Pilih Smartphone atau Kamera Profesional, Mana yang Lebih Baik untuk Fotografi?

0
42
views

Di tahun 2019 ini memang terlihat banyak peningkatan pada teknologi yang dibenamkan di dalam sebuah smartphone.

Salah satu teknologi yang mengalami peningkatan pada smartphone adalah teknologi kameranya. Sekarang, banyak sekali smartphone yang sudah dilengkapi dengan lebih dari 2 lensa utama.

Dengan memiliki lensa yang lebih banyak, secara otomatis smartphone bisa menghasilkan foto ataupun video yang jauh lebih baik.

Melihat peningkatan pada kamera smartphone tersebut, tentunya ada beberapa dari anda yang mungkin mulai bingung menentukan lebih baik membeli smartphone atau kamera profesional di masa kini.

Bagi anda yang bingung menentukan mana yang harus dibeli antara smartphone dan kamera profesional, mungkin anda bisa menimbangnya dengan menggunakan tips yang dijabarkan di dalam artikel ini.

Ini 4 Hal yang Bisa Digunakan Untuk Menentukan Mana yang Lebih Baik Antara Smartphone dan Kamera Profesional Menurut Kebutuhan Anda

Tidak mudah memang untuk menentukan mana yang harus dibeli jika anda mau masuk kedalam dunia fotografi di masa kini. Pasalnya, smartphone memang sudah tidak kalah jika dibandingkan dengan kamera profesional.

smartphone atau kamera profesional untuk fotografi di masa kini » Pilih Smartphone atau Kamera Profesional, Mana yang Lebih Baik untuk Fotografi?

Bagi anda yang masih bingung menentukan mana yang lebih baik antara membeli smartphone flagship atau kamera profesional untuk menekuni dunia fotografi, anda bisa gunakan beberapa hal berikut ini untuk pembandingnya:

  1. Dari kepraktisan untuk dibawa kemana-mana

Hal pertama yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk menentukan mana yang lebih baik antara membeli smartphone flagship atau kamera profesional adalah dari segi kepraktisannya ketika dibawa kemana-mana.

Bagi anda yang memang kurang begitu suka membawa banyak barang ketika bepergian, maka smartphone flagship adalah yang paling tepat untuk anda beli.

Pasalnya, anda sudah bisa menggunakan smartphone flagship untuk mengabadikan baik foto maupun video yang berkualitas.

Dan lagi, smartphone flagship sangatlah praktis karena hanya cukup dimasukkan kedalam tas kecil saja atau bahkan saku celana.

Berbeda halnya dengan kamera profesional yang harus dimasukkan kedalam tas khusus yang tidak kalah besarnya dengan tas atau koper yang anda gunakan untuk membawa pakaian selama bepergian.

  1. Seberapa serius anda mau menekuni dunia fotografi

Hal kedua yang juga bisa dijadikan acuan untuk memilih antara membeli smartphone flagship atau kamera profesional adalah dari seberapa serius anda mau menekuni dunia fotografi.

Jika anda hanya mau menggunakan fotografi sebagai hobi semata, maka smartphone flagship saja sudah sangat memadai.

Namun jika anda memang mau menekuni dunia fotografi secara serius, maka sudah pasti kamera profesional adalah barang yang harus anda beli.

Pasalnya, kamera profesional memiliki sensor yang resolusinya lebih besar dan juga lensa yang lebih bagus jika dibandingkan dengan smartphone flagship.

Dan lagi, kamera profesional sudah siap digunakan untuk mengabadikan foto ataupun video di segala kondisi, tidak seperti smartphone yang masih sangat terbatas.

  1. Dari kemudahan sharing hasil foto ataupun video

Hal berikutnya yang juga bisa jadi pertimbangan untuk memilih membeli smartphone flagship ataupun kamera profesional adalah dari kemudahan sharing hasil foto maupun video anda.

Jika anda adalah tipe orang yang suka membagikan foto ataupun video yang anda abadikan sendiri, maka sudah pasti kamera profesional tidak cocok untuk anda.

Bagi anda yang suka berbagi hasil foto maupun video hasil tangkapan sendiri memang lebih cocok menggunakan smartphone.

Kenapa? Karena ketika mengabadikan foto maupun video menggunakan smartphone, anda bisa langsung membagikannya melalui berbagai macam aplikasi media sosial yang terpasang di smartphone tersebut.

  1. Budget yang siap anda keluarkan untuk menekuni fotografi

Hal terakhir yang juga bisa jadi bahan pertimbangan ketika mau menentukan membeli smartphone flagship atau kamera profesional adalah budget yang siap anda keluarkan.

Jika anda hanya memiliki budget kurang dari 10 juta Rupiah saja, maka sudah pasti anda lebih baik membeli smartphone flagship terlebih dahulu.

Pasalnya, budget kurang dari 10 juta Rupiah akan sangat sia-sia jika digunakan untuk membeli kamera. Karena kamera profesional yang benar-benar bisa mengalahkan kualitas kamera smartphone itu biasanya dijual dengan harga puluhan hingga ratusan juta Rupiah.

Jadi jika budget anda memang terbatas, sudah pasti pilihan yang paling tepat untuk anda yang mau mencoba dunia fotografi adalah smartphone flagship terlebih dahulu.

Bagaimana? Apakah anda masih bingung menentukan harus membeli smartphone flagship atau kamera profesional setelah membaca tips di dalam artikel ini?