Kenali Penyebab dan Solusi Smartphone Android Tidak Bisa Pasang Aplikasi dari Playstore

0
48
views

Smartphone yang paling laku di pasaran memang adalah smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Namun hal tersebut bukan berarti sistem operasi Android itu adalah sistem operasi terbaik untuk perangkat mobile.

Pasalnya, sistem operasi Android sendiri sebenarnya masih belum bisa dikatakan sempurna. Masih ada banyak sekali kendala yang sering dialami oleh pengguna.

Salah satu masalah yang cukup sering dialami oleh pengguna smartphone dengan sistem operasi Android adalah gagal mengunduh dan juga memasang aplikasi dari Playstore.

Sebenarnya apa saja yang bisa jadi penyebab smartphone Android gagal mengunduh ataupun memasang aplikasi dari Playstore? Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Bagi anda yang mau tau mengenai hal tersebut, anda bisa baca penjelasannya lebih lanjut di dalam artikel ini.

Ini 4 Hal yang Sering Jadi Penyebab Smartphone Android Gagal Mengunduh dan Memasang Aplikasi dari Playstore

penyebab dan cara mengatasi smartphone android tidak bisa pasang aplikasi dari playstore » Kenali Penyebab dan Solusi Smartphone Android Tidak Bisa Pasang Aplikasi dari Playstore

Kalau berbicara soal gagal mengunduh dan juga memasang aplikasi dari Playstore, berikut ini adalah beberapa hal yang sering jadi penyebab masalah tersebut di smartphone Android:

  1. Smartphone Android sudah di root sistemnya

Hal pertama yang paling sering jadi penyebab kenapa smartphone Android sampai tidak bisa mengunduh dan juga memasang aplikasi dari Playstore itu biasanya karena sistem operasi Android di dalam smartphone sudah diroot.

Ketika sistem operasi Android sudah diroot, maka sistem keamanan yang ada di dalam Playstore jelas kemungkinan besar akan sering menolak smartphone tersebut setiap kali mau mengunduh dan juga memasang aplikasi.

Jika memang smartphone Android yang anda miliki sudah diroot, anda bisa memilih untuk melakukan unroot jika masih ingin bisa mengunduh dan juga memasang aplkasi yang tersedia di Playstore.

Atau yang kedua adalah dengan mengunduh dan memasang aplikasi dari marketplace aplikasi lain yang tidak terhubung dengan Google.

  1. Versi sistem operasi Android yang terpasang di smartphone tidak cocok dengan yang dibutuhkan aplikasi

Jika bukan karena masalah smartphone Android yang anda miliki sudah diroot, gagal mengunduh ataupun memasang aplikasi dari Playstore itu juga bisa terjadi karena versi sistem operasi Android yang terpasang di smartphone anda tidak sesuai dengan yang dibutuhkan aplikasi yang mau anda unduh dan pasang.

Ketika smartphone yang anda miliki tidak memiliki sistem operasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh aplikasi, maka secara otomatis Playstore akan membatalkan proses pengunduhannya.

Hal ini sebenarnya juga menjaga agar smartphone yang anda miliki tidak sampai bekerja melebihi batasan wajar hanya karena di dalamnya terpasang aplikasi yang tidak kompatibel.

Bagi anda yang memang mengalami masalah ini, solusi satu-satunya adalah dengan mencoba memperbarui versi sistem operasi smartphone anda terlebih dahulu.

Namun jika memang sudah tidak ada lagi pembaruan sistem baru, maka solusinya jika anda memang benar-benar membutuhkan aplikasi tersebut adalah dengan membeli smartphone yang lebih baru.

Pasalnya, kemungkinan besar jika smartphone sampai tidak bisa mengunduh dan memasang aplikasi hanya karena sistem operasinya sudah tidak kompatibel, itu artinya smartphone yang anda gunakan sudah terlalu tua usia pakainya.

  1. Smartphone yang anda gunakan tidak masuk dalam region aplikasi

Gagal mengunduh dan juga memasang aplikasi dari Playstore itu juga bisa disebabkan karena smartphone yang anda miliki memang tidak masuk dalam region aplikasi.

Sebenarnya, Playstore tidak akan menampilkan aplikasi yang tidak bisa anda pakai karena adanya batasan regional.

Namun hal ini biasanya terjadi ketika anda menggunakan aplikasi VPN di dalam smartphone. Ketika anda mengakses Playstore menggunakan VPN, kemungkinan besar aplikasi yang tidak kompatibel karena alasan region tersebut bisa muncul di home Playstore anda.

Jika anda tidak bisa mengunduh dan memasang aplikasi karena alasan regional ini, maka sudah tidak ada solusi selain menunggu hingga developer aplikasinya meluncurkan aplikasinya secara global.

  1. Kapasitas memori internal sudah penuh

Selain karena sistem Android yang sudah diroot, masalah gagalnya mengunduh dan juga memasang aplikasi di dalam smartphone Android sebagian besar juga disebabkan karena minimnya kapasitas memori internal.

Sebagian besar dari anda pasti sudah pernah melihat bahwa memori internal smartphone Android masih banyak namun tetap juga tidak bisa mengunduh ataupun memasang aplikasi.

Hal tersebut disebabkan karena memori internal smartphone Android memang terbagi dalam beberapa partisi. Ada partisi sistem yang sekaligus juga digunakan untuk menyimpan file-file aplikasi dan juga partisi untuk menyimpan data media seperti foto, musik, video, dan lain-lain.

Jika anda melihat memori internal smartphone masih sangat banyak, yang sebenarnya anda lihat adalah kapasitas untuk partisi penyimpanan data media saja.

Lalu bagaimana solusinya jika ini yang jadi penyebab kenapa anda selalu gagal memasang aplikasi dari Playstore? Solusinya adalah dengan menghapus cache dan juga memilih untuk memasang aplikasi di SD card.

Sekarang sudah cukup paham bukan mengenai apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi smartphone Android yang tidak bisa pasang aplikasi dari Playstore?