Pahami Kelebihan Fitur Dark Mode IOS Dibandingkan Dengan Android

0
49
views

Jika dilihat dari popularitasnya, memang sistem operasi Android adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di smartphone masa kini.

Namun jika dilihat dari kelebihannya, sebenarnya masih banyak kelebihan yang dimiliki oleh IOS jika dibandingkan dengan sistem operasi Android.

Salah satu kelebihan dari IOS dibandingkan dengan Android yang terbaru adalah pada fitur dark mode-nya. Menurut banyak pengguna, fitur dark mode IOS 13 jauh lebih baik jika dibandingkan dengan dark mode di Android terbaru yaitu Android 10.

Penasaran bagian fitur dark mode apa saja di IOS yang dikatakan lebih unggul dibandingkan dengan yang ada di sistem operasi Android? Bagi anda yang mau tau lebih lengkapnya, anda bisa simak penjelasannya lebih lanjut di dalam artikel ini.

Fitur Dark Mode di Android dan IOS Dilihat dari Kontras Warnanya

Kelebihan pertama fitur dark mode pada IOS dibandingkan dengan yang digunakan di sistem operasi Android dikatakan ada pada masalah kontras warnanya.

Menurut banyak orang yang sudah pernah menggunakan baik perangkat dengan IOS maupun Android menyatakan bahwa fitur dark mode di IOS lebih baik kontras warnanya.

keunggulan dark mode ios dibandingkan dengan android » Pahami Kelebihan Fitur Dark Mode IOS Dibandingkan Dengan Android

Meskipun sekilas terlihat sama, namun jika diperhatikan memang kontras warna dark mode di IOS itu lebih tajam. Berbeda halnya dengan di sistem operasi Android yang masih terasa kurang optimal.

Hal ini bisa dikatakan juga dipengaruhi dengan teknologi layar yang dibawa perangkat Apple yang disebut dengan retina. Dengan teknologi tersebut, kontras warna ketika menjalankan fitur dark mode jelas akan sangat terbantu.

Fitur Dark Mode di Android dan IOS Dilihat dari Integrasinya Dengan Aplikasi Lain

Setelah masalah kontras warna, fitur dark mode yang terdapat di IOS juga dikatakan lebih baik dari Android ketika dilihat dari integrasinya dengan aplikasi lain.

Fitur dark mode yang ada di dalam IOS secara otomatis akan berjalan di semua aplikasi besutan Apple ketika diaktifkan. Sedangkan pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Android, kemungkinan besar pengguna harus mengaktifkan satu per satu fitur dark mode di setiap aplikasi yang terpasang di dalamnya.

Pasalnya, memang fitur dark mode di sistem operasi Android hanya terintegrasi pada aplikasi inti besutan Google saja.

Fitur Dark Mode di Android dan IOS Dilihat dari Kinerjanya

Hal berikutnya yang juga membuat fitur dark mode IOS dikatakan lebih unggul dibandingkan dengan fitur dark mode di sistem operasi Android adalah ketika dilihat dari kinerjanya.

Ketika smartphone dirubah fiturnya ke mode dark, smartphone yang menggunakan IOS benar-benar tidak mengalami masalah pada kinerjanya.

Fitur dark mode akan terus ditampilkan di IPhone baik ketika berganti dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Namun hal tersebut berbeda dengan smartphone yang menjalankan sistem operasi Android. Menurut kabarnya, smartphone yang menggunakan sistem operasi Android masih menampilkan layar berwarna putih ketika dalam mode dark dan berganti dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Hanya saja, hal ini kemungkinan besar karena memang sistem operasi Android yang terbaru masih belum benar-benar sempurna. Dalam beberapa waktu, kemungkinan besar masalah ini akan diperbaiki.

Fitur Dark Mode di Android dan IOS Dilihat dari Seberapa Sering Digunakan

Fitur dark mode ini memang akan sangat meningkatkan kenyamanan pengguna smartphone ketika digunakan di malam hari.

Namun jika digunakan di siang hari, sudah pasti fitur dark mode ini justru akan membuat mata pengguna lebih cepat lelah.

Oleh sebab itu, fitur dark mode yang ada di dalam IOS dikembangkan untuk bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna. Fitur dark mode yang ada di dalam perangkat IOS bisa diatur jadwalnya kapan aktif dan kapan harus di non aktifkan.

Dengan adanya fitur jadwal fitur dark mode tersebut, maka pengguna sudah tidak perlu mengaktifkan dan menonaktifkan fitur dark mode secara manual setiap hari.

Berbeda halnya dengan smartphone dengan sistem operasi Android, mau tidak mau pengguna harus mengubah pengaturan fitur dark mode setiap hari.

Namun seperti halnya masalah adanya layar putih yang ditampilkan smartphone Android setiap kali berganti aplikasi di mode dark mode, masalah fitur dark mode yang bisa dijadwalkan secara otomatis ini kemungkinan juga kedepannya akan hadir di Android.

Hanya saja, sebelum sistem operasi Android benar-benar bisa dikatakan ramah dengan fitur dark mode, saat ini IOS masih dikatakan sebagai sistem operasi yang benar-benar sudah bisa memaksimalkan penggunaan fitur dark mode di perangkat mobile.