Resmi Diperkenalkan, Begini Peningkatan Fitur Pada IOS 14

0
3
views

Beberapa bulan ini, memang sudah cukup banyak yang membicarakan soal pembaruan IOS versi 14. Setelah beberapa lama diperbincangkan, akhirnya Apple secara resmi memperkenalkan IOS versi terbarunya yaitu versi 14.

Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, IOS 14 memang mendapatkan banyak fitur baru. Namun uniknya, mayoritas fitur baru yang disematkan di IOS 14 adalah fitur yang sudah ada di dalam OS Android.

Penasaran seperti apa saja fitur-fitur baru yang ada di IOS 14? Mau tau fitur IOS 14 apa saja yang sebenarnya sudah ada di dalam OS Android? Bagi anda yang ingin tau lebih lengkap soal fitur baru di IOS versi 14, anda bisa baca informasi tersebut di artikel ini.

6 Macam Fitur Baru yang Hadir di IOS Versi 14

Seperti yang sudah diprediksikan sebelumnya, Apple memang meluncurkan IOS versi terbaru yaitu versi 14 tepat pada tanggal 22 Juni 2020.

peningkatan fitur ios 14 » Resmi Diperkenalkan, Begini Peningkatan Fitur Pada IOS 14

Cukup banyak fitur baru yang dihadirkan pada IOS versi 14 tersebut. Berikut ini merupakan beberapa fitur baru yang sudah bisa dinikmati di perangkat Apple yang sudah menggunakan IOS 14:

  1. Widget yang bisa diatur sesuai keinginan di Home Screen

Fitur baru pertama yang hadir pada IOS versi 14 adalah fitur widget. Sekarang pengguna perangkat Apple sudah bisa menggunakan berbagai macam widget di dalam Home Screen.

Dan bukan hanya itu saja, Widget yang bisa disematkan di Home Screen juga bisa diatur ukurannya sesuai dengan keinginan pengguna.

Fitur widget pada Home Screen di IOS 14 ini bisa dikatakan cukup mirip dengan fitur widget di OS Android.

  1. Fitur Smart Stack

Bagi anda yang menggunakan aplikasi cukup banyak, sekarang andapun akan sangat terbantu dengan adanya fitur Smart Stack pada IOS versi 14.

Dengan adanya fitur Smart Stack tersebut, perangkat Apple yang sudah menggunakan IOS versi 14 bisa secara otomatis menampilkan beragam aplikasi yang cukup sering anda gunakan.

Dengan begitu, anda sudah tidak perlu lagi repot-repot mencari aplikasi yang memang cukup sering anda gunakan.

  1. Fitur App Library

Selain Smart Stack, Apple juga melengkapi IOS versi 14 dengan fitur spesial yang disebut dengan App Library.

Fungsi dari fitur App Library tersebut adalah mengelompokkan shortcut aplikasi-aplikasi kedalam grup atau list tertentu. Pengelompokan shortcut aplikasi tersebut dimasukkan secara otomatis kedalam folder.

Fitur App Library ini juga menjadi salah satu fitur baru IOS versi 14 yang sudah lebih dulu diterapkan di OS Android.

  1. Fitur picture in picture

Fitur selanjutnya yang juga baru ditambahkan di IOS versi 14 adalah fitur picture in picture. Dengan adanya fitur picture in picture ini, semua perangkat besutan Apple yang sudah menggunakan IOS versi 14 sudah bisa memutar video bersamaan dengan aplikasi apapun.

Fitur picture in picture yang ada di IOS versi 14 ini serupa dengan fitur picture in picture yang sudah lebih dulu meluncur di OS Android.

Dengan adanya fitur picture in picture ini, perangkat Apple yang sudah menggunakan IOS versi 14 jelas bisa jauh lebih maksimal digunakan untuk multitasking.

  1. Peningkatan pada AI Siri

Fitur selanjutnya yang juga baru terdapat di IOS versi 14 adalah peningkatan pada AI Siri. Pada perangkat Apple yang sudah menggunakan IOS 14, Siri sudah bisa digunakan untuk mengirimkan pesan dalam format audio.

Dengan mampu mengirimkan pesan dengan format audio, Siri jelas menjadi semakin efektif digunakan sebagai virtual asisten.

  1. Fitur alih bahasa secara tertulis dan lisan

Fitur baru yang juga muncul pada IOS versi 14 adalah fitur alih bahasa baik secara lisan maupun tulisan.

Dengan adanya fitur tersebut, perangkat Apple yang sudah menggunakan IOS versi 14 bisa dengan mudah menterjemahkan 11 macam bahasa (Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman, Jepang, Arab, Korea, Italia, Portugis, dan juga Rusia) baik secara tertulis maupun secara lisan menggunakan audio.

Meskipun memang ada cukup banyak fitur baru yang akan dibawa IOS 14 nanti, sayangnya Apple belum mengumumkan kapan IOS versi 14 ini akan digulirkan. Namun kemungkinan IOS versi 14 tidak akan lama lagi sudah bisa diunduh dari perangkat Apple yang anda miliki.