Qualcomm Snapdragon 730G VS Snapdragon 720G, Mana yang Lebih Baik?

    0
    6
    views

    Jika berbicara soal dapur pacu atau Chip dari smartphone Android, Qualcomm Snapdragon menjadi salah satu SoC (System on a Chip) paling disukai oleh konsumen.

    Hal tersebut disebabkan karena SoC Qualcomm Snapdragon memang jauh lebih garang digunakan untuk bermain game mobile kelas berat.

    Yang lebih menarik lagi, Qualcomm juga meluncurkan SoC khusus untuk gaming. 2 SoC khusus gaming dari Qualcomm tersebut adalah Snapdragon 730G dan juga Snapdragon 720G.

    Dari 2 SoC gaming besutan Qualcomm tersebut memang yang paling banyak digunakan adalah Snapdragon 730G. Lalu apakah itu berarti bahwa Qualcomm Snapdragon 730G jauh lebih baik dibandingkan dengan Snapdragon 720G?

    Bagi anda yang penasaran ingin tau komparasi antara Qualcomm Snapdragon 730G dengan Snapdragon 720G, anda bisa baca penjelasannya di dalam artikel ini.

    Perbandingan CPU yang Disematkan di SoC SD 730G dan SD 720G

    Hal pertama yang perlu dibandingkan antara Qualcomm Snapdragon 730G dengan Snapdragon 720G adalah bagian CPU.

    Jika dilihat secara sekilas, kedua chipset gaming besutan Qualcomm tersebut memang sudah sama-sama dibekali CPU dengan 8 core.

    Namun jika dibandingkan secara lebih detail, performa CPU yang dibenamkan di dalam Qualcomm Snapdragon 720G memang sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan Snapdragon 730G, terutama jika dilihat dari kecepatan proses CPUnya.

    perbandingan soc hp android qualcomm snapdragon 730g vs snapdragon 720g » Qualcomm Snapdragon 730G VS Snapdragon 720G, Mana yang Lebih Baik?

    Di dalam SoC Qualcomm Snapdragon 720G dibenamkan CPU octa core dengan konfigurasi 2 core kryo 465 Gold dengan kecepatan maksimal 2.3 Ghz dan 6 core Kryo 470 silver dengan kecepatan maksimal 1.8 Ghz.

    Sedangkan untuk SoC Qualcomm Snapdragon 730G hanya dibekali dengan CPU octa core dengan konfigurasi 2 core Kryo 470 Gold dengan kecepatan maksimal 2.2 Ghz dan 6 core Kryo 470 Silver dengan kecepatan maksimal 1.8 Ghz.

    Perbandingan GPU yang Dibenamkan di Dalam SD 730G dan SD 720G

    Setelah bagian CPU, perbandingan berikutnya antara SoC Qualcomm Snapdragon 730G dan Snapdragon 720G yang cukup menarik untuk dicermati adalah pada bagian GPU.

    GPU adalah bagian paling penting kedua dari sebuah chipset smartphone. Pasalnya, kualitas GPU yang dibenamkan di dalam sebuah SoC akan mempengaruhi performa smartphone ketika digunakan untuk bermain game.

    Untuk bagian GPU ini, Qualcomm Snapdragon 730G memang jauh lebih unggul dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 720G.

    Meskipun keduanya sama-sama menggunakan GPU Adreno 618, namun GPU Adreno 618 yang disematkan di dalam Qualcomm Snapdragon 730G sudah mendapatkan peningkatan di beberapa bagian.

    Beberapa peningkatan pada GPU Adreno 618 yang disematkan di Qualcomm Snapdragon 730G adalah:

    • Overclock performa GPU hingga 15% dari versi normal.
    • Sudah mendukung resolusi 4K HDR10.
    • Sudah mampu mendukung teknologi physical rendering.

    Namun sayangnya, meskipun memang kualitas GPU yang disematkan di Qualcomm Snapdragon 730G ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 720G, kemungkinan besar hal tersebut tidak akan begitu berarti.

    Kenapa? Karena mayoritas smartphone yang menggunakan resolusi 4K HDR10 sudah dapat dipastikan tidak akan dibekali dengan SoC Qualcomm Snapdragon seri 7. Smartphone dengan resolusi layar super besar tersebut sudah dapat dipastikan hanya akan dijejali dengan SoC Snapdragon seri 8 yang merupakan seri tertinggi dari Qualcomm.

    Perbandingan Teknologi Lain yang Disematkan di SoC Snapdragon 730G dan 720G

    Selain GPU dan juga CPU, masih ada beberapa teknologi lain yang juga perlu dibandingkan antara SoC Snapdragon 730G dengan 720G.

    Untuk bagian modem, baik SoC Snapdragon 730G dan Snapdragon 720G keduanya menggunakan modem yang sama yaitu modem Snapdragon X15 LTE.

    Sedangkan untuk teknologi Bluetooth dan juga WiFi, SoC Snapdragon 720G memang memiliki teknologi yang sedikit lebih tinggi karena di dalamnya dilengkapi Bluetooth 5.1 dan WiFi 6.0.

    Namun SoC Snapdragon 730G menyeimbangkan kembali dengan teknologi quick charge yang lebih tinggi yaitu 4+. Sedangkan Snapdragon 720G hanya memiliki teknologi quick charge 4.0 saja.

    Kesimpulan

    Lalu manakah yang lebih baik antara Qualcomm Snapdragon 730G dengan Snapdragon 720G? Jika mau digunakan untuk bermain game kelas berat, Qualcomm Snapdragon 730G jelas jauh lebih mumpuni.

    Pasalnya, meskipun clock speed CPUnya sedikit lebih rendah, spesifikasi GPU yang dibenamkan di dalam SoC Qualcomm Snapdragon 730G mendapatkan lebih banyak tweaking sehingga jauh lebih maksimal performanya.