Meizu Zero, Smartphone Android Pertama yang Tidak Memiliki Port dan Tombol

0
4
views

Meskipun sering jadi anak tiri, Meizu bukan vendor smartphone Android yang bisa diremehkan begitu saja. Di tahun 2019 lalu, Meizu banyak meluncurkan seri smartphone berkualitas dengan harga bersahabat yang berhasil membuat kompetitor kebingungan.

Salah satu smartphone besutan Meizu yang begitu menarik perhatian adalah Meizu Zero. Kenapa Meizu Zero begitu menarik perhatian?

Hal tersebut disebabkan karena Meizu Zero adalah smartphone Android pertama yang sama sekali tidak memiliki port dan tombol di bagian bodinya. Jadi di bagian bodi samping Meizu Zero ini sama sekali tidak ada lubang ataupun tonjolan tombol apapun.

Tertarik dengan Meizu Zero? Mau tau juga seperti apa spesifikasinya? Bagi anda yang mau tau soal Meizu Zero, anda bisa baca penjelasan lengkapnya di dalam artikel ini.

Menggunakan Layar AMOLED Sebesar 5.99 Inci

Untuk bagian layar, Meizu Zero ini memang belum menggunakan layar dengan desain notch. Oleh sebab itu, Meizu Zero terlihat jelas masih memiliki bezel di sekeliling layar. Ukuran bezel Meizu Zero ini cukup tebal di bagian atas dan juga bagian bawah.

review fitur harga spek hp android meizu zero » Meizu Zero, Smartphone Android Pertama yang Tidak Memiliki Port dan Tombol

Namun meskipun masih menggunakan desain layar kuno, Meizu Zero ini sudah memiliki layar yang ukurannya cukup besar yaitu 5.99 inci. Dan bukan hanya itu saja, panel yang dibenamkan di dalam Meizu Zero ini adalah panel AMOLED.

Panel AMOLED yang digunakan sudah memiliki kerapatan piksel sebesar 430 ppi. Dengan panel tersebut, Meizu Zero sudah mendukung resolusi FHD+ atau 1080 X 2340 piksel dengan aspek rasio layar 19.5:9.

Pakai Chipset Qualcomm Snapdragon Seri 845

Untuk mendukung performanya, Meizu Zero ini tidak dijejali dengan chipset sembarangan. Chipset yang dibenamkan di dalam Meizu Zero ini adalah chipset besutan Qualcomm yaitu Snapdragon 845.

Meskipun chipset yang dibenamkan terbilang bukan seri baru, namun setidaknya di dalam chipset tersebut sudah terdapat CPU octa core dengan kecepatan maksimal 2.8 Ghz. Dan pada bagian pengolah grafisnya sudah menggunakan GPU Adreno 630.

Selain CPU octa core dengan kecepatan 2.8 Ghz, Meizu Zero ini juga dibekali dengan 2 pilihan RAM yaitu 4 GB dan juga 6 GB. Sedangkan untuk memori internalnya, Meizu Zero ini terdiri dari 2 pilihan juga yaitu 64 GB dan juga 128 GB.

Sayangnya, Meizu Zero ini tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal sehingga mau tidak mau pengguna harus puas dengan kapasitas memori internalnya saja.

Untuk bagian sistem operasinya sendiri, Meizu Zero ini dibekali langsung dengan sistem operasi Android 9 atau Android Pie dari pabrikan. Selain itu, dipastikan Meizu Zero ini juga menggunakan sistem antarmuka besutan Meizu yang diberi nama Flyme 7.

Dual Kamera Utama dan Dual Tone LED Flash

Di bagian kamera, Meizu Zero ini juga dibekali dengan kamera yang cukup oke. Di bagian belakang, Meizu Zero ini membawa konfigurasi dual kamera yang terdiri dari kamera 12 MP jenis wide sebagai kamera primer dan kamera 20 MP PDAF sebagai kamera pendukung.

Selain dual kamera tersebut, Meizu Zero ini juga masih dilengkapi dengan dual LED flash dual tone untuk memberikan pencahayaan tambahan.

Sedangkan di bagian depan, Meizu Zero ini membawa kamera selfie 20 MP yang sudah siap digunakan untuk merekam video berkualitas 1080 piksel di pengaturan 30 fps.

Teknologi Khusus yang Disematkan di Meizu Zero

Selain spesifikasi inti tersebut, Meizu Zero ini juga dilengkapi dengan beberapa teknologi khusus seperti:

  • Bodi terbuat dari bahan keramik yang sangat kuat.
  • Dilengkapi dengan teknologi sensor pemindai sidik jari di bawah layar.
  • Memiliki teknologi pengisian daya baterai tanpa kabel (wireless charging 18W).
  • Tanpa tombol : ada panel sentuh yang peka terhadap tekanan, yang mencakup area dan ruang yang kira-kira sama dengan tombol tradisional seperti tombol navigasi, yaitu fungsi tombol back dan home, di kedua sisi ponsel. Meizu telah mengembangkan teknologi “haptic engine” yang mensimulasikan kondisi klik ketika panel sentuh ditekan.
  • Menggunakan teknologi eSIM.

Selain teknologi tersebut, Meizu Zero ini juga berhasil mengantongi sertifikasi IP68. Dan yang lebih menarik lagi, Meizu Zero ini diklaim mampu bertahan di dalam air selama 2 jam penuh. Hal tersebut bisa terjadi karena Meizu Zero memang tidak memiliki port apapun sehingga benar-benar bisa kedap air.

Harga Meizu Zero

Lalu berapa harga Meizu Zero? Meizu Zero ini dijual dengan harga 399 dolar atau 5,4 juta Rupiah. Smartphone Android tanpa port ini tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu hitam dan juga putih.