Siap Meluncur April 2020, Nokia 5.3 Bawa Banyak Peningkatan dari Seri Pendahulunya

0
5
views

Di tahun 2019, Nokia memang merencanakan akan meluncurkan penerus dari smartphone seri 5.1 yang sudah diluncurkan di tahun 2018. Namun sayangnya, rencana Nokia gagal untuk meluncurkan penerus smartphone seri 5 di tahun 2019 lalu. Menariknya, Nokia baru saja mengumumkan bahwa sudah siap untuk meluncurkan penerus smartphone seri 5 di bulan April 2020 nanti.

Uniknya, Nokia tidak lagi member nama smartphone penerus seri 5 tersebut dengan Nokia 5.2. Nama smartphone baru dari Nokia yang akan diluncurkan di bulan April 2020 tersebut adalah Nokia 5.3.

Lalu apakah sudah ada informasi mengenai spesifikasi yang akan dibawa Nokia 5.3 nanti? Bagi anda yang ingin tau spesifikasi Nokia 5.3, anda bisa baca informasi tersebut di dalam artikel ini.

Memiliki Display yang Jauh Lebih Besar dari Seri Pendahulunya

Seperti yang sudah disebutkan, Nokia 5.3 akan membawa cukup banyak peningkatan jika dibandingkan dengan seri pendahulunya.

Peningkatan pertama Nokia 5.3 ada pada bagian display. Nokia 5.3 ini akan dibekali dengan display yang lebih besar yaitu 6.55 inci.

Untuk desain displaynya sendiri, Nokia 5.3 ini menggunakan desain display tren smartphone masa kini yaitu notch berbentuk waterdrop.

Sedangkan untuk panelnya, Nokia 5.3 ini masih menggunakan jenis panel yang sama yaitu IPS LCD. Sayangnya, meskipun ukuran display Nokia 5.3 ini cukup besar, resolusi yang didukung panel Nokia 5.3 ini masih cukup kecil yaitu hanya 720p saja.

Dibekali Chipset Besutan Qualcomm

Selain memiliki display yang jauh lebih besar, Nokia 5.3 juga bisa dikatakan cukup memuaskan pada bagian chipset.

Pasalnya, Nokia 5.3 ini tidak dibekali dengan chipset biasa. Chipset yang dibenamkan di dalam Nokia 5.3 ini menggunakan chipset buatan Qualcomm yaitu seri Snapdragon 665.

review fitur spek harga hp android nokia 5 3 » Siap Meluncur April 2020, Nokia 5.3 Bawa Banyak Peningkatan dari Seri Pendahulunya

Selain dibekali dengan chipset yang cukup garang dari Qualcomm, Nokia 5.3 ini juga dilengkapi dengan RAM besar yaitu 4 GB.

Dengan kombinasi chipset serta RAM yang ada di dalamnya, Nokia 5.3 dipastikan bisa memberikan pengalaman yang istimewa bagi pengguna.

Untuk masalah penyimpanan data Nokia 5.3 ini sayangnya, hanya dibekali dengan memori internal berkapasitas 64 GB saja. Namun jika memang kapasitas memori internalnya dirasa tidak memadai, Nokia 5.3 masih bisa ditambahkan dengan slot microSD.

Desain Modul Kamera yang Sangat Unik dan Elegan

Masuk di bagian kamera, Nokia 5.3 ini dibekali dengan 4 kamera utama yang disematkan di bagian belakang.

Modul kamera utamanya sendiri juga cukup unik dan elegan. Pasalnya, Nokia 5.3 ini menggunakan modul kamera berbentuk lingkaran. Jadi 4 sensor kamera ditata rapi di dalam modul kamera berbentuk lingkaran tersebut.

Konfigurasi 4 kamera utamanya sendiri terdiri dari kamera 13 MP sebagai kamera primer. Selain itu, Nokia 5.3 ini juga dibekali dengan 3 sensor kamera pendukung yaitu kamera 2 MP jenis depth sensor, kamera 5 MP jenis ultrawide, dan juga kamera 2 MP jenis macro. Sedangkan untuk bagian depan, Nokia 5.3 ini dibekali dengan kamera selfie 8 MP.

Menjalankan Sistem Operasi Android 10

Untuk bagian sistem operasinya, Nokia 5.3 ini kemungkinan besar akan langsung menjalankan sistem operasi Android 10 dari pabrikan. Dan kemungkinan besar Nokia 5.3 ini akan menjalankan sistem operasi Android tanpa adanya UI tambahan.

Sebagai tambahan, Nokia 5.3 ini dipastikan akan mendapatkan pembaruan sistem operasi selama 3 tahun kedepan.

Jadi sudah dapat dipastikan jika Nokia 5.3 ini juga akan mendapatkan pembaruan sistem operasi Android 11 setelah versi umumnya sudah diluncurkan.

Bawa Baterai Dengan Kapasitas Biasa Saja

Meskipun terlihat memiliki banyak peningkatan terutama pada bagian display, Nokia 5.3 ini sayangnya hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh saja. Dan bukan hanya itu, Nokia 5.3 ini juga hanya dibekali dengan fitur fast charging 10W saja.

Namun Nokia sudah membuat klaim bahwa Nokia 5.3 ini mampu digunakan selama 2 hari penuh hanya dengan melakukan satu kali pengisian daya baterai saja.

Lalu kapan Nokia 5.3 ini mulai dijual ke pasar? Berapakah harga jualnya nanti? Menurut informasinya, Nokia 5.3 akan mulai dijual di bulan April 2020 dengan harga 189 Euro atau sekitar 3,2 jutaan Rupiah.