Realme 6i, Smartphone Android Pertama yang Usung Chipset Mediatek Helio G80

0
7
views

Realme memang bisa dikatakan sedang menunjukkan peningkatan drastis dari sebelumnya. Hal tersebut terlihat dari banyaknya seri smartphone yang diluncurkan mulai dari akhir tahun 2019 sampai kuartal pertama 2020 ini.

Dan bukan hanya sekedar meluncurkan seri smartphone baru saja, masing-masing seri smartphone baru yang diluncurkan oleh Realme juga memiliki kelebihan.

Salah satu kelebihan dari seri smartphone yang diluncurkan oleh Realme adalah menggunakan chipset terbaru. Contohnya adalah seperti Realme C3 yang menjadi smartphone pertama yang menggunakan chipset Helio G70.

Setelah itu, muncul kembali seri 6 Pro yang menjadi smartphone pertama yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 720G.

Dan sebentar lagi, Realme juga akan meluncurkan seri smartphone baru yang pertama kali menggunakan chipset dari Mediatek yaitu Helio G80. Seri smartphone terbaru dari Realme tersebut adalah Realme 6i yang langsung menjalankan OS Android versi 10 dengan dukungan UI ColorOS 6 sebagai default sistem operasi dari pabrikan yang merupakan sub brand dari Oppo ini.

Penasaran seperti apa spesifikasi yang akan dibawa Realme 6i nanti? Baca bocoran spesifikasi seri smartphone Realme terbaru tersebut di dalam artikel ini.

Menggunakan Notch di Bagian Display

Seperti yang sudah diketahui dari bocoran data FCC, Realme 6i nantinya akan menggunakan desain layar berponi atau notch dengan bentuk tetesan air.

Namun sayangnya memang ukuran bentang diagonal display Realme 6i masih belum dibongkar. Hanya saja dapat dipastikan jika ukuran display Realme 6i ini lebih dari 6 inci.

Untuk masalah panel yang digunakan di Realme 6i memang juga belum dibocorkan. Namun jika melihat sensor pemindai sidik jari diletakkan di bodi samping kanan, hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa panel yang akan digunakan Realme 6i ini kemungkinan hanya IPS LCD.

Pakai Chipset Mediatek Seri Helio G80

Pada bagian utamanya, Realme 6i ini nantinya akan diotaki langsung dengan chipset terbaru dari Mediatek yaitu seri Helio G80.

Chipset Mediatek Helio G80 sudah memiliki CPU octa core. Dan jika dilihat dari kecepatan CPUnya, chipset Mediatek Helio G80 ini memang memiliki CPU yang sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan chipset Mediatek Helio G70.

bocoran fitur spek hp android realme 6i » Realme 6i, Smartphone Android Pertama yang Usung Chipset Mediatek Helio G80

CPU yang dibenamkan di dalam chipset Mediatek Helio G80 ini terdiri dari 2 inti Cortex A75 berkecepatan 2.0 Ghz dan 4 inti Cortex A55 berkecepatan 1.8 Ghz.

Jika dilihat dari CPU yang diusung, memang chipset Mediatek Helio G80 ini tidak begitu jauh meninggalkan seri Helio G70. Namun jika dilihat dari GPU atau pengolah datanya, chipset Mediatek Helio G80 memang jauh lebih unggul dibandingkan dengan Helio G70.

Hal tersebut disebabkan karena chipset Mediatek Helio G80 sudah dibekali dengan GPU Mali G52 dengan kecepatan 950 MHz.

Dan bukan hanya itu saja, chipset Mediatek Helio G80 tersebut juga akan dikombinasikan dengan RAM 4 GB di dalam Realme 6i nanti. Kombinasi chipset Mediatek terbaru dengan RAM yang kapasitasnya sangat besar tersebut tentu akan memberikan kenyamanan maksimal ketika digunakan untuk multitasking maupun bermain game berat.

Namun sayangnya, kapasitas memori internal yang akan dibawa Realme 6i belum diketahui. Namun menurut prediksinya, Realme 6i akan dibekali dengan memori internal berkapasitas 64 GB.

Dibekali Dengan 4 Kamera di Bagian Belakang

Selain chipset yang dibenamkan di dalam Realme 6i, smartphone seri terbaru dari Realme tersebut juga memiliki kelebihan di bagian kamera.

Menurut bocoran dari data FCC, Realme 6i ini nantinya akan dibekali dengan 4 kamera utama di bagian belakang. Namun sayangnya, data FCC sama sekali tidak memberikan informasi lebih detail mengenai spesifikasi masing-masing dari konfigurasi quad kamera Realme 6i.

Namun yang pasti, Realme 6i kemungkinan besar akan membawa kamera jenis wide, ultrawide, telephoto, dan juga makro seperti mayoritas smartphone masa kini.

Ditenagai Dengan Baterai Berkapasitas Besar

Realme 6i tidak hanya akan membawa chipset Mediatek seri terbaru saja, selain menggunakan chipset terbaru, Realme 6i ini juga sudah dipastikan akan dibekali dengan baterai yang kapasitasnya cukup besar.

Realme 6i ini akan menggendong baterai jenis Li-Po tanam dengan kapasitas 5.000 mAh. Dan menariknya lagi, Realme 6i sudah dibekali juga dengan fitur fast charging 18W dengan port USB tipe C.

Namun sayang, belum ada informasi lebih detail lagi mengenai kapan Realme 6i ini akan meluncur di pasaran. Hanya saja jika melihat Realme 6i ini sudah masuk kedalam beberapa lembaga sertifikasi, kemungkinan Realme 6i ini tidak lama lagi akan meluncur di pasaran global.