Kenapa Banyak Vendor Smartphone Android Menggunakan UI Khusus?

0
41
views

Ada banyak sekali hal yang membuat smartphone Android itu hampir tidak mungkin bisa mengalahkan IPhone dari segi sistem operasinya.

Beberapa alasannya adalah karena sistem operasi Android itu adalah sistem operasi open source dan kebanyakan vendor smartphone Android itu memilih membuat UI atau sistem antarmuka khusus untuk smartphone besutannya.

Oleh sebab itu, meskipun sama-sama menggunakan sistem operasi Android, namun tampilan interface di smartphone dari vendor satu dengan yang lain tidak mungkin bisa sama.

Lalu kenapa vendor smartphone Android lebih memilih menggunakan UI khusus dibandingkan menggunakan UI bawaan dari sistem operasi Android?

Ternyata memang hal tersebut ada banyak sekali alasannya. Bagi anda yang mau tau apa saja alasan yang membuat vendor smartphone Android lebih memilih membuat UI khusus, anda bisa baca penjelasannya di dalam artikel ini.

Vendor Smartphone Android Menggunakan UI Khusus Sebagai Ciri Khas

Alasan pertama kenapa mayoritas vendor smartphone Android rela menghabiskan banyak dana untuk membuat sebuah UI yang berbeda dari vendor lain adalah karena mereka menggunakannya sebagai identitas.

Setiap UI yang digunakan secara eksklusif di smartphone Android besutan vendor tertentu benar-benar memberikan ciri khas.

alasan vendor smartphone android menggunakan ui custom » Kenapa Banyak Vendor Smartphone Android Menggunakan UI Khusus?

Misalkan saja, tampilan interface smartphone Vivo jelas akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan Xiaomi meskipun keduanya menggunakan versi sistem operasi Android yang sama.

Hal tersebut disebabkan smartphone Vivo menggunakan UI Funtouch sedangkan smartphone Xiaomi menggunakan UI MIUI. Kedua UI tersebut memiliki tampilan yang berbeda sehingga sangat efektif untuk digunakan sebagai ciri khas dari masing-masing vendor.

Vendor Smartphone Android Menggunakan UI Khusus Untuk Mendongkrak Performa

Jika dikatakan, sistem operasi Android itu memang bukan sebuah sistem operasi yang sempurna. Masih ada cukup banyak bug yang ditemukan di dalam sistem operasi Android, bahkan yang sudah resmi digunakan secara massal.

Oleh sebab itu, kebanyakan vendor smartphone Android mengatasi masalah tersebut dengan melakukan modifikasi pada UI dari sistem operasi Android.

Jadi selain bisa digunakan sebagai ciri khas, penggunaan UI khusus pada masing-masing vendor smartphone Android itu sedikit banyak juga berfungsi untuk mendongkrak performa.

Pasalnya, memang cukup banyak hal yang dibenahi oleh vendor ketika menyematkan UI khusus di dalam smartphone besutannya.

Vendor Smartphone Android Menggunakan UI Khusus Untuk Menambahkan Fitur Spesial

Penggunaan UI khusus yang dilakukan oleh mayoritas vendor smartphone Android besar itu sebenarnya bukan hanya untuk ciri khas dan juga untuk meningkatkan performa smartphone saja.

Adanya UI khusus yang digunakan oleh vendor smartphone Android tersebut juga dilakukan untuk memudahkan vendor dalam menambahkan fitur-fitur spesial.

Beberapa fitur spesial yang ditambahkan oleh vendor smartphone Android adalah seperti fitur virtual assistant dan juga fitur gaming mode.

Fitur tersebut tidak akan bisa berjalan lancar jika vendor smartphone Android tidak membuat UI khusus di atas sistem operasi Android yang digunakannya.

Vendor Smartphone Android Menggunakan UI Khusus Untuk Menunjukkan Keaslian Produk

Karena smartphone sudah menjadi salah satu kebutuhan di masa kini, maka tidak heran jika banyak oknum yang mencoba memalsukan smartphone, terutama smartphone Android.

Oleh sebab itu, untuk mempermudah konsumen dalam menentukan apakah sebuah smartphone itu benar-benar asli, maka vendor smartphone Android menggunakan UI khusus.

Dengan adanya UI khusus tersebut, konsumen bisa dengan mudah melakukan pengecekan apakah smartphone yang mau dibeli memang merupakan smartphone asli.

Pasalnya, jika memang benar-benar asli, smartphone Android pasti memberikan informasi mengenai sistem operasi Android versi berapa yang digunakan dan juga UI apa yang digunakan.

Jika informasi tersebut tidak sesuai dengan informasi yang dijabarkan oleh vendor, maka konsumen bisa dengan mudah memastikan bahwa smartphone tersebut bukan smartphone asli. Selain itu, bisa jadi smartphone Android tersebut juga sudah dimodifikasi sistemnya dengan menggunakan custom ROM.

Jadi bagaimana? Apakah anda setuju jika penggunaan UI khusus oleh vendor smartphone Android ini memang bermanfaat untuk konsumen? Ataukah anda justru menganggap bahwa smartphone dengan UI bawaan dari sistem Android itu jauh lebih baik?