LG W20, Smartphone Pertama dari LG yang Menggunakan Chipset dari UNISOC

0
14
views

Di pertengahan tahun 2019 lalu, LG telah memperkenalkan smartphone seri W unggulannya. Namun pada tahun 2019 lalu, smartphone seri W yang diperkenalkan hanyalah LG W10 dan juga LG W30 saja. Smartphone seri W20 sendiri belum diperkenalkan sama sekali.

Namun beberapa hari lalu, spesifikasi inti LG W20 terbongkar dari informasi Google Play Console. Dari informasi tersebut, diketahui bahwa LG W20 akan menggunakan chipset besutan UNISOC.

Jadi bisa dikatakan LG W20 ini adalah smartphone pertama besutan LG yang akan menggunakan chipset UNISOC.

Lalu bagaimanakah spesifikasi lengkapnya? Jika anda ingin mengetahui lebih detail mengenai spesifikasi LG W20, anda bisa simak penjelasannya di dalam artikel ini.

Menggunakan Layar Full View Dengan Notch Mungil

Memang belum semua spesifikasi LG W20 diketahui. Salah satu spesifikasi LG W20 yang belum bisa dipastikan adalah ukuran layarnya.

Namun menurut prediksinya, ukuran layar yang dibawa LG W20 ini kemungkinan besar adalah lebih dari 6 inci. Pasalnya, resolusi layar LG W20 ini adalah 720 X 1520 piksel. Sedangkan density piksel panelnya sendiri adalah 320.

review fitur harga spek hp android lg w20 » LG W20, Smartphone Pertama dari LG yang Menggunakan Chipset dari UNISOC

Untuk bagian panelnya, LG W20 ini diyakini hanya akan dibekali dengan panel jenis IPS LCD saja.

Bukan hanya membawa ukuran layar yang cukup besar saja, LG W20 dipastikan juga akan memiliki desain layar smartphone kekinian yang minim bezel dan menggunakan notch untuk menempatkan kamera di bagian depan.

Ditenagai Dengan Chipset Buatan UNISOC

Spesifikasi LG W20 yang paling menyita perhatian adalah pada bagian dapur pacunya. LG W20 ini bisa dikatakan sebagai smartphone LG pertama yang akan menggunakan chipset buatan UNISOC.

Dari bocorannya, LG W20 ini akan menggunakan chipset UNISOC seri Spreadtrum SC9863A. Chipset yang dibenamkan di dalam LG W20 ini adalah chipset serupa yang dibenamkan di dalam smartphone Alcatel seri 1S (2019) dan juga Blade A7 (2019).

Di dalam chipset UNISOC Spreadtrum SC9863A tersebut sendiri terdapat CPU octa core dengan kecepatan maksimal 1.6 Ghz. Sedangkan pada pengolah grafisnya, LG W20 ini akan menggunakan GPU PowerVR GE8322.

Selain menggunakan chipset buatan UNISOC, LG W20 ini juga dibekali dengan RAM berkapasitas besar yaitu 3 GB. Jadi meskipun chipset yang digunakan biasa saja, kemungkinan besar performa LG W20 masih cukup nyaman karena ditopang dengan RAM berkapasitas besar.

Sayangnya, LG W20 ini belum menggunakan sistem operasi Android terbaru. Dari bocoran di Google Play Console, LG W20 masih menggunakan sistem operasi Android 9 atau Android Pie saja.

Namun ada kemungkinan ketika resmi diluncurkan nanti, LG W20 sudah dibekali dengan sistem operasi Android 10.

Dilengkapi Multi Kamera Utama

Seperti halnya smartphone Android masa kini, LG W20 dipastikan juga akan dilengkapi dengan multi kamera utama.

Hanya saja, masih belum diketahui spesifikasi kameranya secara detail. Hal ini juga berlaku pada kamera bagian depannya.

Menggendong Baterai Dengan Kapasitas Setara LG W10 dan LG W30

Untuk bagian catu dayanya, LG W20 dipastikan akan menggendong baterai yang kapasitasnya setara dengan yang digunakan di smartphone LG seri W10 dan juga W30 yaitu 4.000 mAh.

Namun sayangnya, ketahanan baterai LG W20 ini tidak akan bisa disetarakan dengan seri LG W10 dan juga W30.

Kenapa? Karena LG W20 ini menggunakan chipset besutan UNISOC yang masih menggunakan teknologi fabrikasi 28 nm saja.

Karena masih menggunakan teknologi fabrikasi chipset 28 nm, maka sudah dapat dipastikan jika LG W20 akan menguras cukup banyak daya baterai.

Selain masalah kapasitas baterai yang dibenamkan di dalamnya, LG W20 ini belum diketahui akan dibekali dengan fitur fast charging atau tidak.

Sampai saat ini, juga belum ada informasi lebih banyak mengenai kapan smartphone LG W20 ini akan diluncurkan. Namun kemungkinan besar LG akan membawa LG W20 ini di acara MWC 2020 di bulan Februari nanti.

Meskipun belum dipastikan kapan smartphone LG W20 ini akan diluncurkan, namun sudah ada yang memprediksi bahwa LG W20 ini akan dijual dengan kisaran harga 127 Dolar saja atau 1,7 juta Rupiah.