Pahami Macam Fungsi Fitur OTG (On The Go) di Smartphone Android

0
46
views

Fitur yang dibawa sebuah smartphone masa kini memang makin banyak. Namun sayang, tidak semua fitur smartphone tersebut benar-benar dimanfaatkan.

Jika dibandingkan dengan fitur smartphone lain, ada satu fitur yang memang cukup jarang dibahas. Fitur smartphone yang jarang dibahas dan juga dianggap sebelah mata itu adalah fitur OTG atau on the go.

Fitur OTG adalah satu fitur khusus yang hadir pada smartphone yang menggunakan sistem operasi Android seri 3.0 keatas. Dengan adanya fitur OTG tersebut, sebuah smartphone bisa berperan sebagai host untuk perangkat lain.

Lalu sebenarnya apa saja fungsi dari fitur OTG pada smartphone Android tersebut? Jika anda ingin tau lebih lengkap mengenai apa fungsi dari fitur OTG tersebut, anda bisa baca penjelasannya di dalam artikel ini.

Fungsi Utama dan Paling Umum dari Fitur OTG Smartphone

Kalau berbicara soal fungsi dari fitur OTG pada smartphone Android, memang kebanyakan mungkin sudah tau mengenai apa fungsinya.

Dengan memiliki fitur OTG tersebut, sebuah smartphone Android bisa dikoneksikan dengan memori eksternal hanya melalui port saja.

Jadi bisa dikatakan kalau fungsi utama dari fitur OTG di dalam smartphone Android itu adalah untuk menghubungkan smartphone dengan perangkat memori eksternal seperti flashdisk, microSD, ataupun harddisk eksternal.

fungsi fitur otg ponsel android » Pahami Macam Fungsi Fitur OTG (On The Go) di Smartphone Android

Dengan menggunakan fitur OTG, pengguna bisa lebih mudah memindahkan atau menambahkan data dari memori internal ataupun dari perangkat lain.

Namun ternyata, fitur OTG pada smartphone Android itu tidak cuma bisa digunakan untuk bertukar file saja. Fitur tersebut ternyata masih punya banyak fungsi lain yang jauh lebih menarik.

Ini 5 Macam Fungsi Fitur OTG Smartphone Selain Digunakan Untuk Bertukar Data

Seperti yang sudah disebutkan, fitur OTG yang ada di dalam smartphone Android itu memang bisa dikatakan belum dimanfaatkan secara maksimal.

Pasalnya, mayoritas pengguna smartphone Android hanya menggunakan fitur OTG untuk bertukar data antar perangkat atau dengan perangkat penyimpanan data eksternal saja.

Padahal, fitur OTG itu punya banyak fungsi lain. Berikut ini adalah beberapa fungsi lain dari fitur OTG pada smartphone:

  1. Menghubungkan smartphone dengan layar TV HDMI

Selain bisa digunakan untuk bertukar data, fitur OTG yang saat ini sudah hampir dimiliki di semua smartphone Android itu juga bisa digunakan untuk menghubungkan smartphone dengan layar TV HDMI.

Dengan bisa menghubungkan smartphone ke layar TV HDMI, anda bisa lebih nyaman menyaksikan multimedia yang diputar melalui smartphone.

  1. Menghubungkan smartphone dengan mouse ataupun keyboard

Fitur OTG yang dimiliki hampir semua smartphone Android juga bisa digunakan untuk menghubungkan smartphone dengan keyboard ataupun mouse.

Dengan bisa dihubungkan dengan mouse ataupun keyboard, sudah pasti smartphone akan jauh lebih banyak lagi fungsinya.

Pasalnya, pengguna bahkan sudah bisa menggunakan smartphone untuk melakukan tugas ringan seperti mengetik ataupun membuat proposal.

  1. Bisa merubah smartphone menjadi powerbank bagi perangkat lain

Dengan fitur OTG, sebuah smartphone juga sebenarnya sudah bisa dirubah menjadi powerbank tanpa memiliki fitur reverse charging.

Selama smartphone memiliki kapasitas baterai yang cukup besar (biasanya mulai dari 4.000 mAh), smartphone akan otomatis bisa digunakan sebagai powerbank ketika ada perangkat elektronik lain yang dihubungkan menggunakan USB OTG.

Namun sayangnya, proses pengisian daya dengan hanya memanfaatkan fitur OTG ini jelas tidak akan secepat ketika smartphone memiliki fitur reverse charging bawaan pabrik.

  1. Menggunakan kontroler game

Bagi anda yang suka bermain game mobile, anda juga bisa memanfaatkan fitur OTG di smartphone anda untuk bisa bermain game menggunakan kontroler.

Anda hanya perlu mencolokkan kabel kontroler ke extension kabel OTG smartphone saja. Setelah itu, anda hanya perlu melakukan pengaturan tombol kontroler saja untuk bisa digunakan bermain game mobile di smartphone.

  1. Membuat smartphone menjadi layar kedua bagi kamera DSLR

Selain bisa digunakan untuk menghubungkan kontroler dengan smartphone, fitur OTG di smartphone Android juga bisa membuat smartphone menjadi layar kedua bagi kamera DSLR.

Selain bisa menampilkan hasil tangkapan kamera DSLR, fitur OTG juga bisa sekaligus membuat smartphone yang anda miliki bisa digunakan untuk mengontrol kamera DSLR dari jauh.

Selain 5 hal tersebut, sebenarnya masih ada banyak sekali fungsi lain dari fitur OTG di smartphone selain hanya untuk berbagi data saja.

Jadi bagaimana? Apakah selama ini anda sudah mengetahui bahwa fitur OTG yang ada di smartphone anda tersebut bisa digunakan untuk melakukan hal-hal tersebut?