Nokia 7.2, Smartphone Android Mid Range Andalan HMD Global

0
23
views

HMD Global memang sudah meluncurkan Nokia 7.2 sejak bulan September 2019. Namun namanya baru saja berkibar semenjak masuk kedalam pengujian DxOMark.

Dengan rentang harga yang cukup besar dan juga perbedaan kelas yang cukup tinggi, Nokia 7.2 berhasil menyamai skor pengujian Nokia PureView.

Karena berhasil mendapatkan skor pengujian yang sama di DxOMark, sudah dapat dipastikan banyak konsumen yang lebih memilih Nokia 7.2 dibandingkan dengan Nokia PureView.

Lalu seperti apakah spesifikasi Nokia 7.2 sehingga bisa mendapatkan skor pengujian yang sama dengan Nokia PureView di DxOMark? Bagi anda yang mau tau seperti apa spesifikasi yang ada di dalam Nokia 7.2, anda bisa simak selengkapnya melalui artikel ini.

Layar Berkualitas Tinggi Dengan Fitur PureDisplay

Meskipun masuk kelas mid range, Nokia 7.2 ini sebenarnya tidak bisa diremehkan. Pasalnya, dari bagian layar saja sebenarnya sudah bisa dilihat bagaimana berkualitasnya smartphone Nokia 7.2 ini.

Pada bagian layar, Nokia 7.2 ini membawa layar dengan bentang diagonal 6.3 inci. Sedangkan panel yang digunakan adalah panel IPS LCD dengan kemampuan resolusi FHD+.

review fitur harga spek hp android nokia 7 2 » Nokia 7.2, Smartphone Android Mid Range Andalan HMD Global

Selain itu, layar Nokia 7.2 ini dilengkapi dengan satu teknologi khusus yang disebut dengan PureDisplay. Dengan adanya fitur tersebut, Nokia 7.2 ini dipastikan bisa terus menerus menampilkan visual dengan kualitas HDR.

Untuk urusan desain layar, Nokia 7.2 ini juga mengikuti desain layar smartphone masa kini yaitu memiliki notch atau poni untuk meletakkan kamera di bagian depan.

Ditenagai Dengan SoC Qualcomm Kelas Menengah

Sebagai smartphone mid range, sudah pasti Nokia 7.2 tidak akan memiliki SoC seri tinggi. Namun meskipun hanya menggunakan SoC kelas menengah, SoC yang dibenamkan di dalam Nokia 7.2 ini tetap SoC dari produsen terbaik yaitu Qualcomm. Seri SoC Qualcomm yang dibenamkan di dalam Nokia 7.2 ini adalah Qualcomm Snapdragon 660.

Sedangkan untuk bagian RAM dan juga memori internalnya, Nokia 7.2 ini tersedia dalam 2 pilihan yaitu RAM 4 GB dan 6 GB serta memori internal berkapasitas 64 GB dan 128 GB.

Nokia 7.2 ini juga akan menggunakan sistem operasi Android 9 atau Android Pie sebagai OS bawaan pabrik. Dan HMD Global juga memastikan akan memberikan pembaruan OS selama 2 tahun. Bukan hanya itu saja, Nokia 7.2 ini juga akan mendapatkan pembaruan sistem keamanan selama 3 tahun.

Dibekali Dengan Spesifikasi Kamera yang Luar Biasa

Secara garis besar, performa Nokia 7.2 ini memang bisa dikatakan biasa saja. Namun memang performa bukanlah yang dijual di Nokia 7.2.

Yang dijual di seri Nokia 7.2 ini adalah kualitas kameranya. Oleh sebab itu, smartphone ini dibekali dengan spesifikasi kamera yang luar biasa.

Di bagian belakang, Nokia 7.2 ini dibekali dengan konfigurasi triple kamera yang diletakkan di dalam modul berbentuk lingkaran.

3 kamera utamanya tersebut terdiri dari kamera 48 MP dengan fitur quad bayer sensor sebagai kamera primernya dan didukung dengan kamera 8 MP jenis ultrawide, dan juga kamera 5 MP depth sensor.

Dan bukan hanya spesifikasi kameranya saja yang memukau, fitur kamera yang terdapat di dalam Nokia 7.2 ini juga luar biasa.

Pasalnya, Nokia 7.2 ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur kamera seperti ZEISS Modern, ZEISS Smooth, dan juga ZEISS Swirl. Selain itu, Nokia 7.2 ini juga memiliki fitur night mode yang sangat canggih karena memiliki fitur image fusion untuk menghasilkan foto berkualitas di kondisi minim pencahayaan.

Yang lebih menarik lagi, Nokia 7.2 ini tidak hanya memiliki spesifikasi kamera yang luar biasa di bagian belakang saja. Nokia 7.2 ini juga punya kamera depan yang tidak kalah berkualitas.

Kamera di bagian depannya memiliki resolusi 20 MP dan sama-sama menggunakan lensa dari Carl ZEISS seperti kamera di bagian belakang.

Baterai Super Irit

Bukan hanya disukai karena memiliki spesifikasi kamera yang luar biasa berkualitas, Nokia 7.2 ini juga begitu disukai karena memiliki baterai yang sangat irit. Dengan satu kali pengisian daya saja, Nokia 7.2 ini bisa digunakan selama 2 hari.

Hal ini bukan disebabkan karena Nokia 7.2 dibekali dengan baterai yang kapasitasnya besar. Kapasitas baterai Nokia 7.2 hanya 3.500 mAh saja.

Namun keiritan baterainya tersebut disebabkan karena adanya fitur adaptive battery yang sudah dilengkapi dengan AI. Oleh sebab itu, smartphone ini bisa lebih efisien dalam menggunakan daya baterai.

Nokia 7.2 ini tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu charcoal, cyan, dan juga green. Sedangkan untuk harganya sendiri, Nokia 7.2 ini dijual mulai dari 249 Euro atau 3,7 juta Rupiah untuk versi RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Sedangkan untuk versi tertinggi, Nokia 7.2 ini dijual dengan harga 349 Euro atau 5,3 juta Rupiah.