Samsung Galaxy A01, Smartphone Kombinasi Antara Entry dan Mid Level

0
38
views

Setelah cukup lama tenggelam, akhirnya rumor soal Samsung Galaxy A01 naik kembali ke permukaan. Namun yang menariknya, Samsung sudah secara resmi mengkonfirmasi smartphone Galaxy seri A01 tersebut.

Menurut Samsung, Galaxy A01 ini memang dibuat dengan proporsi yang cukup unik. Pasalnya secara keseluruhan, Galaxy A01 ini memang merupakan smartphone yang masuk kategori entry level.

Namun menariknya, Galaxy A01 ini disisipi dengan beberapa komponen dan juga fitur yang biasa dibawa smartphone mid range.

Spesifikasi Samsung Galaxy A01 ini memang belum begitu dibongkar sepenuhnya. Namun jika dibandingkan dengan rumor beberapa bulan lalu, informasi spesifikasi soal Galaxy A01 ini sudah lebih banyak.

Penasaran mengenai seperti apa spesifikasi dari Samsung Galaxy A01 dan apa saja fitur yang dibawanya? Bagi anda yang mau tau, anda bisa cek informasinya lebih lanjut di dalam artikel ini.

Desain Bodi dan Eksterior Begitu Terasa Statusnya Sebagai Smartphone Entry Level

Untuk bagian desain bodi dan juga eksterior dari Samsung Galaxy A01 ini memang sudah begitu kuat dalam menegaskan statusnya sebagai smartphone entry level.

Pada bagian layarnya sudah bisa dilihat Galaxy A01 ini tidak dibekali dengan layar yang lebar dan juga minim bezel. Hal ini sudah biasa jadi ciri khas dari smartphone entry level.

bocoran fitur spek hp android samsung galaxy a01 » Samsung Galaxy A01, Smartphone Kombinasi Antara Entry dan Mid Level

Sedangkan pada bagian desain bodinya, Samsung Galaxy A01 ini tampil begitu sederhana. Cover di bagian belakang juga tidak dilengkapi apapun.

Dan untuk bahan bodinya sendiri, Samsung Galaxy A01 ini dibuat menggunakan bahan polycarbonate atau bahan yang seperti plastik.

Bawa Desain Infinity V Display

Meskipun memang bodinya hanya dibuat menggunakan bahan polycarbonate, namun setidaknya dari segi layar, Samsung Galaxy A01 ini masih cukup kekinian tampilannya.

Layar Samsung Galaxy A01 ini memang tidak memiliki bezel yang cukup tipis, namun untungnya layarnya sudah menggunakan desain infinity V sehingga masih terasa begitu kekinian.

Ukuran layar yang dibawanya sendiri memang tidak begitu besar. Samsung Galaxy A01 ini hanya membawa layar berukuran 5.7 inci saja. Dan karena memang merupakan smartphone entry level, Galaxy A01 ini juga hanya mendukung resolusi HD+ saja.

Dilengkapi Dengan Konfigurasi 2 Kamera Utama

Untuk bagian kameranya, Samsung Galaxy A01 ini juga tidak terlalu jelek. Galaxy A01 ini masih dilengkapi dengan konfigurasi dual kamera utama.

Konfigurasi 2 kamera utamanya sendiri terdiri dari kamera 13 MP sebagai kamera primer dan kamera 2 MP yang kemungkinan besar merupakan kamera jenis depth sensor.

Selain konfigurasi dual kamera yang disematkan di pojok kiri atas cover belakang, Samsung Galaxy A01 ini juga membawa 1 buah LED flash yang disematkan tepat di bawah konfigurasi dual kamera utamanya.

Jadi jika dilihat dari kejauhan, Samsung Galaxy A01 ini tampak seperti dilengkapi dengan 3 buah kamera utama. Pasalnya, konfigurasi dual kameranya disematkan menjadi satu modul dengan LED flashnya.

Untuk bagian depan, Samsung Galaxy A01 ini dibekali dengan kamera selfie berspesifikasi 5 MP dengan bukaan f/2.0 saja. Sayangnya, tidak ada LED flash di bagian kamera selfienya.

Chipset yang Dibenamkan di Dalam Samsung Galaxy A01 Masih Dirahasiakan

Meskipun memang hampir semua komponen utamanya sudah dibocorkan, namun ada satu komponen yang memang masih dirahasiakan.

Komponen Samsung Galaxy A01 yang masih dirahasiakan adalah chipsetnya. Namun meskipun chipsetnya dirahasiakan, namun informasi soal CPU yang ada di dalam chipsetnya sudah bocor.

Samsung Galaxy A01 dikabarkan akan memiliki CPU octa core dengan konfigurasi 4 core berkecepatan 1.95 Ghz dan 4 core lainnya berkecepatan 1.45 Ghz.

Dibekali RAM dan Memori Internal yang Kapasitasnya Tidak Sesuai Smartphone Entry Level

Seperti yang sudah disebutkan, Samsung Galaxy A01 ini memang bisa dikatakan unik. Kenapa unik? Karena secara keseluruhan, Galaxy A01 ini memang masuk kategori smartphone entry level.

Namun anehnya, ada beberapa komponennya yang sebenarnya lebih cocok digunakan di smartphone mid range.

Yang dimaksud komponennya setara smartphone mid range tersebut adalah komponen RAM dan juga memori internal. Samsung Galaxy A01 ini membawa RAM dan juga memori internal yang kapasitasnya tidak sesuai dengan kapasitas smartphone entry level.

Galaxy A01 ini dibekali dengan memori internal berkapasitas 128GB. Sedangkan untuk RAM, Samsung menyediakan 2 varian yaitu RAM 6GB dan RAM 8GB.

Dan sebagai tambahan, Samsung Galaxy A01 masih memiliki slot memori eksternal yang bisa menampung microSD hingga kapasitas maksimal 512GB.

Fitur Lain yang Dimiliki Samsung Galaxy A01

Meskipun tidak dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti sensor pemindai sidik jari, face recognition, dan juga NFC, namun setidaknya Galaxy AO1 ini masih membawa beberapa fitur standard seperti:

  • Dual SIM slot
  • 5 mm audio jack
  • FM radio

Sedangkan untuk baterai, Samsung Galaxy A01 ini hanya akan dibekali baterai berkapasitas 3.000 mAh. Dan tampaknya tidak akan ada fitur fast charging di dalam smartphone Samsung seri ini.

Dan untuk sistem operasi yang akan digunakan, kemungkinan besar Samsung Galaxy A01 ini akan langsung dibekali dengan sistem operasi Android 10 dengan One UI 2.0 besutan Samsung.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai berapa kisaran harga Samsung Galaxy A01 nanti ketika sudah dilempar ke pasaran.