Pahami Perbedaan Sistem Operasi Mobile Huawei Harmony Dengan Android

    0
    37
    views

    Huawei memang sudah menyiapkan sistem operasi mandiri untuk digunakan di perangkat besutannya. Sistem operasi untuk perangkat mobile besutan Huawei tersebut sudah mulai digarap sejak tahun 2017 lalu.

    Namun kabarnya, proses pembuatan sistem operasi yang disebut dengan Harmony milik Huawei tampak makin dipercepat setelah adanya perang dagang antara Amerika dengan Cina yang berdampak langsung pada Huawei pada tahun 2019 ini.

    Dari rumor yang beredar, dikabarkan bahwa sistem operasi Harmony besutan Huawei ini bisa saja menjadi pesaing tangguh dari sistem operasi Android yang saat ini sudah jadi milik Google.

    Namun ternyata, sistem operasi Harmony milik Huawei ini sebenarnya tidak cocok kalau dikatakan bisa mengalahkan sistem operasi Android. Pasalnya, sistem operasi Harmony milik Huawei itu sendiri memang sangat berbeda dari sistem operasi Android.

    Lalu apa saja yang sebenarnya membedakan antara sistem operasi Harmony dengan sistem operasi Android itu? Bagi anda yang mau tau apa bedanya sistem operasi Harmony dan Android, anda bisa pelajari hal tersebut di dalam artikel ini.

    Ini 4 Hal yang Membedakan Antara Sistem Operasi Harmony Dengan Android

    Meskipun sama-sama berperan sebagai sebuah sistem operasi untuk perangkat smartphone, namun sebenarnya sistem operasi Harmony itu tidak bisa disamakan dengan Android.

    ini yang membedakan antara huawei harmony dengan google android os » Pahami Perbedaan Sistem Operasi Mobile Huawei Harmony Dengan Android

    Pasalnya memang ada cukup banyak hal yang berbeda antara 2 sistem operasi tersebut. Berikut ini adalah hal yang membedakan antara sistem operasi Harmony dengan Android:

    1. Dari basisnya

    Jika dilihat dari basisnya, sistem operasi Harmony dan juga Android jelas tidak bisa dibandingkan. Pasalnya, keduanya menggunakan basis yang berbeda.

    Sistem operasi Android menggunakan basis sistem Linux sedangkan Harmony hanya menggunakan basis microkernel.

    Jadi sangat tidak adil jika sistem operasi Android dikatakan lebih berat dibandingkan dengan sistem operasi Harmony.

    Hal tersebut sangat wajar, pasalnya memang sistem operasi Android punya data yang lebih besar dibandingkan dengan sistem operasi Harmony yang hanya berbasis microkernel saja.

    Jika mau dibandingkan, sebenanrya sistem operasi Harmony besutan Huawei ini bisa dibandingkan secara head to head dengan sistem operasi yang pernah dibuat oleh Google beberapa tahun lalu yang bernama Google Fuchsia.

    Pasalnya, Google Fucshia tersebut juga merupakan sistem operasi yang dibuat berdasarkan basis microkernel sama seperti sistem operasi Harmony.

    1. Dari ada tidaknya akses root

    Selain dari basis sistem yang digunakan, sebenarnya sistem operasi Android dan Harmony itu juga tidak bisa disamakan karena berbeda dari sisi ada tidaknya akses root di dalamnya.

    Jika sistem operasi Android itu memberikan akses root sepenuhnya pada pengguna, hal tersebut justru berbeda dengan sistem operasi Harmony.

    Pasalnya, sistem operasi Harmony sama sekali tidak diberikan akses rootnya pada pengguna. Alasan utama kenapa sistem operasi Harmony tidak bisa diroot adalah karena alasan keamanan.

    1. Dari aplikasi yang bisa dijalankan

    Karena menggunakan basis sistem yang berbeda, sudah dapat dipastikan bahwa aplikasi yang bisa berjalan di sistem operasi Harmony juga berbeda dengan yang di sistem operasi Android.

    Oleh sebab itu, kemungkinan besar aplikasi untuk sistem operasi Android sudah tidak akan bisa digunakan di sistem operasi Harmony.

    1. Dari adanya deterministic latency engine

    Perbedaan terakhir yang membuat sistem operasi Harmony tidak bisa dipadankan secara langsung dengan sistem operasi Android adalah adanya deterministic latency engine.

    Apa itu deterministic latency engine? Hal tersebut adalah satu program khusus yang bisa mendeteksi adanya penurunan kinerja komponen penting karena beban kerja yang melebihi batas.

    Dengan adanya program khusus tersebut, sistem operasi Harmony bisa membuat smartphone besutan Huawei mengalami peningkatan performa hingga 25% lebih baik dari ketika menggunakan sistem operasi Android.

    Jadi jika melihat perbedaan-perbedaan tersebut, sebenarnya sangat tidak adil jika sistem operasi Harmony buatan Huawei dibandingkan secara langsung dengan sistem operasi Android. Pasalnya memang ada banyak sekali hal yang tidak sama dari 2 sistem operasi tersebut.

    Baik sistem operasi Android dan juga sistem operasi Harmony buatan Huawei itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing ketika digunakan untuk menjalankan sebuah smartphone yang sama.