Resmi Diluncurkan, Begini Kelebihan Chipset Qualcomm Snapdragon 690

0
4
views

Qualcomm, yang merupakan salah satu vendor chipset unggulan, baru saja meluncurkan seri chipset terbarunya. Kali ini, Qualcomm meluncurkan chipset kelas menengah yaitu Snapdragon 690.

Namun meskipun Snapdragon seri 6 lebih sering dikenal dengan chipset kelas menengah, chipset seri 690 besutan Qualcomm kali ini tidak bisa diremehkan begitu saja.

Pasalnya, Qualcomm Snapdragon 690 mengusung cukup banyak teknologi baru yang kemungkinan besar akan merubah pasar smartphone di tahun 2020 ini.

chipset qualcomm snapdragon 690 » Resmi Diluncurkan, Begini Kelebihan Chipset Qualcomm Snapdragon 690

Lalu apa saja teknologi yang disematkan di dalam Qualcomm Snapdragon 690 tersebut? Bagi anda yang ingin mengetahui seperti apa saja teknologi yang ada di dalam chipset Qualcomm Snapdragon 690, anda bisa baca informasinya di artikel ini.

5 Teknologi yang Disematkan di Dalam Chipset Qualcomm Snapdragon 690

Seperti yang sudah disebutkan, Qualcomm memang baru saja meluncurkan chipset seri Snapdragon 690. Menariknya, chipset yang biasanya digunakan di smartphone low end hingga mid range ini dibekali dengan berbagai teknologi baru.

Berikut ini adalah beberapa teknologi yang disematkan Qualcomm di dalam chipset Snapdragon 690:

  1. Sudah mendukung 4K HDR

Teknologi pertama yang disematkan di dalam chipset Qualcomm Snapdragon 690 adalah teknologi yang mendukung fitur kamera.

Chipset Qualcomm Snapdragon 690 dibekali dengan teknologi yang sudah mendukung 4K HDR. Teknologi tersebut biasanya terdapat di chipset kelas premium.

Dengan adanya teknologi tersebut, smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 690 akan mampu menangkap lebih dari 1 miliar warna dan juga mampu mengabadikan foto dengan ukuran hingga 192 MP.

Jadi nantinya, smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 690 sudah akan terasa seperti smartphone premium dari segi kameranya.

  1. Mendukung penggunaan display dengan refresh rate tinggi

Selain memiliki teknologi 4K HDR, chipset Qualcomm Snapdragon 690 juga sudah dilengkapi dengan fitur yang mendukung penggunaan display dengan refresh rate tinggi.

Chipset Qualcomm Snapdragon 690 sudah mendukung penggunaan display smartphone dengan refresh rate hingga 120 Hz. Dengan adanya teknologi tersebut, secara otomatis akan ada makin banyak smartphone gaming murah dengan dukungan display refresh rate tinggi di beberapa bulan kedepan.

  1. Mendukung jaringan 5G

Setelah sukses mengimplementasikan dukungan jaringan 5G di chipset mid range, Qualcomm juga menyematkan teknologi tersebut di chipset Snapdragon 690 yang baru saja diluncurkan.

Dengan adanya dukungan jaringan 5G di chipset Snapdragon seri 690 tersebut, secara otomatis nantinya akan makin banyak smartphone 5G dengan harga sangat terjangkau.

Untuk bisa mendukung jaringan 5G, chipset Qualcomm Snapdragon 690 menggunakan modem 5G Snapdragon X51-RF.

  1. Dilengkapi dengan teknologi AI generasi kelima

Teknologi berikutnya yang juga disematkan di dalam Qualcomm Snapdragon 690 yang baru saja diluncurkan ke pasaran adalah teknologi AI terbaru.

Chipset Qualcomm Snapdragon 690 dibekali dengan teknologi AI generasi kelima. Dengan menggunakan fitur AI generasi kelima tersebut, smartphone yang ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 690 akan lebih baik performanya dalam menjalankan fitur yang berhubungan dengan teknologi AI.

  1. Dibekali dengan CPU Kryo 560

Untuk bagian CPU, chipset Qualcomm Snapdragon 690 juga dilengkapi dengan konfigurasi yang lebih baik dari chipset generasi 6 sebelumnya.

Qualcomm Snapdragon 690 dibekali dengan CPU Kryo 560. Dengan mengusung CPU tersebut, Qualcomm Snapdragon 690 berhasil meningkatkan performanya hingga 20% jika dibandingkan dengan performa chipset Qualcomm seri 6 seri sebelumnya.

Untuk kecepatannya, CPU yang disematkan di dalam chipset Qualcomm Snapdragon 690 dikabarkan memiliki kecepatan maksimal hingga 2.0 Ghz.

Dengan memiliki kecepatan CPU hingga 2.0 Ghz, chipset Qualcomm Snapdragon 690 dipastikan bisa digunakan untuk bermain game ataupun multitasking dengan sangat lancar.

Menurut informasinya, saat ini sudah ada cukup banyak vendor smartphone Android yang memesan chipset Qualcomm Snapdragon 690. Beberapa vendor smartphone yang dikabarkan sudah memesan chipset seri 6 terbaru dari Qualcomm tersebut adalah HMD Global, Motorola, TCL, LG, Wingtech, dan juga Sharp.

Lalu kapan smartphone dengan chipset Qualcomm Snapdragon 690 akan meluncur ke pasaran? Menurut prediksinya, smartphone dengan chipset Qualcomm Snapdragon 690 akan mulai dipasarkan di kuartal kedua ataupun paling lambat kuartal ketiga tahun 2020.