Mulai Dijual di India, Lava Z61 Pro Dibekali Spesifikasi Minim

0
9
views

Mengikuti jejak mayoritas vendor smartphone besar, Lava yang merupakan vendor smartphone asal India juga meluncurkan seri smartphone barunya. Lava Z61 Pro adalah seri smartphone baru yang diluncurkan di negara asal mereka berdiri yakni India. Smartphone tersebut masuk kedalam kategori entry level. Karena masuk kedalam kategori smartphone entry level, Lava Z61 Pro dipastikan tidak akan dibekali dengan spesifikasi yang terlalu mewah.

Lalu seperti apakah detail spesifikasi yang dibawa Lava Z61 Pro? Dan berapakah harga Lava Z61 Pro? Untuk mengetahui lebih detail soal spesifikasi serta harga jual Lava Z61 Pro, anda bisa baca hal tersebut di artikel ini.

Menggunakan Display Berukuran Kecil Serta Memiliki Bezel Cukup Tebal

Pada bagian display, Lava Z61 Pro sudah terlihat jelas sebagai smartphone entry level. Tampilan eksterior Lava Z61 Pro terlihat kuno karena masih menggunakan display berukuran kecil dan juga masih menggunakan bezel yang cukup tebal di bagian atas maupun di bagian bawah.

Untuk ukuran displaynya, Lava Z61 Pro mengusung display berukuran 5.45 inci. Sedangkan untuk panelnya, Lava Z61 Pro diprediksi masih menggunakan panel LCD teknologi lama.

Namun meskipun tergolong jadul, display Lava Z61 Pro sudah bisa mendukung resolusi HD+ dengan aspek rasio 18:9.

Diotaki Dengan Chipset yang Dirahasiakan

Tidak seperti mayoritas vendor smartphone, Lava sama sekali tidak menjelaskan mengenai chipset apa yang dibenamkan di dalam Lava Z61 Pro.

Lava Z61 Pro hanya diketahui memiliki CPU octa core dengan kecepatan maksimal 1.6 Ghz. Kemungkinan besar chipset yang dibenamkan di dalam Lava Z61 Pro ini adalah chipset besutan UNISOC.

hp android lava z61 pro » Mulai Dijual di India, Lava Z61 Pro Dibekali Spesifikasi Minim

Selain itu, Lava Z61 Pro dipastikan juga diperkuat dengan adanya RAM berkapasitas 2 GB serta memori internal berpakasitas 16 GB. Meskipun kapasitas memori internalnya sangat terbatas, Lava Z61 Pro masih bisa ditambahkan dengan memori eksternal.

Lava Z61 Pro masih bisa menampung microSD dengan kapasitas maksimal 128 GB sebagai memori eksternal.

Sedangkan untuk bagian sistem operasinya, Lava Z61 Pro kemungkinan besar hanya akan menjalankan sistem operasi Android versi 9 ataupun Android versi 8.

Dibekali Dengan Konfigurasi Single Kamera

Hadir sebagai smartphone entry level jelas membuat Lava Z61 Pro mau tidak mau harus mengorbankan banyak bagian. Selain chipset, Lava Z61 Pro juga harus mengorbankan bagian kamera.

Hal tersebut terlihat dengan jelas karena Lava Z61 Pro hanya dibekali dengan satu buah sensor kamera saja di bagian belakang. Sensor kamera yang disematkan di bagian belakang Lava Z61 Pro memiliki ukuran 8 MP.

Selain mengusung kamera tunggal, Lava Z61 Pro juga dibekali dengan LED flash. Menariknya, sensor kamera 8 MP digabungkan menjadi satu di dalam sebuah modul vertikal. Dengan digabungkannya sensor kamera serta LED flash tersebut, Lava Z61 Pro terlihat seperti memiliki dua kamera di bagian belakang.

Sedangkan untuk bagian depan, Lava Z61 Pro hanya dibekali dengan sebuah kamera dengan ukuran sensor sebesar 5 MP. Meskipun kamera bagian depan cukup minim, namun kamera tersebut sekaligus digunakan sebagai fitur keamanan face unlock. Pasalnya, Lava Z61 Pro sama sekali tidak dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari.

Kapasitas Baterai Sangat Kecil

Karena memang merupakan smartphone entry level, Lava Z61 Pro sudah dapat dipastikan tidak akan dibekali dengan baterai yang kapasitasnya terlalu besar.

Lava Z61 Pro bahkan tidak dibekali dengan baterai berukuran standard smartphone masa kini. Lava Z61 Pro hanya menggendong baterai berkapasitas 3.100 mAh saja.

Dan bukan hanya itu saja, Lava Z61 Pro juga masih menggunakan port pengisian daya baterai tipe lama yaitu micro USB. Dan tentunya tidak ada fitur fast charging di dalam Lava Z61 Pro ini.

Harga Lava Z61 Pro

Lalu berapakah harga Lava Z61 Pro? Smartphone Lava Z61 Pro ini dijual dengan kisaran harga 5.774 Rupee di India. Saat ini, Lava Z61 Pro sudah bisa dibeli langsung melalui website e-commerce Flipkart dan juga Amazon India.

Menurut informasinya, tidak lama lagi Lava Z61 Pro juga akan segera dipasarkan di retail offline India.