-benar diberikan kebebasan untuk memodifikasi sistem Android yang ada di dalam smartphone.

Sayangnya, kebanyakan pengguna smartphone Android itu hanya mengenal istilah root saja. Padahal, root bukanlah satu-satunya cara untuk memodifikasi sistem smartphone Android.

Selain root, pengguna smartphone Android sebenarnya juga bisa melakukan tweaking. Sama halnya seperti melakukan root, pengguna yang melakukan tweaking pada smartphone Androidnya bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan daripada pengguna yang menggunakan smartphone Android bawaan pabrik.

Lalu sebenarnya apa saja keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengguna yang melakukan tweaking pada smartphone Androidnya? Bagi anda yang mau tau apa saja keuntungan melakukan tweaking pada smartphone Android, anda bisa baca penjabarannya di dalam artikel ini.

Perbedaan Tweaking Dengan Rooting Pada Smartphone Android

Sebelum membahas mengenai apa saja keuntungan melakukan tweaking pada smartphone Android, ada baiknya anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai apa bedanya tweaking dengan rooting pada smartphone Android.

Secara garis besarnya, memang tweaking ini bisa dimasukkan kedalam proses rooting. Namun khusus untuk smartphone Android, pengguna bisa melakukan tweaking tanpa harus melakukan root pada perangkatnya.

keuntungan tweaking smartphone android » Ini Keuntungan Melakukan Tweaking Pada Smartphone Android Anda

Namun memang, smartphone Android yang masih belum diroot akan memiliki opsi tweaking yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan smartphone Android yang sistem operasinya sudah diroot.

Hanya saja, sebenarnya proses tweaking pada smartphone Android yang belum diroot sekalipun sudah bisa memberikan keuntungan yang cukup banyak untuk pengguna.

Ini 4 Keuntungan Melakukan Tweaking Pada Smartphone Android

Seperti yang sudah disebutkan, pengguna smartphone Android memang bisa mendapatkan banyak keuntungan ketika melakukan tweaking. Berikut ini adalah beberapa keuntungan melakukan tweaking pada smartphone Android:

  1. Merubah interface smartphone Android

Keuntungan pertama melakukan tweaking pada smartphone Android adalah anda bisa menggunakan berbagai macam interface pada smartphone Android anda.

Dengan bisa menggunakan berbagai macam interface, sudah pasti smartphone Android yang anda miliki akan terlihat berbeda dan unik dari milik orang lain.

Selain itu, dengan bisa memilih dan merubah interface smartphone Android, maka andapun bisa membuat interface yang senyaman mungkin sesuai dengan yang anda butuhkan.

  1. Meningkatkan sedikit performa smartphone Android

Selain bisa memberikan akses untuk merubah interface sesuka hati, proses tweaking smartphone Android juga bisa membuat performa smartphone Android meningkat.

Namun memang, peningkatan performa smartphone Android ini tidak begitu besar terutama jika anda melakukan proses tweaking tanpa melakukan root pada smartphone Android.

Jika anda mau merasakan peningkatan performa smartphone Android yang lebih besar lagi dari proses tweaking, anda memang disarankan untuk melakukan root sistem terlebih dahulu.

Kenapa? Karena anda bisa mendapatkan lebih banyak opsi tweaking performance ketika sudah mendapatkan akses sebagai super user di dalam sistem Android smartphone anda.

  1. Meningkatkan daya tahan baterai

Meskipun memang tidak bisa maksimal dalam memberikan peningkatan performa, setidaknya proses tweaking di smartphone Android yang tidak diroot masih bisa memberikan keuntungan lain seperti meningkatkan daya tahan baterai.

Hal ini bisa dilakukan dengan menurunkan performa CPU serta GPU di dalam smartphone anda melalui proses tweaking. Dengan diturunkannya performa CPU dan juga GPU, secara otomatis konsumsi daya baterai smartphone Android andapun akan lebih awet.

Dan bukan hanya itu, proses tweaking satu ini juga sedikit banyak dapat memperpanjang usia pakai smartphone Android anda.

Kenapa? Karena komponen smartphone Android yang anda miliki selalu berjalan dibawah kemampuan wajarnya.

  1. Menghidupkan fitur tersembunyi di dalam smartphone Android

Yang terakhir, keuntungan melakukan tweaking pada smartphone Android adalah anda juga bisa menghidupkan berbagai fitur yang selama ini memang tidak pernah dihidupkan oleh vendor karena alasan tertentu.

Salah satu contoh fitur yang bisa anda hidupkan ketika melakukan tweaking pada smartphone Android adalah fitur OIS ataupun EIS pada kamera smartphone.

Terkadang, smartphone Android yang anda miliki sebenarnya sudah dilengkapi dengan fitur OIS maupun EIS. Namun sayangnya, vendor mematikan fitur tersebut. Anda bisa menghidupkan fitur tersebut dengan mudah melalui proses tweaking.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mencoba tweaking smartphone Android anda? Kira-kira apa yang mau anda lakukan jika anda bisa melakukan tweaking pada smartphone Android yang anda miliki?