Jual Smartphone Lama? Lakukan Hal Ini Dulu Sebelum Melegonya

0
37
views

Karena begitu cepat perkembangan teknologi yang dibawa smartphone masa kini, secara otomatis rotasi pergantian smartphone juga akan semakin cepat.

Oleh sebab itu, tidak heran jika saat ini ada banyak sekali pengguna smartphone yang sering menjual smartphone lamanya terlebih dahulu sebelum membeli seri smartphone baru.

Namun sayangnya, masih banyak pengguna yang belum tau bahwa sebenarnya ada banyak hal yang harus dilakukan sebelum menjual smartphone lama.

Bagi anda yang mau menjual smartphone lama yang anda miliki, mungkin anda perlu mempelajari terlebih dahulu sebenarnya apa saja yang perlu anda lakukan sebelum menawarkannya di counter HP ataupun langsung ke pengguna lain di dalam artikel ini.

Ini 5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Menjual Smartphone Lama

Sebelum membahas apa saja yang perlu anda lakukan sebelum menjual smartphone lama yang anda miliki, mungkin anda perlu tau terlebih dahulu kenapa anda harus repot-repot melakukan banyak hal sebelum menjual smartphone lama yang anda miliki.

hal yang wajib dilakukan sebelum menjual smartphone lama » Jual Smartphone Lama? Lakukan Hal Ini Dulu Sebelum Melegonya

Dengan melakukan beberapa hal sebelum menjual smartphone lama yang anda miliki, sebenarnya anda bisa mendapatkan banyak manfaat seperti data-data yang ada di dalam smartphone lama anda benar-benar aman. Dan selain itu, harga jual smartphone lama yang anda miliki kemungkinan bisa lebih tinggi.

Lalu apa saja yang perlu anda lakukan agar bisa merasakan 2 manfaat tersebut sebelum menjual smartphone lama anda? Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib anda lakukan sebelum menjual smartphone lama:

  1. Pastikan untuk mengeluarkan microSD

Hal pertama yang wajib anda lakukan sebelum menjual smartphone lama yang anda miliki adalah mengeluarkan microSDnya dari slot.

Banyak sekali orang yang lupa mengeluarkan microSD dari dalam smartphone sebelum dijual. Padahal, pasti ada banyak sekali data penting yang tersimpan di dalam microSD tersebut.

Dan lagi, microSD yang dipasang di smartphone lama sebenarnya masih bisa dipasang di smartphone baru nanti.

  1. Hapus akun yang tersinkron di dalam smartphone

Setelah memastikan microSD yang terpasang di dalam smartphone sudah dilepas, hal selanjutnya yang perlu anda lakukan sebelum menjual smartphone lama anda adalah menghapus terlebih dahulu akun yang tersinkron di dalam smartphone lama anda.

Beberapa contoh akun yang biasanya tersinkron di dalam smartphone adalah seperti akun Facebook, akun Instagram, akun Google, dan juga akun Apple (untuk pengguna IPhone).

Selain bisa mencegah orang lain mengakses akun-akun yang anda miliki, menghapus akun yang tersinkron di dalam smartphone sebelum menjualnya juga membuat smartphone benar-benar sudah dalam kondisi siap untuk dijual ke orang lain.

  1. Lakukan back up data dari memori internal

Selain menghapus akun yang tersinkron di dalam smartphone, anda juga diwajibkan untuk melakukan back up data yang tersimpan di dalam memori internal smartphone sebelum menjualnya.

Beberapa jenis data yang sebaiknya di back up adalah seperti foto, video, dan mungkin juga catatan penting yang tersimpan di dalam smartphone.

Selain itu, pastikan juga untuk tidak lupa melakukan back up data kontak jika anda belum mengaktifkan sinkronisasi data kontak melalui alamat email.

  1. Lakukan factory reset untuk refresh OS smartphone

Jika anda sudah menghapus akun yang tersinkron di dalam smartphone, maka anda juga bisa melakukan factory reset sebelum menjual smartphone yang anda miliki.

Melakukan factory reset tidak hanya memastikan data-data penting yang tersimpan di dalam smartphone anda dihapus secara permanen. Namun melakukan factory reset pada smartphone juga membuat sistem operasinya kembali normal seperti pertama kali dibeli.

Dengan begitu, maka performa smartphone lama anda akan terasa seperti saat pertama kali dibeli.

  1. Bersihkan fisik smartphone sebelum dijual

Jika data sudah di back up dan smartphone sudah direset, selanjutnya yang harus anda lakukan sebelum menjual smartphone lama anda adalah membersihkan fisiknya.

Smartphone yang terlihat bersih akan jauh lebih mudah dijual meskipun dalam kondisi bekas. Selain mudah untuk dijual, penawaran harga jual smartphone bekas yang masih bersih dan juga dalam kondisi yang bagus tentunya akan jauh lebih tinggi.

Jadi jika nanti anda mau menjual smartphone lama sebelum membeli yang baru, pastikan untuk melakukan 5 hal tersebut. Selain bisa menjamin data penting anda aman, melakukan 5 hal tersebut juga sedikit banyak bisa meningkatkan harga jual smartphone lama yang anda miliki di pasaran.