Ini Perbedaan Antara Smartphone Tahan Banting Dengan Smartphone Biasa

0
6
views

Jika diperhatikan, smartphone yang dijual di pasaran itu terdiri dari beberapa kelas. Ada smartphone entry level yang memiliki spesifikasi serba terbatas dan dijual dengan harga super murah, ada juga smartphone flagship yang dilengkapi dengan fitur terbaru serta eksterior mewah.

Namun selain itu semua, masih ada satu lagi kelas smartphone yang memang cukup jarang diperbincangkan. Kelas smartphone yang jarang diperbincangkan tersebut adalah smartphone tahan banting.

Salah satu alasan kenapa smartphone tahan banting jarang dibicarakan adalah karena segmen pasarnya memang berbeda dengan smartphone pada umumnya (entry level, mid level, dan flagship).

Lalu sebenarnya apa saja yang membedakan antara smartphone tahan banting dengan smartphone biasa atau smartphone standard itu? Bagi anda yang mau tau jawabannya, anda bisa baca penjelasannya di artikel ini.

Ini 5 Hal yang Membedakan Smartphone Tahan Banting Dengan Smartphone Biasa

Memang ada banyak sekali hal yang membedakan antara smartphone tahan banting dengan smartphone biasa (entry level, mid level, dan juga flagship).

beda smartphone tahan banting dengan smartphone biasa » Ini Perbedaan Antara Smartphone Tahan Banting Dengan Smartphone Biasa

Berikut ini adalah beberapa hal yang paling jelas membedakan antara smartphone tahan banting dengan smartphone biasa tersebut:

  1. Desain eksteriornya

Hal pertama yang bisa langsung membedakan antara smartphone biasa dengan smartphone tahan banting adalah pada desain eksteriornya.

Smartphone yang masuk kategori biasa (entry level, mid level, dan flagship) itu memiliki desain eksterior yang cukup umum. Desain eksterior smartphone biasa itu cenderung lebih mementingkan estetika saja.

Sedangkan untuk smartphone tahan banting, desain eksteriornya lebih fokus mementingkan ketahanan smartphone, terutama ketika terjatuh.

Oleh sebab itu, biasanya sekeliling bodi smartphone tahan banting itu pasti dilapisi dengan bahan karet.

Dan bukan hanya itu, smartphone tahan banting hampir selalu memiliki sudut yang tumpul untuk mengurangi kerusakan ketika smartphone secara tidak sengaja terjatuh.

  1. Sertifikasi yang dikantongi

Selain berbeda dari segi desain eksteriornya, smartphone biasa dan juga smartphone tahan banting itu biasanya juga berbeda dari sertifikasi yang sudah dikantonginya.

Sebuah smartphone tahan banting biasanya sudah mengantongi beberapa macam sertifikasi. Sedangkan smartphone biasa cenderung tidak memiliki sertifikasi apapun.

Pada umumnya, smartphone tahan banting selalu memiliki sertifikasi seperti IP68 yang memastikan bahwa smartphone benar-benar tahan air dan juga debu.

Selain itu, smartphone tahan banting juga biasanya mengantongi sertifikasi MIL STD 810G. Sertifikasi tersebut hanya bisa didapatkan smartphone yang sudah berhasil melewati pengujian ketahanan tingkat militer.

Sebuah smartphone yang sudah mengantongi sertifikasi MIL STD 810G tersebut sudah dipastikan mampu bertahan dari siksaan terberat yang hampir tidak mungkin bisa dilewati smartphone biasa.

  1. Spesifikasi yang jauh lebih mementingkan efisiensi daripada performa

Karena dibuat untuk segmen market yang suka berpetualang atau bekerja di luar ruangan, sudah pasti bukan hanya desain eksterior saja yang perlu diperhatikan.

Mayoritas smartphone tahan banting juga memiliki spesifikasi yang bisa dikatakan berbeda jauh jika dibandingkan dengan smartphone biasa.

Kenapa? Karena smartphone tahan banting biasanya lebih mementingkan efisiensi dibandingkan dengan performa. Oleh sebab itu, spesifikasi smartphone tahan banting itu biasanya tidak terlalu tinggi.

Hal tersebut dilakukan agar komponen inti yang dibenamkan di dalam smartphone tahan banting tidak membutuhkan konsumsi daya yang terlalu besar namun tetap masih cukup bisa diandalkan untuk menjalankan beberapa aplikasi penting secara lancar.

  1. Dilengkapi dengan baterai yang kapasitasnya jauh melebihi smartphone umum

Sebagai dampak dari spesifikasinya yang cenderung lebih efisien, mayoritas smartphone tahan banting juga biasa memiliki baterai yang kapasitasnya melebihi kapasitas baterai smartphone umum.

Hal ini dilakukan untuk memastikan smartphone tahan banting bisa digunakan selama beberapa hari lebih lama dari smartphone biasa hanya dalam satu kali pengisian daya saja.

  1. Dilengkapi dengan fitur navigasi super lengkap

Yang terakhir, smartphone umum juga berbeda dari smartphone tahan banting jika dilihat dari fitur navigasinya.

Smartphone tahan banting mayoritas memang dilengkapi dengan fitur navigasi yang super lengkap. Hal tersebut disebabkan karena mayoritas pengguna smartphone tahan banting ini lebih sering berada di luar ruangan sehingga cenderung lebih membutuhkan fitur navigasi.

Sekarang sudah cukup paham bukan perbedaan antara smartphone tahan banting dengan smartphone biasa? Dari 5 perbedaannya tersebut, mana perbedaan yang paling anda sukai antara smartphone tahan banting dengan smartphone biasa?