Rilis di India, Xiaomi Redmi 8A Dual Punya 2 Kamera Utama dan Baterai 5.000 mAh

0
4
views

Xiaomi sudah merilis Redmi 8A sejak bulan September 2019 lalu di India. Dan di bulan Februari 2020 ini, Xiaomi kembali merilis versi upgrade dari Redmi 8A tersebut di India. Versi upgrade dari Redmi 8A yang diluncurkan di India disebut dengan Redmi 8A Dual.

Karena merupakan versi upgrade, sudah pasti akan ada beberapa hal yang mengalami peningkatan pada Redmi 8A Dual jika dibandingkan dengan Redmi 8A.

Lalu apa saja yang mengalami peningkatan pada Redmi 8A Dual tersebut? Untuk mengetahui lebih detail mengenai apa yang mengalami peningkatan pada Redmi 8A Dual, anda bisa baca di artikel ini.

Menggunakan Layar Berponi Dengan Ukuran 6.22 Inci

Pada bagian layar, Redmi 8A Dual bisa dikatakan tidak terlihat mengalami peningkatan apapun. Pasalnya, layar Redmi 8A Dual ini masih sama dengan Redmi 8A.

Ukuran layarnya masih 6.22 inci dan desain layar yang digunakan juga masih sama yaitu layar berponi dengan bentuk tetesan air. Selain itu, di bagian panel juga masih menggunakan panel IPS LCD yang hanya mendukung resolusi 720 X 1520 piksel dengan aspek rasio 19:9.

review fitur harga spek hp android xiaomi redmi 8a dual » Rilis di India, Xiaomi Redmi 8A Dual Punya 2 Kamera Utama dan Baterai 5.000 mAh

Namun meskipun terlihat sama, ternyata ada peningkatan drastis pada bagian layar Redmi 8A Dual. Layar Redmi 8A Dual sudah dilengkapi dengan pelindung Gorilla Glass 5 yang jauh lebih kuat dari versi sebelumnya.

Dengan adanya pelindung Gorilla Glass 5, secara otomatis layar Redmi 8A Dual ini jauh lebih tahan dari goresan dan benturan, terutama di bagian ujung layar.

Menggunakan SoC Snapdragon 439

Untuk bagian dapur pacu, Redmi 8A Dual memang juga terlihat tidak mengalami peningkatan apapun. Pasalnya, Redmi 8A Dual ini juga masih menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 439.

Di dalam SoC tersebut sudah dilengkapi dengan CPU octa core dengan konfigurasi 2 core Cortex A53 1.95 Ghz dan juga 6 core Cortex A53 1.45 Ghz.

Selain itu, SoC Qualcomm Snapdragon 439 tersebut juga akan dikombinasikan dengan RAM 3 GB serta memori internal 32 GB.

Semua komponen yang terdapat di dalam Redmi 8A Dual juga akan menjalankan sistem operasi Android 10 langsung dari pabrikan. Dan lagi, Redmi 8A Dual ini juga akan menggunakan sistem antarmuka MIUI 11.

Jadi dari segi sistem, Redmi 8A Dual jelas jauh lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya yang masih menggunakan OS Android 9 dan MIUI 10.

Mendapatkan Peningkatan Drastis di Bagian Kamera

Seperti yang sudah disebutkan, memang ada satu hal yang mengalami peningkatan drastis di Redmi 8A Dual jika dibandingkan dengan Redmi 8A. Hal tersebut adalah di bagian kamera.

Redmi 8A Dual dilengkapi dengan 2 buah kamera utama yang disematkan di modul berbentuk oval di tengah cover belakang. Konfigurasi dual kamera Redmi 8A Dual sendiri terdiri dari kamera 13 MP sebagai kamera primer dan kamera 2 MP depth sensor sebagai kamera pendukung.

Sedangkan untuk bagian depan, Redmi 8A Dual masih dibekali dengan kamera 8 MP sebagai kamera selfie.

Redmi 8A Dual juga dilengkapi dengan berbagai fitur unik untuk mendongkrak performa sensor kamera yang dibenamkan di dalamnya. Beberapa macam fitur unik tersebut adalah:

  • AI Scene Detection
  • AI Potrait Mode
  • Google Lens

Fitur Khusus yang Dimiliki Redmi 8A Dual

Selain mengalami peningkatan pada beberapa komponennya, Redmi 8A Dual juga mendapatkan penambahan fitur khusus di bagian bodinya.

Redmi 8A Dual menggunakan desain Aura X Grip. Desain tersebut membuat Redmi 8A Dual jauh lebih nyaman untuk digenggam di tangan. Selain itu, dengan menggunakan desain Aura X Grip tersebut, cover belakang Redmi 8A Dual menjadi tidak mudah terlihat kotor karena adanya jejak sidik jari.

Dan selain itu, Redmi 8A Dual ini juga sudah mendapatkan finishing P2i nano coating sehingga membuat smartphone ini aman dari percikan air.

Baterai Sama Kapasitasnya Dengan Versi Sebelumnya

Untuk bagian baterai, Redmi 8A Dual ini memang bisa dikatakan membawa baterai yang serupa seperti seri sebelumnya.

Kapasitas baterai yang digunakan Redmi 8A Dual ini adala 5.000 mAh. Selain itu, Redmi 8A Dual ini juga memiliki fitur fast charging 18W. Namun untuk bisa menikmati fitur tersebut, mau tidak mau pengguna harus membeli charger khusus terlebih dahulu.

Pasalnya, Redmi 8A Dual ini hanya dibekali dengan charger 10W saja sebagai bagian dari pembelian unitnya.

Harga Redmi 8A Dual

Redmi 8A Dual ini hadir dalam 2 pilihan kapasitas RAM yaitu 2 GB dan 3 GB. Untuk Redmi 8A Dual dengan RAM 2 GB akan dijual dengan harga 91 Dolar. Sedangkan untuk varian RAM 3 GB akan dijual dengan harga 98 Dolar saja.

Redmi 8A Dual ini juga memiliki beberapa pilihan warna yaitu Sea Blue, Sky White, dan juga Midnight Grey.