Ini Macam Merek Chipset yang sering Digunakan pada Smartphone Zaman Sekarang

    0
    55
    views

    Selama ini memang yang dibahas kebanyakan orang hanyalah masalah merek smartphone saja. Selain mereknya, hampir semua orang yang mau membeli smartphone sekarang juga mulai paham soal chipset dan juga fitur kamera.

    Untuk masalah chipset, sebenarnya ada banyak sekali merek chipset yang digunakan di smartphone masa kini. Hanya saja, mayoritas pengguna smartphone hanya tau 2 macam chipset saja yaitu Helio dan juga Snapdragon.

    Lalu sebenarnya apa saja merek-merek chipset yang selama ini cukup sering digunakan di smartphone masa kini? Apa saja kelebihan dari masing-masing merek chipset tersebut?

    Bagi anda yang memang ingin tau apa saja merek-merek chipset yang digunakan di dalam smartphone masa kini dan sekaligus kelebihannya, anda bisa baca informasinya di dalam artikel ini.

    Ini 6 Merek Chipset yang Cukup Sering Digunakan di Smartphone Masa Kini

    Kalau bicara soal chipset, kebanyakan orang memang hanya memikirkan masalah CPU apa yang ada di dalam chipset tersebut dan berbagai teknologi lain.

    Belum banyak yang memperhatikan tentang apa saja merek chipset yang digunakan di sebuah smartphone. Padahal, chipset yang digunakan di smartphone masa kini itu ada banyak mereknya.

    ragam merek chipset smartphone » Ini Macam Merek Chipset yang sering Digunakan pada Smartphone Zaman Sekarang

    Diambil dari yang paling sering digunakan saja, ada 6 macam merek chipset yang digunakan smartphone masa kini. Berikut ini adalah 6 macam merek chipset smartphone tersebut:

    1. Qualcomm

    Qualcomm adalah merek chipset smartphone yang bisa dikatakan sangat populer. Chipset besutan Qualcomm ini adalah yang memiliki nama Snapdragon.

    Chipset Qualcomm ini biasanya paling sering digunakan pada smartphone kelas mid range hingga flagship. Dan beberapa tahun ini, chipset Qualcomm juga mulai sering digunakan pada kelas smartphone baru yaitu smartphone gaming.

    Kelebihan chipset Qualcomm adalah teknologinya yang bisa dikatakan lebih maju dari merek chipset lainnya. Selain itu, chipset Qualcomm memang lebih tahan banting ketika digunakan untuk urusan gaming.

    1. Mediatek

    Setelah Qualcomm ada Mediatek yang juga jadi chipset smartphone yang cukup banyak digunakan di masa kini.

    Chipset besutan Mediatek ini memiliki kode Helio. Chipset ini bisa dikatakan pesaing berat dari chipset besutan Qualcomm.

    Mediatek awalnya lebih sering digunakan di smartphone low end. Namun beberapa tahun ini, mulai banyak smartphone high end yang mulai menggunakan chipset Mediatek.

    Jika dibandingkan dengan Qualcomm, kelebihan chipset besutan Mediatek ini adalah harganya yang lebih murah dan bisa memberikan performa yang tidak kalah jauh dari chipset Qualcomm.

    1. Hisilicon Kirin

    Selain Qualcomm dan juga Mediatek, ada juga chipset Hisilicon Kirin. Chipset ini memang merupakan jenis chipset smartphone ekslusif.

    Pasalnya, Hisilicon Kirin ini hanya digunakan pada smartphone yang berada di bawah naungan brand Huawei saja. Hisilicon Kirin ini adalah chipset yang dirancang dan juga diproduksi sendiri oleh Huawei.

    Selain ekslusif, kelebihan dari chipset Hisilicon Kirin ini sebenarnya memiliki performa yang tidak kalah luar biasanya dibandingkan dengan chipset besutan Qualcomm.

    1. Exynos

    Sama halnya seperti Hisilicon Kirin, Exynos juga merupakan merek chipset smartphone yang masuk kedalam jenis ekslusif.

    Exynos ini adalah chipset yang dirancang dan juga diproduksi oleh Samsung. Chipset merek Exynos inipun hanya digunakan pada smartphone Samsung saja.

    Jika dibandingkan dengan chipset merek lainnya, Exynos ini punya kelebihan di teknologi kameranya. Pasalnya, Samsung sendiri memang juga menjadi salah satu produsen sensor kamera smartphone. Jadi tidak heran jika chipset besutannya juga memiliki kelebihan dari sisi kameranya.

    1. Apple Bionic

    Dari namanya, sudah bisa diketahui bahwa merek chipset yang kelima ini juga masuk kategori chipset smartphone ekslusif.

    Apple Bionic adalah chipset yang juga dirancang secara khusus oleh Apple untuk digunakan pada IPhone. Hanya saja, chipset Apple Bionic ini tidak diproduksi secara langsung oleh Apple.

    Salah satu kelebihan dari Apple Bionic ini adalah performanya yang maksimal dan juga stabil. Oleh sebab itu, IPhone bisa memiliki performa yang lebih diatas rata-rata smartphone Android.

    1. Unisoc

    Merek smartphone yang sering digunakan di smartphone masa kini terakhir ini memang kurang begitu dikenal.

    Kenapa? Karena smartphone yang menggunakan chipset merek Unisoc ini memang biasanya tidak akan memberikan informasi detail mengenai chipset apa yang ditanamkan di dalam smartphonenya.

    Unisoc ini adalah merek smartphone yang paling sering digunakan di kelas entry level. Karena hanya digunakan di smartphone entry level, sudah pasti chipset merek Unisoc ini tidak bisa begitu dibanggakan dari segi performa maupun kualitasnya.

    Yang pasti, harga jual chipset merek Unisoc ini adalah yang paling murah dari 5 merek chipset lainnya.

    Sudah pahamkan sekarang bahwa chipset yang dibenamkan di dalam smartphone sendiri itu ada banyak mereknya? Kalau smartphone yang saat ini anda gunakan memiliki chipset merek apa?