Kerugian yang Harus Siap Anda Tanggung Ketika Membeli Smartphone Supercopy

0
48
views

Selain smartphone black market atau smartphone yang masuk ke Indonesia secara tidak resmi, ada banyak smartphone yang masuk kategori supercopy atau smartphone palsu yang dijual di pasaran.

Berbicara soal smartphone supercopy atau smartphone palsu, ada penjual yang terang-terangan memang menyebutkan bahwa yang dijualnya adalah smartphone palsu.

Jadi yang dimaksud dengan smartphone supercopy atau smartphone palsu ini adalah smartphone yang hanya punya tampilan eksterior mirip seperti smartphone kelas flagship saja.

Sedangkan di bagian jeroannya, smartphone supercopy biasanya jauh berbeda dari smartphone yang asli.

Meskipun sudah jelas sangat merugikan, namun ternyata ada banyak sekali orang yang lebih memilih membeli smartphone supercopy tersebut.

Ada banyak sekali hal yang menjadi alasan kenapa banyak orang tertarik untuk membeli smartphone supercopy. Salah satunya adalah alasan harganya yang sangat murah. Dengan budget yang terbatas, anda memang sudah bisa bergaya seperti memiliki smartphone kelas flagship.

Namun taukah anda bahwa sebenarnya membeli smartphone supercopy itu sangatlah merugikan anda sendiri sebagai konsumen? Masih belum tau apa kerugiannya? Jika anda belum tau, baca penjelasan selengkapnya di dalam artikel ini.

Ini 4 Macam Kerugian yang Hampir Pasti Harus Anda Tanggung Ketika Membeli Smartphone Supercopy

Meskipun memang harganya sangat murah dan sangat cocok untuk bergaya, namun membeli smartphone supercopy itu sebenarnya lebih banyak ruginya daripada untungnya.

dampak kerugian beli smartphone supercopy » Kerugian yang Harus Siap Anda Tanggung Ketika Membeli Smartphone Supercopy

Berikut ini adalah beberapa macam kerugian yang sudah pasti harus siap anda tanggung ketika memutuskan untuk membeli smartphone supercopy:

  1. Performa smartphone supercopy mayoritas dibawah rata-rata smartphone entry level

Kerugian pertama yang bisa langsung anda rasakan setelah membeli smartphone supercopy adalah performanya yang sangat melempem.

Smartphone supercopy yang dijual di pasaran memang mayoritas membawa spesifikasi yang sangat rendah. Dan bahkan ada banyak sekali smartphone supercopy yang memiliki spesifikasi lebih rendah dari spesifikasi smartphone entry level original.

Oleh sebab itu, jangan heran ataupun kecewa kalau setelah membeli, anda tidak bisa menikmati menggunakan smartphone supercopy dengan lancar. Pasalnya, kelebihan smartphone supercopy memang hanya ada pada tampilannya saja.

  1. Sangat tidak aman karena berpotensi diisi dengan malware

Selain karena performanya yang sangat buruk, kerugian membeli smartphone supercopy yang berikutnya adalah dari segi keamanannya.

Karena bukan datang dari vendor ataupun produsen yang resmi, maka ada kemungkinan besar sistem yang dibenamkan di dalam smartphone supercopy telah disusupi berbagai macam malware berbahaya.

Selain itu, karena memang bukan diluncurkan dari vendor resmi, maka tidak heran juga jika sistem smartphone supercopy itu tidak bisa diperbarui.

Karena sistemnya tidak bisa diperbarui, maka hal tersebut membuat data-data yang anda simpan di dalamnya benar-benar sangat berbahaya. Data-data penting yang anda simpan di dalam smartphone supercopy kemungkinan besar bisa dicuri dengan sangat mudah dan disalahgunakan.

  1. Sangat mudah mengalami kerusakan

Karena mayoritas komponen yang disematkan di dalam smartphone supercopy itu tidak jelas, maka kemungkinan besar daya tahannya juga sangat diragukan.

Oleh sebab itu, kerugian berikutnya dari membeli smartphone supercopy adalah anda harus siap untuk membeli smartphone baru dalam kurun waktu yang cukup cepat.

Pasalnya, smartphone supercopy itu cenderung lebih cepat dan mudah mengalami kerusakan. Selain karena komponennya tidak jelas kualitasnya, komponen yang dipasang di dalam smartphone supercopy dipastikan akan lebih sering bekerja lebih berat.

Hal tersebut disebabkan karena sebenarnya komponen yang digunakan di smartphone supercopy itu sudah tidak sesuai untuk menjalankan aplikasi di masa kini.

  1. Tidak bisa diperbaiki karena sparepart tidak tersedia

Selain smartphone supercopy, memang smartphone asli dan juga resmi itu bisa mengalami kerusakan yang sama.

Namun masalahnya, smartphone yang asli dan juga resmi itu masih bisa diperbaiki jika mengalami kerusakan. Sedangkan untuk smartphone supercopy itu sudah hampir tidak bisa diperbaiki ketika mengalami kerusakan.

Kenapa? Selain memang skematiknya berbeda dengan smartphone asli, mayoritas smartphone supercopy itu tidak tersedia sparepartnya.

Dan lagi, smartphone supercopy itu tidak bisa diperbaiki menggunakan spare part smartphone aslinya. Karena memang komponennya berbeda jauh.

Lalu bagaimana? Apakah sekarang anda masih menganggap bahwa membeli smartphone supercopy itu masih lebih untung karena bisa bergaya dengan harga murah?

Kalau anda memang berminat untuk membeli smartphone supercopy, ada baiknya pikir-pikir lagi ya. Jika dihitung-hitung, sebenarnya ongkos untuk menanggung kerugian anda setelah membeli smartphone supercopy itu sudah bisa digunakan untuk membeli smartphone asli mid range.