Resmi Meluncur di Vietnam, Vivo Y1s Mirip Dengan Seri Y91c

0
5
views

Beberapa hari lalu, Vivo kembali meluncurkan smartphone entry level baru untuk negara Vietnam. Smartphone yang diluncurkan di Vietnam tersebut dinamakan Vivo Y1s. Meskipun memang baru saja diluncurkan, namun banyak yang menganggap bahwa Vivo Y1s memiliki tampilan eksterior yang sangat mirip dengan smartphone Vivo seri Y91c. Smartphone Vivo Y91c tersebut sudah diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2019 lalu.

Lalu apakah spesifikasi Vivo Y1s yang baru saja diluncurkan di Vietnam tersebut juga serupa dengan Vivo Y91c yang sudah lebih dulu meluncur di tahun 2019 lalu?

Bagi anda yang penasaran ingin mengetahui seperti apa spesifikasi yang dibawa Vivo Y1s, anda bisa baca informasi tersebut lebih lengkap di artikel ini.

Memiliki Desain Display dan Bodi yang Masih Serupa

Seperti yang sudah disebutkan, Vivo Y1s memang terlihat memiliki tampilan eksterior yang serupa dengan seri Y91c.

Hal tersebut terlihat dengan jelas dari bagian display serta bagian bodinya. Untuk bagian display, Vivo Y1s mengusung display berukuran 6.22 inci. Sedangkan desain display yang digunakan pada Vivo Y1s masih sama yaitu display berponi atau notch dengan bentuk tetesan air.

Dan untuk panelnya, Vivo Y1s menggunakan panel jenis LCD. Dengan menggunakan panel tersebut, Vivo Y1s sudah mampu mendukung resolusi HD+.

Selain memiliki ukuran serta desain display yang serupa, bodi yang digunakan Vivo Y1s juga serupa dengan Y91c. Vivo Y1s menggunakan desain bodi curved di 4 ujungnya.

Menggunakan SoC yang Sedikit Lebih Tinggi dari Y91c

Meskipun menggunakan display yang serupa dengan Y91c, Vivo Y1s yang baru saja diluncurkan di Vietnam masih memiliki beberapa peningkatan.

Peningkatan pertama terdapat pada bagian SoC atau chipsetnya. Vivo Y1s yang diluncurkan di Vietnam dibekali dengan chipset Mediatek seri MT6765 atau jauh lebih dikenal dengan sebutan Helio P35.

hp android vivo y1s » Resmi Meluncur di Vietnam, Vivo Y1s Mirip Dengan Seri Y91c

Di dalam chipset tersebut sudah dibenamkan CPU Cortex A53 dengan jumlah 8 core. Kecepatan core tertingginya adalah 2.3 Ghz.

Namun meskipun sudah dibekali dengan SoC yang sedikit lebih tinggi dari Y91c, sayangnya Vivo Y1s masih menggunakan konfigurasi RAM dan memori internal yang serupa dengan Y91c yaitu RAM 2 GB dan memori internal 32 GB.

Hanya saja, untuk bagian sistem operasinya, Vivo Y1s menggunakan sistem operasi yang jauh lebih tinggi dari Y91c. Vivo Y1s sudah menggunakan sistem operasi Android versi 10 serta Funtouch 10.5 yang serupa dengan yang dibenamkan di dalam Vivo X50 Pro.

Cuma Dibekali Dengan Satu Kamera Saja

Hadir sebagai smartphone entry level sudah pasti membuat Vivo harus memangkas banyak hal. Salah satu bagian yang dipangkas untuk mengurangi harga jual Vivo Y1s adalah bagian kamera.

Vivo Y1s ini sama sekali tidak dibekali dengan fitur kamera sesuai dengan kebanyakan smartphone masa kini. Hal tersebut terlihat dari hanya ada 1 buah kamera saja untuk bagian depan dan juga bagian belakang.

Untuk bagian belakang, Vivo Y1s dibekali dengan kamera bersensor 13 MP dan aperture f/2.2. Sedangkan untuk kamera di bagian depan, Vivo Y1s dibekali dengan kamera 5 MP beraperture f/1.8.

Namun uniknya, meskipun hanya dibekali dengan satu kamera saja, Vivo Y1s masih dilengkapi dengan beberapa fitur kamera seperti AI Face Beauty dan juga time lapse record.

Kapasitas Baterai Biasa dan Tanpa Tambahan Fitur Apapun

Selain bagian kamera, bagian baterai juga menjadi bagian yang dipangkas habis oleh Vivo pada seri Y1s.

Vivo Y1s memang masih mengusung baterai dengan kapasitas wajar untuk smartphone masa kini yaitu 4.030 mAh. Namun sayangnya, Vivo Y1s tidak dibekali dengan fitur fast charging sama sekali.

Dan bukan hanya itu saja, Vivo Y1s juga masih menggunakan port jenis lama yaitu port micro USB untuk melakukan pengisian daya baterainya.

Fitur Tambahan yang Dimiliki Vivo Y1s

Namun meskipun banyak bagian yang dipangkas, setidaknya Vivo Y1s masih dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan seperti face recognition untuk sistem keamanan smartphone, fitur dark mode, dan juga fitur dynamic effect yang memberikan kebebasan pada pengguna untuk memilih efek transisi saat pengguna beralih dari kondisi home terkunci, face recognition, dan berpindah dari satu aplikasi ke home.

Harga Vivo Y1s

Vivo Y1s hadir di Vietnam dengan 3 pilihan warna yaitu Aurora Green, kombinasi gradasi putih biru, dan juga ungu. Vivo Y1s dijual dengan kisaran harga 2.690.000 VND atau sekitar 1,5 jutaan Rupiah saja.