Ragam Cara Menghemat Daya Baterai iPhone yang Sudah Menggunakan IOS 13

0
31
views

IPhone memang bisa memberikan performa yang jauh lebih stabil dibandingkan dengan smartphone bersistem operasi Android.

Namun karena performanya terus stabil, secara otomatis IPhone akan jauh lebih boros dalam penggunaan daya baterai.

Oleh sebab itu, tidak heran jika mayoritas pengguna IPhone itu selalu memiliki dan membawa sebuah powerbank kemanapun mereka pergi.

Namun untungnya, Apple menyadari kelemahan utama produknya. Masalah borosnya konsumsi daya baterai IPhone tersebut diatasi dengan meluncurkan pembaruan IOS 13.

Menurut informasinya, IPhone yang sudah menggunakan IOS 13 bisa lebih menghemat konsumsi daya baterainya.

Lalu bagaimana caranya menghemat daya baterai IPhone yang sudah menggunakan IOS seri 13 tersebut? Bagi anda yang ingin tau, anda bisa baca detailnya melalui artikel ini.

Ini 5 Macam Cara Menghemat Konsumsi Daya Baterai IPhone yang Sudah Menggunakan IOS 13

Bagi anda pengguna IPhone yang sudah melakukan pembaruan sistem operasi ke IOS 13, sekarang anda bisa sedikit bernafas lega mengenai masalah konsumsi daya baterai IPhone yang begitu boros.

trik cara hemat daya baterai iphone dengan ios 13 » Ragam Cara Menghemat Daya Baterai iPhone yang Sudah Menggunakan IOS 13

Pasalnya, ada banyak sekali cara yang bisa anda gunakan untuk menghemat konsumsi daya baterai IPhone jika sudah menggunakan IOS 13.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghemat daya baterai di IPhone yang sudah menggunakan IOS 13:

  1. Cek aplikasi yang menggunakan terlalu banyak daya baterai

Hal pertama yang bisa anda lakukan jika ingin menghemat daya baterai IPhone yang sudah menggunakan IOS 13 adalah dengan cek aplikasi apa saja yang paling banyak menggunakan daya baterai.

Pada IOS 13, anda sudah bisa mendeteksi aplikasi apa saja yang menggunakan daya baterai paling banyak dengan lebih detail lagi.

Jika sudah menemukan aplikasi apa yang paling banyak menggunakan daya baterai IPhone anda, maka anda memiliki 2 pilihan yaitu menghapus aplikasi tersebut atau memaksa memberhentikan aplikasi tersebut berjalan di belakang layar.

Namun cara yang paling efektif jelas adalah menghapus aplikasi yang terlalu banyak menggunakan baterai jika anda mau benar-benar menghemat daya baterai IPhone yang anda miliki.

  1. Ijinkan IPhone mengakses lokasi hanya saat menggunakan aplikasi tertentu saja

Selain karena adanya aplikasi yang terus berjalan di belakang layar, IPhone menjadi sangat boros juga disebabkan karena fitur lokasi selalu dalam kondisi ON.

Jika IPhone yang anda miliki sudah mendapatkan pembaruan IOS 13, maka anda bisa memilih agar IPhone hanya mengakses lokasi ketika membuka aplikasi tertentu saja. Dengan begitu, IPhone tidak terus menerus melakukan tracking lokasi.

Ketika IPhone tidak selalu melakukan tracking lokasi anda, maka secara otomatis konsumsi daya baterainya pasti akan menurun drastis.

  1. Matikan fitur background app refresh

Jika anda sudah menemukan aplikasi apa saja yang paling banyak menggunakan daya baterai IPhone anda, namun anda tidak bisa menghapus aplikasi tersebut karena sering anda gunakan, maka solusinya adalah dengan mematikan fitur background app refresh.

Caranya adalah dengan masuk kedalam menu setting kemudian pilih menu background app refresh. Setelah itu, tentukan aplikasi apa yang mau anda matikan background app refresh-nya.

Dengan begitu, aplikasi baru akan melakukan refresh ketika anda membukanya saja. Jika aplikasi sudah tidak bisa berjalan lagi di belakang layar, secara otomatis baterai IPhone yang anda miliki tidak akan cepat terkuras habis.

  1. Gunakan fitur dark mode

Salah satu fitur yang benar-benar dinantikan oleh pengguna IPhone sejak dulu adalah adanya fitur dark mode. Pada IOS 13, akhirnya pengguna  IPhone sudah bisa menikmati fitur tersebut.

Fitur dark mode ini bukan hanya bisa mengurangi rasa lelah di mata, terutama ketika digunakan di malam hari. Selain itu, fitur dark mode ini sedikit banyak juga dapat mempengaruhi konsumsi daya perangkat IPhone.

Dengan menggunakan fitur dark mode, secara otomatis screen atau layar tidak akan bekerja secara maksimal dalam menampilkan warna-warna cerah.

Oleh sebab itu, secara otomatis penggunaan fitur dark mode ini berpengaruh pada konsumsi daya baterai IPhone.

  1. Letakkan IPhone dengan layar di bagian bawah

Cara terakhir menghemat konsumsi daya baterai IPhone adalah dengan meletakkan IPhone dengan layar di bagian bawah ketika sedang tidak digunakan.

Kenapa? Karena dengan meletakkan IPhone dengan kondisi layar di bawah, secara otomatis hal tersebut akan membuat sistem tidak akan menyalakan layar secara otomatis ketika ada notifikasi yang masuk.

Dengan begitu, secara otomatis konsumsi daya baterai IPhone juga akan lebih hemat karena layar IPhone tidak akan hidup dan mati berkali-kali ketika ada notifikasi yang masuk.

Cukup mudah bukan caranya menghemat konsumsi daya baterai IPhone yang sudah menggunakan IOS 13 itu? Ikuti tips tersebut, dijamin anda akan makin jarang menggunakan power bank untuk mengisi baterai IPhone anda.