Ini Macam Touch Gesture yang Sudah Bisa Digunakan di iPhone dengan IOS 13

0
5
views

iPhone selama ini memang dikenal memiliki satu fitur unik yang disebut dengan 3D touch. Namun akhirnya fitur 3D touch tersebut benar-benar dilenyapkan pada generasi IPhone 11.

Dengan lenyapnya fitur 3D touch dari IPhone tersebut, Apple menggantikannya dengan fitur baru yang disebut dengan touch gesture. Touch gesture ini juga merupakan fitur yang dibuat untuk mendukung generasi IPhone yang sudah tidak lagi menghadirkan tombol home. Fitur touch gesture tersebut bisa digunakan di semua IPhone yang sudah menjalankan IOS versi 13.

Lalu seperti apa cara mengoperasikan fitur touch gesture yang bisa ditemukan di IOS 13 tersebut? Bagi anda yang mau tau macam-macam fitur touch gesture di IOS 13, anda bisa baca hal tersebut di dalam artikel ini.

5 Macam Fitur Touch Gesture yang Paling Sering Digunakan di IPhone Dengan IOS 13

Seperti yang sudah disebutkan, semenjak meluncurkan IPhone generasi 11, Apple juga sekaligus meluncurkan IOS versi 13 yang sudah dilengkapi dengan fitur touch gesture.

fitur touch gesture iphone ios 13 » Ini Macam Touch Gesture yang Sudah Bisa Digunakan di iPhone dengan IOS 13

Fitur touch gesture di dalam IOS 13 sendiri memiliki banyak kegunaan. Dari sekian banyak fungsi dari fitur touch gesture, berikut ini adalah beberapa fungsinya yang paling sering digunakan:

  1. Kembali ke menu home

Fungsi touch gesture pertama yang wajib diketahui oleh anda yang mau menggunakan IPhone dengan IOS 13 adalah fungsi kembali ke menu home.

Fungsi touch gesture satu ini paling penting untuk anda ketahui terutama ketika IPhone yang anda gunakan sudah tidak dilengkapi dengan tombol home di bagian bawah.

Untuk bisa kembali ke menu home di IPhone yang tidak dilengkapi dengan tombol home dan sudah menggunakan IOS 13, anda hanya perlu melakukan swipe layar dari bawah menuju ke bagian atas layar.

Dengan melakukan swipe up di layar, maka secara otomatis anda akan dibawa kembali ke menu home.

  1. Menghidupkan layar IPhone yang mati

Setelah fungsi kembali ke menu home, fungsi touch gesture berikutnya yang juga perlu anda ketahui adalah menghidupkan layar IPhone yang mati tanpa menggunakan tombol apapun.

Untuk menghidupkan layar IPhone yang mati, anda bisa melakukan tap saja di bagian layar. Dengan melakukan tap satu kali di bagian layar, secara otomatis layar IPhone yang sudah menggunakan IOS 13 akan hidup dan bisa langsung digunakan.

  1. Multitasking dengan menggunakan beberapa aplikasi sekaligus

Seperti halnya smartphone Android, IPhone juga sudah dilengkapi dengan fitur multitasking.

Anda bisa berganti dari satu aplikasi ke aplikasi lain tanpa harus menutup aplikasi sebelumnya. Cara untuk bisa beralih dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain di IPhone yang sudah menggunakan IOS 13 adalah dengan melakukan swipe dari kiri ke kanan atau sebaliknya di pojok bawah layar.

Dengan melakukan swipe ke kiri ataupun ke kanan, anda bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang belum anda tutup sebelumnya.

  1. Melihat aplikasi yang masih berjalan

Jika anda cukup sering menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan di IPhone, maka anda juga harus paham bagaimana caranya melihat aplikasi yang masih berjalan di belakang layar IPhone anda.

Cara untuk mengetahui aplikasi apa saja yang masih aktif di dalam IPhone anda adalah dengan melakukan swipe up dari ujung bawah layar ke atas sambil jari terus menyentuh layar.

Ketika melakukan swipe up di ujung bawah layar dan jari terus menempel di layar, secara otomatis app card akan muncul. Semua aplikasi yang ada di dalam app card tersebut adalah aplikasi yang masih berjalan saat ini di IPhone anda.

  1. Undo dan redo

Fungsi touch gesture terakhir yang kemungkinan besar akan sering anda gunakan di IPhone dengan IOS 13 adalah fungsi undo dan juga redo.

Untuk melakukan undo, anda hanya perlu melakukan swipe layar menggunakan 3 jari kearah kiri. Sedangkan untuk melakukan redo, lakukan swipe layar menggunakan 3 jari kearah kanan.

Bagaimana? Sudah cukup paham bukan mengenai fitur touch screen di IPhone dengan IOS 13? Jika dibandingkan dengan fitur 3D touch sebelumnya, apakah fitur touch gesture di IPhone dengan IOS 13 ini jauh lebih efektif?